BB Berlebih dan Kesuburan pada Wanita

BB berlebih dan kesuburan pada wanita memiliki hubungan terbalik. BB berlebih atau kegemukan bisa menurunkan kesuburan pada seorang wanita. Penyebab kegemukan itu sendiri tergantung pada diet atau asupan makanan harian, gaya hidup dan kebiasaan aktifitas harian. Wanita gemuk dan ingin memperoleh keturunan disarankan untuk memperhatikan faktor-faktor penyebab tersebut. Karena, kehamilan merupakan serangkaian proses rumit yang terjadi di dalam tubuh dan membutuhkan persyaratan ideal tubuh.

Laporan-laporan hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang yang memiliki indeks berat tubuh lebih dari angka 40, peluang terjadi kehamilan lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang memiliki indeks berat tubuh normal. Praktek bayi tabung yang diterapkan pada wanita gemuk ternyata memberi peluang kecil keberhasilan. Embrio sulit ditanamkan di dalam rahim wanita gemuk.

BB Berlebih dan Kesuburan pada Wanita

BB berlebih dan kesuburan memiliki efek yang berdampak pada kesehatan. Selain memperkecil tingkat kesuburan, ternyata kegemukan juga meningkatkan risiko penyakit degeneratif lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Baca juga : Cara menghilangkan komedo dan kulit belang

Penanganan wanita gemuk yang sedang hamil dengan cara langsung untuk menurunkan berat badan pun tidak serta merta dapat dilakukan. Karena akan berpengaruh pada kesehatan janin. Para dokter yang menangani wanita gemuk dan ingin hamil biasanya memberikan arahan supaya melakukan program penurunan berat badan sebelum hamil. Dalam hal ini tentunya program penurunan berat badan yang dilakukan harus sesuai petunjuk kesehatan.

Kesuburan wanita ditengarai dari satu periode dalam siklus menstruasi yang menunjukkan adanya sel telur siap dibuahi. Pada dasarnya, berat badan tidak mempengaruhi peluang kehamilan selama periode menstruasi seorang wanita itu normal. Namun, yang jadi masalah adanya produksi hormon yang bisa mengganggu proses ovulasi. Pada wanita gemuk, produksi hormon yang bermasalah dapat membuat siklus menstruasi jadi tidak teratur. Hal ini tentu membuat peluang wanita gemuk hamil jadi kecil.

Pada BB berlebih dan kesuburan memiliki kaitan dengan efek PCOS. Wanita yang gemuk berpeluang mendapatkan kondisi Polycystic ovarian syndrome (PCOS). Pada wanita gemuk, indung telur akan mengalami penebalan dan akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan sel telur pada masa ovulasi berlangsung. Kondisi PCOS juga akan memicu peningkatan kadar hormon testosterone di dalam darah. Hal ini jelas akan berpengaruh pada siklus menstruasi dan kemunculan gejala-gejala lain seperti pertumbuhan rambut berlebih, botak dan jerawat.

BB berlebih dan kesuburan memang bisa menjadi masalah serius bagi wanita yang ingin memiliki anak. Perlu konsultasi dokter untuk program kehamilan bagi wanita-wanita yang memiliki berat badan berlebih supaya peluang kehamilan besar dan proses selama kehamilan berkembang normal dan sehat baik untuk janin maupun ibunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu