Berbagai Jenis Makanan Penyebab Keputihan

Para wanita pastinya pernah mengalami keputihan. Keputihan biasanya datang ketika menjelang menstruasi atau setelahnya. Keputihan bisa juga datang karena faktor kelelahan, stres atau organ intim yang tidak dijaga kebersihannya. Fakta lain dari keputihan ternyata ada makanan penyebab keputihan. Apsa aja makanan yang meneybabkan keputihan?

Berbagai Jenis Makanan Penyebab Keputihan

Makanan yang kita konsumsi ternyata dapat mendatangkan keputihan pada wanita. Walaupun makanan memang bukanlah penyebab utama, namun dengan mengetahui makanan penyebab keputihan ini diharapkan bisa mengurangi dampak dari keputihan atau bisa memperkecil risiko keputihan.

Makanan dan Minuman Mengandung Banyak Gula

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi makanan penyebab keputihan, di antaranya adalah makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula seperti permen, donat, atau minuman bersoda.

Makanan yang memiliki kadar gula tinggi dapat mengakibatkan berkembangnya jamur dalam tubuh kita dan jamur ini dapat tumbuh subur di organ intim wanita.

Makanan Mengandung Ragi

Makanan lainnya yang dapat menyebabkan keputihan adalah makanan yang mengandung ragi atau makanan yang difermentasikan. Namun kita tetap boleh meminum yoghurt karena kandunganlactobacillus pada yoghurt dipercaya dapat menghilangkan bakteri jahat.

Buah-buahan Kaleng

Buah-buahan yang dikeringkan atau yang dikemas dalam kaleng jika terlalu sering dan terlalu banyak dikonsumsi juga bisa memicu terjadinya keputihan karena takaran gula fruktosa tinggi yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat tumbuhnya jamur, terutama di daerah kewanitaan dan jamur ini penyebab timbulnya keputihan.

Selain makanan tersebut, masih ada lagi makanan yang dipercaya dapat menyebabkan keputihan, namun kebenarannya masih diragukan sehingga bisa disebut sebagai mitos saja.

Umumnya, para wanita percaya bahwa memakan buah nanas, pisang ambon, terong atau mentimun dapat memperbanyak keputihan.

Sebenarnya, buah nanas mengandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan. Namun dalam nanas terdapat asam amino yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan berpengaruh pada lambung dan jika asam lambung meningkat, maka akan menimbulkan bakteri.

Baca juga : Hubungan berat badan berlebih dan kesuburan wanita

Bakteri yang muncul ini mengakibatkan makanan dalam lambung membusuk dan akhirnya akan dikeluarkan tubuh dalam bentuk lendir melalui organ kewanitaan. Jadi memakan nanas sebenarnya baik untuk kesehatan asal jangan berlebihan.

Demikian juga dengan ketimun yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita seperti untuk kecantikan kulit atau untuk melancarkan pencernaan. Jadi dapat kita simpulkan bahwa mentimun dan nanas bukanlah makanan penyebab keputihan dan masih bisa dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

Keputihan selama masih wajar tidak usah terlalu dikhawatirkan, namun jika sudah tidak wajar, maka harus segera diobati atau diperiksakan.

Demikian beberapa makanan penyebab keputihan yang harus diketahui para wanita dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu