Beberapa Efek KB Suntik 1 Bulan Bagi Pemakainya

Efek KB suntik 1 Bulan pasti akan dirasa oleh semua penggunanya. KB suntik merupakan alat kontrasepsi yang cukup baik bagi para wanita karena memiliki efek yang tidak menakutkan bagi reproduksi wanita. Penggunaan kontrasepsi memang sangat efektif dan efisien bagi kita.

Dikatakan efektif sebab kita menggunakan dengan jangka waktu yang cukup lama. Dan dikatakan efisien karena manfaatnya sangat besar bagi tubuh kita. Kontrasepsi juga masih menjadi program pemerintah untuk mengendalikan jumlah penduduk.

Beberapa Efek KB Suntik 1 Bulan Bagi Pemakainya

Efek KB suntik 1 bulan merupakan alat kontrasepsi yang diberikan 1 bulan sekali. Alat kontrasepsi ini mengandung kombinasi hormon medroxprogesterone acetate atau hormon progesterin dan estradiol cypionate atau hormon esterogen. Karena hormonnya kombinasi sering alat kontrasepsi ini disebut suntik kombinasi.

Beberapa Efek KB Suntik 1 Bulan Bagi Pemakainya

Pemberian KB ini yaitu 7 hari setelah periode pertama menstruasi atau dapat dikatakan 6 minggu setelah melahirkan. KB ini memang sangat digemari oleh wanita muda yang sudah menikah karena kurang banyak mitos buruk tentang KB ini.

Ada keuntungan yang didapat dari efek KB suntik 1 bulan. Seperti resiko yang berdampak buruk pada kesehatan sangat kecil dan cenderung tidak ada. Tidak diperlukan pemeriksaan dalam menggunakan alat-alat yang menyakiti kemaluan. Dan bagi pasangan suami istri tidak akan mempengaruhi hubungan intim.

Baca juga : Obat herbal kolesterol yang aman untuk tubuh

Jangka waktu yang diberikan juga cukup panjang yaitu efektif hingga 1 bulan lamanya. Untuk para pengguna tidak perlu repot-repot menyimpan alat suntik yang banyak sebab pengguna bukan bidan atau dokter. Kita juga akan merasakan kurangnya ras nyeri pada saat haid.

Kerugian Dari efek KB Suntik 1 Bulan Dan Syarat Pemakainya

Terdapat keuntungan pastinya ada juga kerugian. Kerugiannya yaitu terjadi pola haid yang cukup signifikan. Haid yang tidak teratur atau haid yang harinya lebih dari biasanya. Kita juga akan mengeluh sakit kepala, mual, dan nyeri ringan pada payudara.

Pengguna juga menjadi sangat ketergantungan karena pengguna harus kembali lagi dalam jangka waktu 30 hari. KB ini memang tidak bisa melindungi dari penyakit seperti HIV dan AIDS. Hal ini disebabkan karena jangka waktu yang cukup pendek dan manfaatnya kurang maksimal. Apalagi jika tubuh kita tidak cukup kuat pasti cepat mengeluhkan sakit.

Efek KB suntik 1 bulan akan dirasakan oleh para ibu yang sudah melahirkan dan ingin berkonsentrasi mengurus 1 buah hati.Tapi ada juga syarat pengguna alat kontrasepsi ini seperti, perempuan yang sudah mencapai usia reproduksi. Sebab jika terlalu muda takutnya mempengaruhi rahim yang masih muda dan rentan terhadap dampak negatif.

Keinginan kita mendapatkan alat kontrasepsi dengan manfaat yang sangat tinggi yaitu mencegah kehamilan. Selain itu bagi para ibu yang masih menyusui bayinya, dapat menggunakan alat kontrasepsi ini. Karena ASI tidak akan terpengaruh oleh KB suntik ini.

Informasi kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu