4 Hal yang Umum Dilakukan Bayi 1 Bulan

bayi usia 1 bulan

Memiliki buah hati, memang tahap yang paling membahagiakan bagi keluarga manapun. Terkadang, si ibu yang tak sabar menunggu kehadiran si buah hati juga melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari mencari bahan bacaan terkait si kecil hingga mempelajari sejumlah macam tips untuk menenangkan si bayi jika rewel.

Bayi usia 30 hari memang menggemaskan, ini lantaran sebagian besar waktunya digunakan untuk tertidur. Namun jangan pernah menganggap bayi yang terlelap tidak mengalami tumbuh kembang ya mom. Ketika terlelap itulah masa dimana paling penting.

Baca juga : Apa sih yang bisa dilakukan bayi usia 2 bulan ?

Bayangkan saja, proses tumbuh kembang otak si bayi terjadi ketika ia tertidur. Jadi diharapkan para bunda terus mengajaknya berkomunikasi, guna membantu si bayi memberikan rangsangan pada otak yang sedang berkembang menjadi sempurna.

Interaksi antara ibu dan si bayi membuat perkembangan otak menjadi lebih optimal. Si bunda kadang sedikit cuek dan meninggalkan si kecil sendirian, apalagi jika melihat si bayi mungil sedang terlelap. Interaksi yang intens atau sering memberikan kesempatan pada ibu untuk mengenal tanda-tanda umum pada tumbuh kembang bayinya.

Terkadang para bunda yang baru melahirkan dan sudah siap dengan segala macam persiapan beberapa bulan sebelum proses kelahiran buah hati, sangat tertarik melakukan pengamatan terkait perkembangan si mungil setiap harinya. Namun, terkadang bunda menjadi panik di minggu pertama dan kedua kelahiran bayi karena bobot badannya akan mengalami penurunan. Tapi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Penurunan berat badan di minggu pertama adalah hal yang wajar. Berat badan si bayi akan kembali naik pada hari ke-10. Bayi yang normal pada masa pertumbuhannya akan mengalami pertambahan bobotnya sekitar 113-227 gram setiap minggunya. Bayi yang sebagian besar waktunya masih tertidur ini, juga mengalami pertambahan panjang sekitar 2,5 – 3,5 centimeter pada bulan pertama mereka.

Rasa gemas bunda pasti semakin besar, ketika si bayi mungil menggenggam jemari ibunya dengan kuat. Selain bisa menggenggam, bayi 1 bulan bunda juga memiliki kemampuan yang lainnya lho, di antaranya:

  1. Ketika bayi berusia 2 minggu, hal pertama yang bisa mereka lakukan adalah mulai mampu mengamati objek bergerak. Coba saja bunda melakukan gerak ke kiri dan ke kanan di hadapannya. Meski masih lambat, tapi bola mata si kecil mulai dapat mengikuti bergerakan objek di hadapannya. Terutama ketika bunda melakukannya pada jarak 20-25 centimeter.
  2. Bayi yang baru lahir memang terbiasa terlihat mengisap tangannya, meski dia tidak lapar. Bunda bisa membantunya dengan memberikan dot, guna membantu si mungil untuk mengasah kemampuan mengisapnya. Hal ini, akan memberikan efek positif pada bayi ketika diberikan ASI oleh ibunya.
  3. Memberikan rangsangan suara pada si bayi kecil, bukan hanya membantu proses perkembangan otak mereka. Namun, bunda akan memberikan pengalaman pada bayi untuk belajar berbicara. Bayi mulai mampu mengeluarkan suara “ah” atau memberikan respons ketika diajak berkomunikasi. Jadi, semakin sering bunda mengajaknya berbicara, maka bunda akan memberikan banyak pengalaman berkomunikasi dengan baik pada si kecil.
  4. Ketika bayi menangis, jangan pernah tidak dihiraukan. Hal ini lantaran tangisan bayi dan tanggapan Anda akan mengajarkan bayi sebuah sistem komunikasi antara ibu dan bayi. Tahap inilah yang akan memberikan pengalaman komunikasi secara langsung bayi dan lingkungan. Bayi akan memberitahu ibunya terkait apa yang Ia inginkan melalui tangisannya. Coba saja perhatikan, setiap keinginan si bayi mungil memang melalui tangisan, namun perhatikan nada dari setiap tangisan tersebut pasti berbeda. Hal ini memang jarang diperhatikan oleh sang bunda. 

Itulah hal yang bisa dilakukan oleh bayi berusia 1 bulan. Jangan memberikan trauma sejak dini, seperti tidak menanggapi atau merespons ketika ia menangis atau berbicara terlalu kencang di dekatnya. Bayi memang butuh beradaptasi setelah sekian lama di dalam kandungan si ibu. Itulah sebabnya, biasanya bayi rewel karena merasa ditinggal ibunya.

Info lainnya tentang Bayi :

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu