Bahan, Cara Dan Alat Membuat Kue Mawar Yang Mudah Dan Tidak Ribet

Saat ini jika membahas mengenai kue kering tentu tidak akan habisnya, semua itu karena jenis kue kering yang beraneka ragam. Salah satunya yang populer adalah kue mawar, dimana kue ini cukuplah mudah dibuat. Dimana hanya perlu menyiapkan alat membuat kue mawar serta beberapa bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya tidaklah sulit.

Bahan-Bahan Kue Mawar Yang Harus Dipersiapkan

Untuk membuat kue mawar membutuhkan beberapa bahan-bahan yang tentunya akan sangat menunjang rasa dari kue mawar nantinya. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan jika ingin membuat kue mawar:

  • Siapkan mentega sebanyak 200 gram
  • Lalu telur 2 butir (ambil kuningnya saja)
  • Tepung terigu sebanyak 300 gram
  • Gula pasir sebanyak 160 gram
  • Vanila essence sebanyak setengah sdt
  • Lalu susu bubuk 3 sdm
  • Terakhir chocochips (Topping)

Alat Membuat Kue Mawar Yang Harus Dipersiapkan

Untuk membuat kue mawar memerlukan beberapa alat yang harus ada. Dimana pilihlah alat yang berkualitas sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Berikut alat membuat kue mawar yang harus dipersiapkan:

1. Mixer (Kocokan)

Perlu diketahui bahwa mixer memiliki beberapa jenis, mulai dari yang unggul hingga yang standar. Untuk alat membuat kue mawar hanya memerlukan mixer standar saja. Semua itu karena semua bahan dalam kue mawar tidaklah terlalu berat. Sehingga mixer standar sudah lebih dari cukup. Pastikan mixer dalam keadaan bersih dan kering, sehingga nanti saat proses pengocokan adonan akan mengembang sempurna.

2. Whisk

Selain mixer yang memiliki kekuatan mengocok yang tinggi ada satu alat lagi yang dibutuhkan yaitu Whisk. Sebuah alat pongocok manual tanpa listrik yang berguna untuk mengocok bahan-bahan ringan. Seperti pencampuran adonan susu dan lain sebagainya. Whisk berupa kawat yang membentuk sebuah cekungan, dimana jika membelinya pastikan kawat kokoh dan rapat. Itu menandakan Whisk yang berkualitas baik.

3. Berbagai Jenis Wadah

Tentunya sudah diketahui bahwa dalam proses pengadukan dan proses lainnya memerlukan berbagai jenis wadah dengan berbagai ukuran juga. Dimana wadah ini juga memiliki bahan dasar yang beragam, mulai dari plastik, alumunium hingga beling. Semua disiapkan disesuaikan dengan kebutuhan saja. Pastikan semua wadah dalam keadaan bersih dan kering. Jika tidak saat proses pengocokan telur tidak akan mengembang.

4. Alat Ukur

Jika membahas mengenai alat ukur, baik itu dalam alat membuat kue mawar atau kue lainnya ada cukup banyak ragamnya. Alat ukur bisa seperti timbangan yang akan membantu takaran bahan sesuai dengan resep dan takaran baku. Selain timbangan ada juga alat ukur seperti sendok yang akan membantu memberikan ukuran untuk bahan yang lebih kecil. Untuk itu pilihlah alat ukur yang keakuratannya terbukti benar, sehingga kue mawar akan memiliki hasil yang sesuai keinginan. Bahan-bahan yang dimasukkan asal-asalan tanpa alat ukur tentu akan membuat kue mawar gagal.

5. Ayakan

Tepung ataupun bahan lainnya yang berupa bubuk terkadang tidak sepenuhnya bubuk halus. Dalam tepung terkadang terdapat gumpalan-gumpalan tepung yang mengering, untuk itu ayakan sangatlah diperlukan. Dengan menggunakan ayakan tentu tepung akan benar-benar tersaring sempurna dan kue yang dihasilkan tidak akan ada gumpalan.

6. Loyang

Loyang memiliki begitu banyak ragamnya namun biasanya yang digunakan untuk membuat kue mawar adalah loyang pipih dengan bahan stainless steel. Namun saat ini ada juga loyang berbahan silikon yang jika terkena api tidak berbahaya. Untuk itu pemilihan bahan loyang dapat disesuaikan dengan selera, semuanya baik. Kecuali loyang berbahan plastik.

7. Oven

Oven saat ini sudah sangatlah beragam, mulai dari oven sederhana yang diletakan di atas kompor hingga oven listrik dan oven besar (gas). Semua jenis oven tersebut dapat digunakan untuk membuat kue mawar. Untuk itu pilihlah oven yang memiliki kualitas dan kapasitas sesuai yang diinginkan.

8. Kantong Segitiga (Piping Bag)

Kue mawar memiliki bentuk khas yang seperti bunga mawar untuk itu jika ingin hasil yang bagus gunakanlah Piping Bag. Dimana selain untuk menghiasi kue bolu dengan krim, Piping Bag juga berguna untuk membentuk adonan kue kering yang cair. Cukup masukan adonan pada kantong lalu potong ujung plastiknya.

9. Spatula

Selain sendok untuk alat ukur, alat membuat kue mawar juga membutuhkan spatula untuk mengaduk adonan setelah selesai dikocok mixer. Bahan untuk spatula jugalah beragam dan semua dapat digunakan. Untuk itu carilah spatula yang berbahan kokok dan tidak mudah rusak, sehingga awet digunakan.

Cara Membuat Kue Mawar

Setelah semua bahan dan alat membuat kue mawar telah siap barulah saatnya mempraktekkannya. Dimana cara membuatnya tidaklah sulit hanya perlu mengikuti semua stepnya dengan baik. Berikut cara membuat kue mawar yang enak dan nikmat:

  • Pertama siapkan wadah dan masukan gula halus barulah setelah itu kocok dengan mixer kecepatan tinggi. Jika dirasa warna adonan telah memucat barulah masukan kuning telur. Masing-masing pengocokan tidaklah perlu terlalu lama, hanya sekitar 1 menit saja.
  • Lalu masukan vanilla ess, susu ke dalam adonan yang telah di kocok, sambil di kocok kembali menggunakan Whisk. Setelah dirasa telah tercampur masukan tepung terigu dan aduk rata menggunakan spatula. Ada baiknya tepung dimasukkan perlahan sambil terus diaduk hingga adonan pas.
  • Masukan beberapa adonan dalam Piping Bag lalu letakan atau susun di atas loyang yang sebelumnya sudah dioles margarin. Barulah setelah itu letakan chocochips di tengah adonan mawar, lakukan hingga adonan tak tersisa.
  • Atur oven dengan suhu 160° c lalu masukan loyang yang berisi adonan mawar. Panggang hingga matang.

Itulah bahan, cara dan alat membuat kue mawar yang mudah dan tidak ribet. Dengan memiliki semua alat diatas tentunya tidak hanya kue mawar saja yang dapat dibuat. Berbagai jenis kue kering dapat coba dibuat juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu