Apakah Haid Tidak Teratur Penyebab Sulit Memiliki Anak ?

Menstruasi adalah peristiwa yang menandakan seorang wanita telah mampu memproduksi sel telur. Siklus haid normal berkisar antara 21 – 35 hari. Haid tidak teratur dan belum memiliki anak harus segera dikonsultasikan. Fenomena ini dapat menyebabkan sulit mendapat keturunan.

Siklus Menstruasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Siklus menstruasi antara satu dan lain wanita tidaklah sama. Ada wanita yang mengalami haid setiap 21 hari. Sementara sebagian lagi memiliki siklus menstruasi 25 hari. Siklus menstruasi paling panjang adalah 31 hari. Jika menstruasi tidak kunjung datang artinya ada dua kemungkinan yaitu terjadi kehamilan atau ada gangguan pada organ reproduksi.

Wanita dengan siklus menstruasi pendek bisa mengalami haid sebulan dua kali. Namun munculnya darah dan flek di luar siklus menstruasi selayaknya diwaspadai sebagai gangguan pada organ reproduksi. Haid yang tidak kunjung datang meski tidak terjadi kehamilan menandakan ada gangguan hormonal atau perubahan pada anatomi rahim atau saluran indung telur.

Siklus menstruasi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu kecukupan gizi, berat badan kurang atau berlebih, stress, efek samping kontrasepsi dan dampak dari penyakit tertentu serta pengobatannya.

Mengapa Haid Tidak Teratur dan Belum Memiliki Anak Bisa Terjadi?

Siklus haid normal menggambarkan organ reproduksi dan kondisi psikologis wanita yang sehat. Proses ovulasi berjalan lancar sehingga lebih mudah menghitung masa subur untuk pemrograman kehamilan. Masa subur dihitung dari hari pertama mendapatkan menstruasi. Masa subur wanita dengan siklus haid teratur adalah hari keduabelas hingga hari keenambelas dalam satu siklus menstruasi.

Ketidakteraturan siklus haid menjadi salah satu faktor sulit mendapatkan keturunan. Wanita dengan siklus menstruasi terlalu pendek kemungkinan akan mengalami unovulasia yaitu sel telur yang kurang matang. Sementara siklus menstruasi terlalu panjang menandakan proses ovulasi yang jarang terjadi atau masa ketidaksuburan melebihi batas normal.

Mengatasi Gangguan Siklus Haid

Agar bisa terjadi kehamilan masalah ketidakteraturan siklus menstruasi harus diatasi. Penanggulangan gangguan siklus haid dapat dilakukan dengan berbagai metode berdasarkan penyebabnya. Gangguan siklus haid karena hormon akan diatasi dengan terapi hormonal. Obat penambah kadar hormone diberikan jika kekurangan hormone tertentu. Sebaliknya jika kelebihan hormone harus dikurangi dengan pemberian obat yang bisa menstabilkan kadar hormone.

Gangguan siklus menstruasi yang terjadi secara sistemik diatasi dengan bantuan konsultan gizi. Berat badan diupayakan mencapai berat ideal melalui pengaturan pola makan yang tepat. Sehingga diharapkan metabolisme tubuh kembali lancar. Keteraturan siklus menstruasi akan mempermudah dokter spesialis kandungan merancang perencanaan kehamilan.

Demikianlah ulasan mengenai haid tidak teratur dan belum memiliki anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu