7 Obat Herbal Penurun Darah Tinggi Yang Ampuh

herbal menurunkan tekanan darah tinggi

Menderita darah tinggi menjadi masalah kesehatan yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, salah satunya adalah karena makanan. Tidak sedikit juga orang-orang lebih cenderung mengkonsumsi obat kimia untuk menjaga kestabilan tensi. Padahal, saat ini sudah ada banyak obat herbal penurun darah tinggi seperti berikut ini :

Baca juga : Obat Herbal Penurun Panas yang Ampuh

1. Kayu Manis Sebagai Obat Herbal Darah Tinggi

Terkenal di kalangan bumbu dapur yang dapat membuat masakan menjadi lebih lezat, kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Orang-orang yang menderita darah tinggi dan rutin mengkonsumsinya terbukti tekanan darahnya menjadi stabil. Disisi lain, cinnamon juga bagus untuk penderita diabetes.

Penggunaan kayu manis sebagai obat herbal penurun darah tinggi cukup mudah. Gunakan cinnamon bubuk dan taburkanlah pada saat sarapan dan waktu makan berat lainnya. Bubuk kayu manis juga bisa dibuat minuman hangat sebagai opsi lain untuk menurunkan darah tinggi.

2. Daun Selasih untuk Obat Darah Tinggi

Memiliki sebutan lain sebagai daun basil, tanaman ini terkadang terdapat di beberapa jenis masakan. Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari mengkonsumsi daun selasih ini. Tanaman ini terbukti dapat menurunkan darah tinggi pada seseorang dan jarang menimbulkan efek samping.

Cara memanfaatkan daun selasih adalah dengan menambahkannya pada makanan yang dikonsumsi. Contohnya adalah pada saat memasak tumis atau sup, maka bisa dengan menambahkan daun selasih ke dalamnya. Bagi yang ingin dijadikan sebagai lalapan juga bisa, kembali ke selera masing-masing.

3. Kacang Pistachio

Seringkali disajikan sebagai camilan ataupun sebagai topping makanan, kacang pistachio ternyata dapat menurunkan darah tinggi. Senyawa baik yang terkandung di dalamnya akan bekerja dengan mengurangi pembuluh darah perifer. Sebaliknya, ia akan mengencangkan pembuluh darah agar darah dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik.

Agar darah tinggi turun menjadi normal, konsumsilah setidaknya 1 porsi kacang pistachio dalam seharinya. Jika bosan dengan rasanya, bisa juga dijadikan topping untuk es krim, puding dan lain sebagainya. Konsumsilah secara rutin agar tekanan darah dalam tubuh tetap normal.

4. Bunga Lavender

Tanaman bunga ini seringkali dijadikan sebagai tanaman hias karena pesonanya yang cantik. Dibalik keindahannya, tanaman bunga ini memiliki manfaat yang baik untuk penderita darah tinggi. Penggunaan bunga lavender sebagai obat herbal penurun darah tinggi ini sedikit berbeda dengan bahan herbal lainnya.

Saat ini sudah terdapat produk olahan minyak dari bunga lavender. Gunakanlah minyak tersebut dengan mengoleskannya pada bagian tubuh secara merata. Nantinya kandungan yang ada dalam bunga tersebut akan bekerja untuk melebarkan dan merileksasi pembuluh darah agar alirannya menjadi lancar.

Dengan demikian, tekanan darah tinggi dapat turun secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah secara rutin setiap hari hingga benar-benar normal. Bisa juga dengan mengkonsumsinya dengan cara dijadikan minuman.

5. Bawang Putih

Setiap kali memasak tentunya membutuhkan bawang putih untuk menambah cita rasanya. Bumbu dapur wajib ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan, yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa yang terdapat pada bawang putih terbukti dapat membantu mengendalikan hipertensi.

Disisi lain, konsumsi bawang putih yang rutin juga dapat melebarkan pembuluh darah dan tentunya membuatnya menjadi lebih rileks. Penggunaan bawang putih sebagai obat herbal penurun darah tinggi sangatlah mudah. Caranya adalah dengan menambahkan menambahkannya lebih banyak di porsi makan. Bisa juga dengan dibuat jus dengan campuran bahan lainnya.

6. Akar Kucing

Di beberapa daerah Indonesia, tanaman ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, tanaman ini seringkali disebut sebagai akar kucing, ada juga yang menyebutnya sebagai cakar kucing. Dari hasil studi yang telah dilakukan, tanaman herbal ini terbukti mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

Senyawa yang ada dalam tanaman ini bekerja pada saluran darah dengan membawa kalsium ke sel peredaran darah. Dengan demikian, peredaran darah akan bekerja lebih optimal dan tentunya tekanan darah bisa menurun secara perlahan. Saat ini sudah ada bentuk suplemen dari tanaman ini agar mudah dikonsumsi.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu. Terlebih jika sebelumnya mengkonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi. Karena bisa jadi menimbulkan reaksi sebagai efek sampingnya.

7. Bunga Sepatu

Seringkali disebut sebagai Kembang Sepatu, tanaman bunga ini dapat dijadikan sebagai obat herbal penurun darah tinggi. Senyawa yang terkandung di dalamnya memiliki peran sebagai diuretik. Ia akan bekerja dengan menghilangkan cairan yang berlebihan dalam jantung serta jaringan tubuh.

Dari proses itulah nantinya tekanan darah pada tubuh menjadi menurun. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah teh bunga sepatu minimal 3 cangkir dalam sehari selama 1 bulan. Cara pembuatannya adalah :

  • Keringkan terlebih dahulu daun bunga sepatu.
  • Jika sudah benar-benar kering, campurkan dengan air panas pada sebuah gelas.
  • Aduk sebentar dan saringlah.
  • Ramuan bunga sepatu sudah siap disajikan.

Bisa juga mengkonsumsinya dengan menambahkan 1 sdm madu atau perasan buah lemon agar tidak terlalu pahit. Namun, kembali ke selera masing-masing ya.

Berhatilah-hatilah dalam mengkonsumsi makanan dan terapkanlah gaya hidup yang sehat agar terhindar dari hipertensi. Namun, jika sewaktu-waktu terjangkit, ramuan obat herbal penurun darah tinggi di atas bisa dicoba sesuai selera masing-masing.

Info obat herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu