Belum Menstruasi pada Usia 20 Tahun? Ini Dia Penyebabnya!

kenapa belum menstruasi

Mengapa belum menstruasi pada usia 20 tahun? Masa pubertas adalah peralihan dari masa kanak-kanak menjadi remaja. Pada masa pubertas, gadis remaja akan mengalami menstruasi pertama.

Menstruasi pertama rata-rata dialami pada usia dua belas tahun. Namun ada yang telah mengalami menstruasi pada usia delapan tahun dan baru mendapatkan haid di usia lima belas tahun. Jika usia telah menginjak 20 tahun namun tak kunjung mendapatkan menstruasi, apakah bisa disebut kondisi abnormal?

Faktor Penyebab Belum Menstruasi Pada Usia 20 Tahun

Menstruasi merupakan proses alamiah yang terjadi pada tubuh wanita. Seorang wanita lazim mengalami menstruasi dari usia belasan tahun hingga menjelang lima puluh tahun.

Pada usia lebih dari empat puluh atau lima puluh tahun terjadi masa menopause yaitu tidak lagi terjadi ovulasi dan menstruasi.

Batasan usia maksimal menstruasi pertama adalah lima belas atau enam belas tahun. Jika usia enam belas tahun menstruasi tak kunjung datang, dapat dikatakan masa pubertas terlambat terjadi.

Baca juga : Kenapa belum menstruasi setelah melahirkan ?

Menstruasi merupakan proses yang merupakan mekanisme dari kondisi hormonal dan hasil dari interaksi antarorgan-organ reproduksi. Proses menstruasi dipengaruhi oleh kesehatan organ reproduksi, kadar hormon kewanitaan, interaksi normal yang terjadi antara kelenjar hipotalamus-hipofisi-aksis indung telur.

Isitlah medis bagi tidak terjadi haid pada wanita disebut amenorrhea. Amenorrhea terbagi menjadi amenorrhea primer dan amenorrhea sekunder. Amenorrhea primer adalah menstruasi yang tidak kunjung terjadi pada usia pubertas.

Amenorrhea sekunder merupakan menstruasi yang tidak kunjung terjadi selama tiga hingga enam siklus setelah sebelumnya siklus menstruasi berjalan normal. Amenorrhea sekunder disebabkan oleh stres, depresi, penggunaan obat hormonal, penyakit kronis, dan menyusui.

Amenorrhea Primer

Amenorrhea primer diderita oleh remaja wanita setelah usia enam belas tahun. Gejala utamanya adalah tidak segera mendapatkan menstruasi pada usia enam belas tahun baik diiringi oleh perkembangan seksual sekunder maupun tidak. Perkembangan seksual sekunder ditandai dengan perkembangan payudara, pinggul dan tumbuhnya rambut kemaluan.

Amenorrhea primer disebabkan oleh indung telur yang tidak berfungsi sempurna, terdapat kelainan tidak terbentuk rahim dan vagina (agenesis uterovaginal), adanya gangguan pada sistem syaraf yang berkaitan dengan proses menstruasi dan hymen imperforate yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah menstruasi meski rahim dan vagina tampak normal.

Pemeriksaan amenorrhea cukup rumit dan membutuhkan waktu lama. Dokter akan mengadakan pemeriksaan menyeluruh meliputi pemeriksaan USG, histeroskopi, histerosalpingografi dan MRI (Magnetid Resonance Imaging).

Pemeriksaan lebih intensif dilakukan untuk memeriksa kadar hormon FSH dan LH serta hormon estrogen dan progesteron. Amenorrhea primer biasanya diatasi melalui tindakan operasi jika disebabkan oleh kelainan anatomi atau penyumbatan vagina. Pemberian obat hormonal dilakukan jika penyebab belum menstruasi pada usia 20 tahun adalah gangguan hormon.

Baca Juga Informasi Lainnya Tentang Menstruasi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu