Belum Juga Menstruasi Setelah Melahirkan, “Kebobolan” atau Gangguan Organ?

kenapa belum menstruasi

Jika tidak sedang hamil dan menyusui, menstruasi tak kunjung datang merupakan indikasi gangguan kesehatan. Namun belum juga menstruasi setelah melahirkan bisa berarti tiga hal yaitu kehamilan tanpa direncanakan, pengaruh hormon menyusui dan adanya gangguan hormon dan organ reproduksi.

Siklus Menstruasi dan Gangguan yang Menyertai

Menstruasi merupakan salah satu dari empat tahap yang berkaitan dengan ovulasi. Empat tahapan tersebut adalah:

  1. Tahap ovulasi. Disebut juga sebagai masa subur. Pada tahap ovulasi ovarium melepaskan ovum matang.
  2. Tahap sekretori. Hormon progesteron dihasilkan. Dinding rahim disiapkan untuk pembuahan dan tempat berkembang embrio.
  3. Tahap menstruasi. Jika tidak terjadi pembuahan, sel ovum akan keluar bersama jaringan dinding rahim., disebut sebagai menstruasi.
  4. Tahap proliferasi. Ovum dimatangkan sebelum dilepaskan di ovarium.

Gangguan siklus menstruasi secara umum disebabkan oleh gangguan hormonal, gangguan organ reproduksi, abnormalitas sel, dan kondisi psikologis.

Gangguan Siklus Menstruasi Pasca Kehamilan

Ketika tak kunjung mendapat haid pasca persalinan, tes kehamilan sebaiknya dilakukan. Jika tidak sedang hamil namun menstruasi tak kunjung datang kemungkinan sedang terjadi gangguan metabolisme tubuh.

Gangguan pada siklus menstruasi bisa terjadi karena beberapa hal yaitu:

  1. Gangguan hormonal. Tubuh masih harus beradaptasi dengan hormon kehamilan. Secara bertahap hormone yang berpengaruh terhadap proses ovulasi kembali mendominasi. Gangguan hormonal pasca kehamilan juga terjadi karena aktivitas menyusui secara aktif. Hormon prolaktin menekan hormon-hormon yang berpengaruh pada ovulasi – menstruasi sehingga menghambat siklus menstruasi.
  2. Gangguan kesehatan pasca nifas. Adalah darah nifas tidak kunjung berhenti. Lazimnya nifas berhenti setelah 40 hari. Pendarahan terus menerus ini pasca nifas kemungkinan terjadi kelainan pada rahim atau infeksi di organ reproduksi. Akibatnya proses menstruasi terhalang oleh pendarahan pasca nifas.
  3. Ibu yang terlalu sibuk dengan bayi sering tidak memiliki “me time”. Apalagi jika bayinya tergolong bayi yang rewel dan memiliki jam tidur kurang maksimal. Akibatnya ibu menderita stres dan depresi. Keadaan ini menyebabkan gangguan metabolisme tubuh termasuk siklus menstruasi.

Penanganan siklus menstruasi yang terlambat pasca persalinan dilakukan setelah dokter mendapatkan informasi akurat dari pemeriksaan laboratorium. Hasil tes laboratorium membantu diagnosa apakah terjadi gangguan hormone sehingga siklus haid terhenti.

Baca juga : Menghilangkan komedo

Pemeriksaan anatomi rahim untuk memantau kondisi rahim terakhir dilakukan dengan bantuan USG dan histeroskopi. Setelah diperoleh diagnosa, dokter akan menerapkan berbagai metode penyembuhan dari pengobatan hormonal hingga tindakan operasi.

Berolahraga secara rutin dan menghindarkan diri dari stres sangat disarankan untuk memperlancar metabolisme tubuh, sehingga belum juga menstruasi setelah melahirkan bisa dihindari.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu