7 Pilihan Obat Herbal Kencing Batu yang Manjur

Tidak sedikit orang yang mengalami kencing batu, terutama jika berusia lebih dari 40 tahun. Kencing batu diduga berasal dari adanya endapan yang mengeras dari mineral, garam, dan beberapa zat sisa yang terdapat di ginjal. Penyakit ini sangatlah mengganggu. Oleh karena itu dibutuhkan konsultasi dokter atau obat herbal kencing batu yang dapat dicoba.

Banyaknya kandungan mineral dan garam yang menumpuk pada ginjal dapat membentuk kencing batu. Batu tersebut dapat bergerak hingga kandung kemih dan menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil. Jika masih dalam tahap awal, penyakit ini dapat disembuhkan dengan bahan-bahan alami.
Jika batu berukuran lebih besar, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Sedangkan jika batu masih berukuran kecil, masih dapat dikeluarkan lewat urin dan dapat diobati di rumah menggunakan obat herbal. Beberapa obat herbal kencing batu yang dapat dipilih yakni sebagai berikut:

  1. Kumis Kucing
    Tanaman kumis kucing, sudah dikenal dapat mengatasi kencing batu. Namun, tentunya tidak semua kencing batu dapat diatasi jika mengonsumsi tanaman ini. Hanya batu yang masih berukuran kurang dari 5mm yang bisa ampuh menggunakan tanaman ini. Jika lebih dari itu, bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.
    Prinsip dari pengobatan mengonsumsi kumis kucing yakni sifatnya diuretik. Hal ini berarti tanaman ini dapat meningkatkan produksi urin. Dengan begitu, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar melalui saluran kencing. Cobalah mengonsumsinya setiap hari secara rutin untuk merasakan kegunaan kumis kucing secara maksimal.
  2. Meniran Hijau
    Meniran hijau memiliki khasiat dalam mengobati beberapa penyakit, seperti penyakit hepatitis, gangguan saluran pernapasan, diare, penyakit kuning dan kencing manis. Selain itu, batu saluran kencing juga dapat diobati dengan mengonsumsi ramuan meniran hijau.
    Cara mengonsumsi meniran hijau untuk kegunaan obat herbal kencing batu sangatlah mudah. Siapkan dan cucilah bahan-bahannya, yakni 30 gr meniran hijau. Campurkan juga tempuyung dan daun sendok. Rebuslah ramuan tersebut dengan empat gelas sampai bersisa dua gelas. Setelah dingin, saringlah air tersebut. Minum masing-masing satu gelas, saat pagi dan sore.
  3. Buah Delima
    Kandungan astrigen yang terkandung dalam buah delima dinilai dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, buahnya mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Para herbalis juga meyakini bahwa buah delima dapat melarutkan batu pada ginjal dan mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh.
    Dengan memakan buah delima, tingkat keasaman urin dapat diturunkan. Tingkat keasaman yang lebih rendah pada urin dapat mengurangi resiko tubuh dalam membentuk kencing batu. Buah delima dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus untuk merasakan manfaatnya. Minumlah jus buah delima setiap hari secara teratur dan rutin.
  4. Air Lemon
    Air lemon sangat terkenal dengan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi, thiamin, zat besi, magnesium, dan zat lainnya inilah yang membuat lemon banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat lemon juga salah satunya sebagai obat herbal kencing batu, jika dibuat ramuan. Ramuan tersebut adalah sebagai berikut:
    Pembentukan kencing batu dapat dicegah dengan kandungan asam sitrat yang ada pada lemon. Siapkan 2-4 ons lemon, peras kemudian minum untuk meluruhkan batu ginjal. Selanjutnya, dapat meminum 2 – 3 jam sekali ramuan cuka apel dengan perasan lemon. Campuran minyak zaitun dan perasan air lemon juga dapat dicoba untuk melarutkan batu ginjal.
  5. Seledri
    Seledri diyakini memiliki beribu manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai obat herbal kencing batu. Natrium yang terkandung pada tanaman ini berguna untuk pelarut kalsium yang mengendap di ginjal dan sendi. Tanaman ini juga memiliki manfaat untuk memperbanyak dan melancarkan urin.
    Cara mengolah ramuan seledri yakni dengan menyediakan daun seledri satu genggam. Cuci bersih dan masukkan air untuk direbus selama empat menit. Setelah mendidih, tunggu sampai dingin kemudian saring dan dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari. Ramuan tersebut dapat dikombinasikan dengan apel, madu, dan lemon untuk hasil optimal dan rasa yang enak.
  6. Mentimun
    Obat herbal kencing batu selanjutnya adalah mentimun. Buah dari tanaman rambat ini memang terkenal menyegarkan dan memiliki sejuta manfaat. Tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan, tetapi juga dapat digunakan untuk penyembuhan kencing batu.
    Kandungan vitamin C, vitamin A, asam folat, dan mineral yang banyak di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ditambah dengan serat dan air yang dikandungnya, membuat tubuh terlindungi dari batu ginjal. Cara mengonsumsi timun untuk kencing batu yakni dengan memeras hasil parutan mentimun.
  7. Ajwain
    Nyeri akibat kencing batu pada saluran kencing dapat diredakan dengan ajwain (Trachyspermum ammi). Ajwain memiliki manfaat untuk menghilangkan nyeri akibat kencing batu di saluran kemih. Tanaman ini memiliki sifat diuretik yang ampuh sebagai solusi dari penyakit batu ginjal. Selain itu, dapat dijadikan suplemen untuk mencegah terbentuknya batu ginjal berulang.
    Cara mengonsumsi ajwain yakni dengan langsung memakannya dicampur dengan madu. Ramuan ini dapat menghancurkan batu ginjal menjadi butiran yang kecil yang kemudian dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Konsumsilah ramuan ini setiap hari secara rutin dan rasakan manfaatnya secara langsung.
    Itulah 7 pilihan obat herbal kencing batu yang dapat dicoba. Tanaman tersebut tentunya mudah untuk ditemui bahkan diracik menjadi ramuan yang berkhasiat. Selain mengonsumsi ramuan obat herbal, terapkanlah pola hidup sehat agar kesehatan tubuh selalu terjaga dan terhindari dari penyakit kencing batu.

Info lain tentang herbal :

2 Comments

  1. […] 7 Pilihan Obat Herbal Kencing Batu yang Manjur […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu