Apa Saja sih yang Bisa Dilakukan Bayi Usia 2 Bulan?

bayi usia 2 bulan

Kehidupan rumah tangga memang akan lengkap rasanya dengan hadirnya si buah hati. Apalagi bagi pasangan yang sudah lama menunggu adanya tangisan bayi dalam rumah mereka. Namun biasanya mereka akan sedikit canggung ketika berinteraksi dengan si bayi mungil ini. Rasa canggung tersebut wajar terjadi, apalagi ketika ingin mengangkat bayi dalam dekapan. Jadi Anda jangan mudah menyerah untuk bisa menjadi orang tua terbaik bagi si buah hati.

Baca juga : 4 Hal yang Dilakukan Bayi Usia 1 Bulan

Ketika bayi masih berusia satu bulan, bayi hanya memberikan respons seadanya. Maka akan beda halnya ketika bayi Anda memasuki usia 2 bulan. Si bayi mungil sudah mampu memberikan respons senyuman, ketika diajak berkomunikasi oleh si bunda atau ayah. Bukan hanya itu saja, bayi juga akan tersenyum ketika melihat hal yang menarik, seperti boneka atau mainan yang berwarna cerah daan sebagainya.

Respons senyuman ini terjadi lantaran, tumbuh kembang otak dan semua indera yang dimiliki sudah semakin sempurna. Terutama pendengaran dan penglihatan si bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jadi, diharapkan para bunda memberikan sugesti pada anak yang baik-baik. Ajak berbicara hal-hal yang baik dan membicarakan cita-cita, hal ini membantu memberikan memori pertama yang dapat disimpan dan menjadi pemicu positif ketika mereka dewasa nantinya.

Jika Anda ingin mencoba kepekaan respons pendengar bayi usia 2 bulan Anda, yakni dengan cara memutarkan musik instrumen pada si bayi ketika terbangun. Bayi yang normal akan memberikan respons dengan cara menendang-nendangkan kakinya ketika mendengarkan musik. Namun, jangan memutarkan musik bayi Anda dalam waktu yang lama, ini lantaran bayi masih butuh waktu yang cukup lama untuk beristirahat. Jadi disarankan agar tetap memberikan waktu istirahat yang cukup untuk si bayi mungil.

Pada usia 2 bulan, bayi-bayi ini mengalami pertumbuhan fisik yang juga cukup mengagumkan. Jika Anda memiliki bayi laki-laki maka pertumbuhan fisik yang terjadi pada bayi tersebut, di antaranya memiliki berat badan antara 4 hingga 7 kilogram, dan tubuhnya pun mengalami pertambahan panjang sekitar 54,7 hingga 65,2 centimeter.

Sedangkan, jika memiliki bayi perempuan berat tubuhnya memang hanya mengalami pertambahan yang tidak banyak sekitar 4 – 6,5 kilogram serta panjang tubuhnya mencapai 53,2 hingga 60,9 centimeter. Namun, di sejumlah kasus tertentu, terutama pada bayi yang terlahir dengan bobot di atas 3 kilogram, pertambahan bobot dan panjangnya juga akan lebih banyak lagi dari perkiraan di atas.

Lantas, kemampuan apa saja yang akan dialami oleh bayi usia 2 bulan Anda di rumah, selain mampu memberikan respons senyuman manis mereka, yakni:

  1. Pada usia memasuki bulan kedua, gerakan-gerakan refleks bayi yang kerap terjadi pada usia pertama, mulai berkurang. Seperti kerap kaget ketika tertidur sudah mulai berkurang.
  2. Bayi usia 2 bulan juga sudah memiliki kemampuan untuk menenangkan dirinya sendiri. Jika pada usia sebulan bayi membangun komunikasi dengan orang sekitarnya dengan menangis. Bayi usia 2 bulan akan lebih tenang, ketika lapar ia akan memasukkan tangannya ke dalam mulut dan tidak menangis.
  3. Bayi usia 2 bulan sudah mampu memberikan respons dengan lebih baik dibandingkan usia sebulan. Bayi ini pun mampu mengikuti hampir semua ekspresi wajah yang Anda perlihatkan kepadanya. Ia mulai mencontoh apapun yang dilakukan, misalnya dengan memonyongkan mulut seakan-akan ingin bersiul dan lain sebagainya. 

Namun, jika bayi tidak menanggapi respons pada cahaya yang terang atau suara yang keras, kondisi ini mungkin bisa dikonsultasikan pada dokter anak. Hal ini dilakukan untuk mencegah atau mengetahui tumbuh kembang bayi Anda apakah mengalami gangguan atau baik-baiknya karena perkembangan setiap anak memang sangat berbeda.

Info bayi lainnya :

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu