Ampuh! Ini Dia 8 Obat Herbal Varises Yang Dapat Dibuat Sendiri Di Rumah

Varises merupakan penyakit pembuluh darah yang menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri di area yang terkena. Selain dapat mengganggu penampilan, rasa sakit yang ditimbulkannya seringkali menyebabkan perasaan yang tidak nyaman. Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengobati varises salah satunya yaitu dengan obat herbal varises yang tentunya dapat dibuat sendiri di rumah.

Varises Dan Gejalanya

Varises merupakan suatu kondisi munculnya urat-urat berwarna kebiruan atau keunguan yang menonjol di permukaan kulit yang disebabkan oleh pembuluh darah vena yang membengkak. Kondisi ini umumnya terjadi di area kaki terutama bagian betis sehingga menyebabkan terjadinya kram di malam hari. Jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan, bagian yang terkena akan mengalami nyeri hebat bahkan pendarahan.

Gejala yang dirasakan seperti rasa nyeri pada tungkai, pembengkakan pada area kaki, kulit kering dan gatal pada area varises, kram otot, dan perubahan warna di daerah varises. Untuk mengatasi gejala tersebut, penderita harus menjalani pengobatan sehingga varises tidak bertambah parah. Pengobatan dapat dilakukan secara kimia maupun alami dengan menggunakan obat herbal.

Obat Herbal Varises

Obat herbal merupakan obat yang bersifat alami karena diambil dari saripati tumbuhan tanpa ada bahan campuran kimia ataupun campuran hewani. Sehingga tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan termasuk ke dalam obat herbal. Berikut beberapa obat herbal varises yang dapat dibuat sendiri di rumah.

1. Campuran Bawang Putih Dengan Jeruk Nipis Dan Minyak Zaitun

Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga nyeri dan pembengkakan akibat varises dapat berkurang. Cara membuat obat herbal ini yaitu dengan mencincang 5 siung bawang putih hingga halus lalu tambahkan 3 buah jeruk nipis dan 2 sendok minyak zaitun. Campuran ketiga bahan tersebut kemudian didiamkan selama 12 jam di dalam toples yang bersih.

Sebelum digunakan, campuran bahan tersebut harus dikocok terlebih dahulu. Gosokkan secara perlahan campuran bawang putih ke area varises secara melingkar dan diamkan ±12 jam. Agar lebih efektif, gunakan obat herbal ini selama satu bulan setiap dua kali sehari.

2. Ekstrak Kubis

Untuk menghilangkan varises salah satu obat herbal yang dapat digunakan yaitu ekstrak kubis. Rajang 3 lembar kubis kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Diambil ekstrak kubis dengan cara menyaringnya. Ekstrak kubis yang didapat kemudian dioleskan ke bagian tubuh yang terkena varises sehari tiga kali.

3. Biji Tomat

Karena kandungan asam salisilat yang berfungsi sebagai antikoagulan, biji tomat dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan varises. Cara membuatnya yaitu dengan memblender biji tomat hingga halus sebelum digunakan. Oleskan biji tomat yang telah halus pada bagian yang terkena varises setiap hari secara rutin sebanyak 3 – 4 kali hingga varises hilang.

4. Minyak Zaitun

Karena bersifat sebagai anti inflamasi, minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati pembengkakan yang disebabkan oleh varises. Untuk menggunakannya cukup memanaskan minyak zaitun dan oleskan pada area yang terkena varises dua kali sehari. Penggunaan minyak zaitun disarankan minimal 2 bulan agar peredaran darah kembali lancar.

5. Air Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang banyak mengandung antioksidan sehingga bisa meminimalkan munculnya varises. Air jahe dibuat dengan merebus potongan jahe ke dalam air rebusan selama 10 menit. Saring air rebusan jahe dan tambahkan madu sebagai pemberi rasa manis. Sebaiknya air jahe diminum 2 – 3 kali dalam sehari agar aliran pembuluh darah menjadi lancar.

6.  Cuka Apel

Karena bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari toksin dan melancarkan aliran darah, cuka  apel dapat digunakan sebagai perawatan alternatif bagi penderita varises. Penderita hanya perlu meminum campuran 2 sendok teh cuka apel dengan 1 gelas air setiap 2 kali sehari. Selain itu, penderita juga dapat mengoleskan cuka apel pada area varises sehingga pengobatan berlangsung lebih cepat.

7. Bubuk Paprika

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam paprika membuatnya dapat meningkatkan kadar likuiditas darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Hal ini menyebabkan paprika dapat digunakan dalam pengobatan varises. Penderita cukup mencampurkan 1 sendok teh bubuk paprika ke dalam 1 gelas air panas dan meminumnya. Agar hasil lebih optimal, penderita disarankan untuk meminumnya 3 kali sehari selama ±3 bulan.

8. Minyak Biji Anggur

Salah satu terapi untuk mengatasi peradangan akibat varises yaitu dengan menggunakan minyak biji anggur. Minyak ini dibuat dengan merendam biji anggur dalam minyak kelapa murni selama 12 jam. Setelah 12 jam panaskan rendaman biji anggur selama beberapa menit dalam api rendah.

Minyak biji anggur yang telah dibuat dapat digunakan sebagai minyak pijat dan sebagai kompres pada area yang terkena varises. Setidaknya lakukan terapi ini 2 kali sehari selama ±3 bulan. Terapi ini terbukti ampuh untuk membantu pengobatan varises secara alami.

Demikianlah informasi mengenai obat herbal varises. Karena merupakan penyakit peradangan pada pembuluh darah, varises dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, penderita dapat melakukan pengobatan secara herbal yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu