Benjolan Bibir Vagina

Benjolan bibir vagina seringkali dikeluhkan wanita baik remaja maupun yang telah menikah. Sebagian wanita merasa risih dan khawatir akan benjolan tersebut namun enggan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kelamin atau ginekolog. Benjolan sebesar apapun yang muncul di bibir atau bagian dalam vagina patut diwaspadai. Hal ini tak lepas dari fungsi vagina yang sangat vital sebagai bagian dari organ reproduksi. Vagina merupakan organ yang dihuni berbagai bakteri dan mudah terganggu kesehatannya. Tanpa penanganan dan perawatan yang tepat vagina akan sering menderita infeksi atau gangguan keputihan. Sebagai organ khusus adakala timbul keanehan pada vagina antara lain munculnya benjolan di daerah sekitar bibir vagina.

Benjolan Bibir Vagina

Munculnya benjolan di sekitar bibir vagina dapat disebabkan banyak hal. Iritasi hingga terjadi infeksi, terjadinya kista pada kelenjar hingga tumor dapat menjadi penyebab munculnya benjolan. Setiap wanita dianugerahi sepasang kelenjar bartholin di sisi kiri dan kanan bibir vagina. Ketika terjadi sumbatan karena berbagai hal pada kelenjar bartholin akan muncul radang. Radang tersebut dapat terinfeksi dan tumbuh membesar menjadi kista. Benjolan yang berwarna merah, menimbulkan nyeri dan panas serta bernanah kemungkinan merupakan kista bartholin yang telah mengalami abses (pembengkakan).

Benjolan di sekitar bibir vagina juga dapat disebabkan oleh infeksi. Infeksi tersebut terjadi karena kerja virus pox (moluscum kontagiosum), virus herpes simpleks dan infeksi oleh kutu yang bisa hidup di rambut kelamin dan biasa disebut scabies.

Benjolan yang lebih berbahaya adalah benjolan berupa tumor. Tumor pada daerah vagina bisa berupa tumor jinak maupun tumor ganas. Tumor jinak yang kemungkinan timbul adalah fibroma yaitu tumor jinak pada jaringan ikat yang terletak di bibir vagina atau lipoma yaitu tumor jinak pada jaringan lemak. Tumor ganas yang menyebabkan benjolan pada bibir vagina kemungkinan adalah sarcoma yaitu tumor ganas pada jaringan ikat dan adenocarcinoma bartholin yaitu tumor ganas kelenjar bartholin.

Selain benjolan akibat tumor dan kista, bibir vagina juga dapat menderita benjolan atau bintil karena adanya kutil kelamin (kondiloma akuminata). Benjolan yang muncul pada organ intim wanita bisa berbeda ukuran, warna, bentuk dan menimbulkan rasa nyeri atau tidak. Untuk memastikan penyebab benjolan bibir vagina harus dilakukan pemeriksaan fisik secara intensif. Pemeriksaan histopatologi akan membantu menetapkan diagnose yang tepat sehingga keluhan akan benjolan dapat segera diatasi.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu