10 Tips Membuat Kue Kering Anti Gagal

membuat kue kering anti gagal

membuat kue kering anti gagal

Jika dilihat dari prosesnya semua jenis kue kering memiliki langkah-langkah yang hampir sama. Mulai dari persiapan bahan, membuat adonan, mencetak, dan mengoven. Namun, di setiap langkah pembuatan kue kering tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya matang sempurna. Agar tingkat keberhasilan membuat kue kering menjadi lebih tinggi, berikut tips-tips membuat kue kering yang perlu diperhatikan :

1. Pemilihan Bahan
Memilih bahan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan membuat kue. Pilih bahan-bahan yang berkualitas agar hasil kue maksimal. Berikut beberapa bahan yang perlu diperhatikan dalam tips membuat kue kering :
Pilih tepung terigu berprotein tinggi.
Gunakan gula halus agar lebih mudah larut.
Khusus kue berbahan keju pilih jenis keju edam atau keju cheddar berkualitas prima.
Jika akan menggunakan susu bubuk, pilih susu bubuk full cream murni tanpa campuran bahan lainnya.
Pilih margarine atau mentega dengan kualitas baik untuk hasil kue kering yang baik.

2. Mengatur Takaran Bahan
Pastikan setiap membuat suatu resep kue memperhatikan takaran bahannya dengan baik. Sebaiknya persiapkan timbangan khusus bahan kue dan juga beberapa gelas takar yang akan memudahkan dalam menakar bahan kue sesuai resepnya.  Menakar setiap bahan sesuai dengan takarannya akan menghasilkan kue yang pas dan nikmat. Selain itu, faktor keberhasilan dalam membuat kue kering juga dipengaruhi oleh takaran bahan yang pas.

3. Teknik Pencampuran Bahan
Setiap jenis kue kering biasanya memiliki proses pencampuran bahan yang berbeda. Sebaiknya ikuti langkah-langkah sesuai dengan resep kue tersebut dengan baik. Pastikan tidak ada proses yang terlewat terutama saat membuat adonan dan menguleninya. Hal ini juga akan sangat berpengaruh pada bentuk kue yang akan dihasilkan.

4. Perhatikan Waktu Mengocok Bahan
Bahan utama pada kue yang biasanya dilakukan pengocokan yakni telur, mentega dan juga gula. Kemudian dilanjutkan dengan mencampur bahan lainnya sambil terus diaduk. Perlu diketahui setiap pengocokan bahan kue memiliki aturannya sendiri. Aturan mengocoknya biasanya sudah tertera pada resep-resep pembuatan kue kering. Pada umumnya untuk bahan utama kurang lebih dikocok dalam waktu 3 menit menggunakan mixer. Pastikan adonan sudah creamy tetapi tidak terlalu creamy setelah dikocok.

5. Biasakan Selalu Mengayak Tepung
Tips membuat kue kering selanjutnya adalah biasakan untuk selalu mengayak tepung. Mungkin sudah banyak beredar di pasaran,, tepung yang siap pakai. Namun, tetap biasakan mengayak tepung terlebih dahulu sebelum dibuat menjadi kue untuk memastikan tepung dalam keadaan halus. Hal ini dimaksudkan agar kue yang dihasilkan menjadi lembut di mulut.

6. Pengaturan Suhu Pemanggang
Bagi yang menggunakan oven listrik, suhu oven saat membuat kue kering dapat diatur dengan mudah. Gunakan suhu 150 hingga 170 derajat celcius untuk memberikan kematangan sempurna. Jika suhunya terlalu panas maka akan menjadikan kue lebih cepat kering pada bagian luar tetapi bagian dalamnya masih mentah. Suhu tersebut merupakan suhu yang ideal untuk pembuatan kue kering.

7. Oleskan Kuning Telur Ketika Kue Setengah Matang
Sebagian besar kue kering identik dengan warna kuning mengkilat di atasnya. Warna ini dihasilkan dar olesan kuning telur ketika kue dalam proses pemanggangan dalam oven. Keluarkan kue dalam oven yang sudah dalam keadaan setengah matang. Kemudian oleskan kuning telur di bagian atasnya saja dan masukkan kembali kue ke dalam oven hingga matang. Olesan kuning telur ini juga akan menjadikan permukaan kue lebih krispi.

8. Simpan Kue Kering Dalam Wadah Kedap Udara
Setelah kue kering sudah jadi, pastikan disimpan pada wadah atau toples yang kedap udara. Jangan sekali-kali menyimpan kue kering dalam lemari es. Hal ini akan menjadikan kue banyak menyerap udara dalam lemari es yang akan menjadikan kue tidak renyah. Jika ingin kue kering lebih awet maka harus disimpan dalam wadah yang benar. Penyimpanan yang benar akan menjadikan kue tahan hingga satu tahun meski tanpa bahan pengawet.

9. Olesi Loyang Dengan Mentega
Saat proses pemanggangan kue kering dalam oven tentunya kue akan bersentuhan langsung dengan loyang. Hal ini biasanya akan menjadikan kue kering lengket dalam loyang. Menghindari hal tersebut sebaiknya olesi loyang tipis-tipis dengan mentega sebelum digunakan untuk memanggang kue.

10. Gunakan Resep yang Sudah Terpercaya
Tips membuat kue kering yang terakhir adalah pastikan menganut resep dari sumber terpercaya. Saat ini mencari resep membuat kue kering bisa dari mana saja mulai dari buku resep dan juga di internet. Namun, pastikan resep-resep tersebut terpercaya dan telah terbukti berhasil karena biasanya ada saja resep yang dibuat dengan asal takar.

Itulah 10 tips membuat kue kering yang harus diikuti agar lebih berhasil di setiap prosesnya. Gunakan bahan yang tepat dan pastikan adonan dibuat dengan langkah yang tepat. Selain itu, penyimpanannya juga harus tepat agar kue bisa bertahan lama. Sebaiknya selalu perhatikan langkah-langkah yang ada dalam resep agar kue yang dibuat berhasil sempurna.

(1) Comments - 10 Tips Membuat Kue Kering Anti Gagal

Leave a Comment