Berbulan-bulan Tidak Haid, Bukan Berarti Mengalami Kehamilan

kenapa belum menstruasi

Berbulan-bulan belum juga haid, tentu saja peristiwa itu menjadi momok yang cukup mengerikan bagi wanita. Ya, bila Anda sudah terbiasa haid setiap bulannya tiba-tiba Anda dihadapkan pada peristiwa bahwa Anda tidak mengalami haid berbulan-bulan. Selain dikarenakan Anda hamil, ternyata penyebab tidak haid berbulan-bulan bisa dikarenakan adanya gangguan pada hormon ataupun alat reproduksi wanita tersebut. Maka dari itu, daripada menyimpulkan sendiri lebih baik saat tidak mengalami haid dalam waktu yang lama Anda berkonsultasi dengan dokter.

Berbulan-bulan Tidak Haid, Bukan Berarti Anda Sedang hamil

Dari segi fisiologis, berbulan-bulan tidak haid disebabkan karena wanita tersebut sedang menjelang pubertas (masa dimana anak-anak beranjak ke remaja), disebabkan kehamilan dan menyusui, atau disebabkan karena wanita tersebut akan memasuki waktu menopause. Maka dari itu, bila Anda mengalami haid tak lancar pada waktu-waktu tersebut sebaiknya tidak perlu khawatir karena penyebabnya sudah diketahui cukup jelas.

Editorial Pick :

Belum menstruasi selama 1 tahun ? Gejala penyakit menahun ?

Penyebab belum menstruasi di usia 20 tahun

Namun terganggunya hormon pada alat reproduksi Anda juga bisa menjadi penyebab haid tak lancar yang masuk akal. Terganggunya hormon tersebut bisa dikarenakan faktor keturunan. Bila memang dikarenakan faktor keturunan, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter kandungan. Karena seharusnya Anda mendapatkan obat untuk mengatasi gangguan pada hormonal Anda secara cepat.

Berbulan-Bulan Tidak Haid Karena Faktor Gangguan Patologis

Penyebab dari sisi patologis juga bisa menjadi penyebab Anda tidak mengalami haid berbulan-bulan. Penyebab patologis tersebut diantaranya akibat stress panjang. Stress atau penumpukan pikiran berat pada otak secara tidak disadari bisa mempengaruhi rutinitas Anda mendapatkan tamu bulanan.

Faktor selanjutnya adalah karena melakukan diet. Para wanita tentu saja banyak yang melakukan diet. Diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan ini ternyata bisa mempengaruhi kelancaran Anda mendapatkan haid. Hormon dalam tubuh Anda akan terpengaruh dari peristiwa naik-turunnya berat badan Anda.

Konsumsi obat-obatan dengan sering dan berlebih juga bisa menyebabkan tidak mengalami haid berbulan-bulan. Terutama penggunaan alat kontrasepsi suntik, haid Anda akan sangat terganggu kelancarannya. Gizi yang buruk juga bisa menjadi penyebab hormon Anda tidak bisa merangsang sel telur luruh setiap bulannya.

Bila Anda selalu makan makanan sehat dan bergizi, tentu saja kesehatan tubuh dan alat reproduksi Anda akan terjaga. Selain karena faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, adanya riwayat operasi pengangkatan ovarium atau kandung telur sebagai tempat sel telur meluruh juga busa menjadi penyebab seorang wanita berbulan-bulan tidak haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu