5 Manfaat Mendapatkan Modal Melalui Equity Crowdfunding di Indonesia

Equity crowdfunding atau layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi akan menjadi trend baru di kalangan startup Indonesia. Hal apa saja yang perlu Anda tahu ?

 

Equity crowdfunding telah menjadi semacam legenda di industri startup. Equity crowdfunding sedang dipuji (dan dikritik) karena menjadi saluran baru bagi perusahaan startup untuk mendapatkan modal dan bagi pengusaha untuk meluncurkan upaya baru. Memang benar bahwa keran sejumlah besar modal potensial dapat dibuka dengan memasukkan investor yang tidak terakreditasi dalam industri startup.Meskipun sosialisasi untuk urun dana saham (equity crowdfunding) non-akreditasi belum diselesaikan, banyak manfaat bagi startup untuk bekerja dengan investor telah muncul di Internet.

Berikut adalah 5 cara agar kehidupan wirausaha menjadi lebih mudah melalui equity crowdfunding :

1. Melakukan storytelling kepada Investor hanya dengan satu link :

Box dan Dropbox adalah beberapa tool populer untuk menyajikan video dalam rangka melakukan storytelling di landing page Anda. Namun, equity crowdfunding telah membawa cara baru untuk menyajikan seluruh pitch deck untuk fundraising dengan satu link.

Perusahaan penerbit atau startup yang melakukan fundraising dapat membuat profil, membuat video yang menarik, mengakses profil pendiri, dan menggunakan tools2 untuk melakukan due dilligence yang dapat dicek oleh investor potensial dalam satu halaman tunggal yang mudah dipahami.

Informasi yang sama dapat digunakan untuk membagikan dokumen-dokumen penting yang penting bagi proses pendanaan awal seperti term sheet dan proyeksi keuangan.

Hari-hari meng-attach email yang berat dan melakukan panggilan telepon yang panjang untuk menceritakan kisah sederhana tentang startup perlahan mulai menghilang. Founder menjadi semakin terampil dalam melakukan story telling melalui media digital dengan cara yang singkat dan bermakna.

2. Sesuai Dengan Kesepakatan

Proses fundraising (a.k.a Proses Penawaran) dan peraturan / regulasi seputar penawaran startup swasta seringkali keruh dan sulit dinavigasi. Banyak kesalahan atau kelalaian yang dilakukan oleh pengusaha tidak diketahui karena ini adalah transaksi pribadi atau privat. Karena penggalangan dana terus menjadi lebih terbuka dan transparan, akan menjadi semakin penting untuk memiliki proses yang memungkinkan pengusaha untuk tetap berada dalam batas-batas regulasi. Equity crowdfunding membantu mengelola perlindungan ini untuk pemula dan investor dengan membuat proses lebih efisien dan terjangkau.

3. Menjangkau Investor Secara Jauh dan Luas

Sebelum UU JOBS (Jumpstart Our Business Startup), pengusaha dilarang mendiskusikan fundraising dengan orang asing. Hal ini memaksa kemitraan pengusaha dan investor terbatas pada jaringan pribadi dan – lebih sangat terbatas pada geografi. Karena informasi semakin banyak dibagikan di internet, platform inovatif untuk equity crowdfunding tidak hanya memacu alat dan jalan baru bagi pemula untuk menjangkau investor, tetapi juga memungkinkan investor untuk mengakses investasi yang sebelumnya mungkin mereka lewatkan.

Perusahaan startup yang melakukan fundraising di situs equity crowdfunding dapat berbagi kesepakatan mereka dengan basis investor terakreditasi yang luas tanpa bergantung pada perjalanan yang mahal dan memakan waktu atau batasan geografi.

 

4. Transisi Seamless Dari Launching Sampai Penyelesaian Fundraising

Dari launching awal fundraising hingga closing, proses peningkatan modal sangat kacau balau dengan email tanpa akhir, formulir dan lampiran yang salah, semua pada dasarnya berpuncak pada pekerjaan hukum yang mahal. Dalam beberapa bulan terakhir, proses fundraising dari investor telah menggunakan sistem online untuk membuat seluruh proses menjadi lancar – mulai dari memperbarui informasi bagi investor hingga pemrosesan dan penyebaran dana dan dokumen penutup. Ini adalah dunia baru yang penuh dengan keberanian di mana para pengusaha dan investor retail dapat bertindak sebagai bankir mereka sendiri dengan semua alat yang tepat di ujung jari kita.

5. Investor, user, dan evangelist (suporter)

Di masa lalu, pengusaha atau founder startup harus mengejar investor, pemasar dan Evangelist secara terpisah, dan hampir tidak ada tumpang tindih yang sangat terbatas. Meminta teman-teman kami untuk menjadi advisor dan mensupport bisnis kami adalah salah satu hal dan mencari dana dari paman kami  yang kaya dan profesional yang lebih mapan adalah proses yang terpisah. Lebih banyak waktu dihabiskan untuk mengidentifikasi dan menangkap target pelanggan.

supporter crowdfunding indonesia

Melalui equity crowdfunding atau urun dana, proses ini telah menjadi satu dan sama. Investor telah menjadi pendukung, evangelist, dan pelanggan. Dengan garis-garis yang telah kabur ini dan munculnya pendukung ‘super’, startup sekarang dapat fokus pada eksekusi dan memberikan layanan / produk sebaik mungkin.

 

 

Cara Menghias Kue Kering Yang Paling Sering Digunakan

menghias dan dekorasi kue kering

Kue kering memang memiliki rasa yang enak meskipun tidak diberi tambahan lain. Namun akan lebih baik jika kue kering yang telah dibuat, diberikan hiasan yang cantik sehingga akan menarik perhatian orang untuk mencobanya. Cara menghias kue kering yang paling umum adalah dengan icing atau frosting dan juga dengan cara glazing.

Icing dan frosting adalah satu metode untuk menghias kue yang sama. Hanya saja beda penamaan yang oleh orang amerika biasanya menyebutnya dengan frosting sedangkan orang eropa menyebutnya dengan icing. Sedangkan glazing adalah metode menghiasi kue dengan lapisan cokelat.

Icing atau Frosting
Cara menghias kue kering yang biasa digunakan salah satunya adalah icing atau frosting. Icing atau frosting ini dibuat dengan bahan gula atau krim yang digunakan sebagai olesan pada roti ataupun kue. Fungsinya selain untuk menambah cita rasa kue, namun sebagai hiasan agar kue nampak lebih cantik dan menarik.

Icing sendiri memiliki tiga jenis yang menggunakan bahan dan metode pembuatan yang berbeda. Yakni icing gula, icing krim mentega, dan icing krim keju. Berikut penjelasannya :

1. Icing Gula
Icing gula menggunakan gula halus, susu atau jus, dan ekstrak vanila atau almond sebagai bahan dasar pembuatannya. Untuk membuat icing gula yang sederhana ini sangatlah mudah. Icing ini akan menghasilkan pasta yang manis dan berkilau yang cocok untuk dijadikan sebagai hiasan kue dengan rasa buah. Tanpa menggunakan gelas ukurpun, pembuatan icing ini masih dapat dilakukan.
Yang pertama adalah siapkan mangkuk besar dan tuangkan gula halus ke dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Untuk menambahkan sedikit rasa, tambahkan jus , susu, atau air lemon. Tuangkan secara hati-hati dan usahakan untuk tidak menambahkannya terlalu banyak, sesuaikan dengan selera.

Kemudian aduk secara perlahan di awal agar gula dan bahan lainnya tidak keluar dari mangkuk. Setelah semua bahan tercampur aduk secara terus menerus sampai semua bahan membentuk pasta. Tambahkan bahan berbentuk cair seperti jus dan susu sambil diaduk agar tidak ada gula kering yang tersisa.

Jika adonan icing ini sudah terlihat merata maka adonannya sudah jadi. Namun jika adonan terasa encer bisa tambahkan gula dan aduk kembali sampai merata. Terakhir beri sedikit tetesan vanila atau almond. Akhirnya adonan ini siap untuk menghias kue yang biasanya dioleskan pada permukaan kue dengan menggunakan pisan atau sendok.

2. Icing Krim Mentega
Icing yang satu ini biasanya digunakan sebagai hiasan kue ulang tahun karena lebih banyak dan juga manis. Bahan yang diperlukan untuk membuat icing ini adalah mentega, gula halus, krim kocok, ektrak vanila atau almond, dan perasa tambahan jika perlu. Untuk membuatnya tidak akan memakan banyak waktu, yakni kurang dari dua puluh menit.

Caranya adalah melunakkan mentega bisa dengan menggunakan microwave atau cukup disimpan di suhu ruangan. Kemudian campurkan mentega dan gula didalam mangkuk besar agar mudah saat diaduk. Untuk mencampurnya sendiri boleh dengan tangan asalkan menteganya lunak, ataupun dengan mixer. Jika menggunakan mixer usahakan untuk tidak mengaduknya dalam kecepatan tinggi di awal.

Selanjutnya boleh memberikan sedikit perasa seperti rasa lemon, cokelat, dan kopi. Sesuaikan saja dengan jenis kue apa yang akan dibuat. Terakhir tinggal masukkan bahan yang tersisa yakni krim kocok dan ekstrak vanila atau almond. Kocok kembali semua bahan hingga adonan memiliki warna dan tekstur yang konsisten.

Jika terlalu encer masukkan kembali gula dan kocok hingga merata. Jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air sambil terus diaduk hingga cukup untuk dijadikan olesan. Icing ini dapat digunakan sebagai olesan kue pada setiap lapisan atau di sisinya.

3. Icing Krim Keju
Icing jenis ini cocok untuk dijadikan hiasan kue apapun seperti kue wortel, kue cokelat, kue red velvet, ataupun kue jahe. Karena rasanya kurang manis, maka fungsi dari icing ini adalah untuk menyeimbangkan rasa kue yang terlalu manis. Bahan untuk membuatnya adalah mentega, keju krim, gula halus, dan ekstrak vanila.

Untuk membuatnya adalah dengan melunakkan mentega dan krim keju bukan dengan cara melelehkannya. Setelah itu campurkan secara merata keju krim dan mentega bisa menggunakan tangan ataupun mixer. Sekali lagi, jika menggunakan mixer jangan gunakan kecepatan tinggi di awal karena akan membuat bahan berceceran.

Kemudian tambahkan gula halus dan aduk kembali hingga merata. Kocok hingga teksturnya menjadi ringan dan merata. Jika adonan sudah mengembang maka akhiri kocokan adonan tersebut karena jika terus dikocok maka adonan menjadi encer dan gagal. Namun jika sudah terlanjur encer tambahkan saja krim keju dan gula lagi kemudian aduk hingga mengembang.

Yang terakhir adalah mencampurkan ekstrak vanila atau almond ke dalam adonan tersebut dan kocok adonan hingga merata. Akhirnya icing krim keju ini sudah siap untuk dioleskan pada kue.

Menghias Kue Kering Dengan Glazing
Cara menghias kue kering selanjutnya adalah glazing yakni dengan cara menyiramkan adonannya di atas kue. Bisa menggunakan gula ataupun cokelat yang telah dilelehkan. Biasanya teknik ini digunakan untuk menghias kue namun sekarang sudah  banyak kue kering yang menggunakan teknik ini.

Caranya menghiasnya adalah membuat glaze sesuai dengan rasa dan selera pembuatnya. Bisa dengan rasa lemon, cokelat, atau kopi yang terpenting tekstur dari glaze ini menyerupai sirup. Dan sebelum menuangkan glaze tersebut, pastikan kue sudah dalam keadaan dingin.
Bisa menggunakan sendok atau whisk untuk menuangkan adonan glaze tersebut. Karena glaze akan cepat menyatu dengan kue, maka sebelum mengering pastikan seluruh lapisan kue sudah tertutupi oleh glaze tersebut. Terakhir boleh menambahkan garnish seperti potongan buah ceri atau strawberi untuk menambah keindahan kue.

Baca Informasi Lain Tentang Kue Kering

12 Model Kue Kering yang Populer Saat Lebaran

Cara Membuat Muffin Yang Mudah Serta Bahan Dan Alatnya

 

Inilah 9 Tips Mempersiapkan Bahan Kue Nastar

membuat kue nastar

Membuat kue kering sendiri memang gampang-gampang susah. Namun, semua itu bisa dipelajari dengan mengetahui bahan-bahan yang perlu dipersiapkan. Salah satunya jika ingin membuat kue nastar. Kue lebaran yang sangat nikmat ini membuat banyak orang ingin mencoba membuatnya di rumah. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah dijumpai di toko kue.

Berikut tips mempersiapkan bahan kue nastar yang perlu dipersiapkan :

1. Pilih Tepung Terigu Protein Tinggi
Seperti kue kering pada umumnya, nastar memiliki bahan utama tepung terigu. Pemilihan tepung terigu ini ternyata tidak bisa sembarangan. Banyak sekali tepung terigu yang beredar di pasaran dan juga dengan beragam harga yang ditawarkan.
Lalu tepung terigu mana yang cocok untuk kue kering ? Pilihlah tepung terigu berprotein tinggi. Pemilihan tepung terigu yang tepat akan memberikan tingkat keberhasilan lebih tinggi saat membuat kue kering termasuk kue nastar ini. Kemudian jangan lupa untuk selalu mengayak tepung sebelum digunakan.

2. Mentega atau Margarin
Membuat kue nastar bisa menggunakan mentega atau margarine. Mentega dan margarine sebenarnya memiliki perbedaan, tetapi keduanya dapat digunakan untuk membuat kue nastar.
Agar hasilnya baik mentega atau margarine sebaiknya disesuaikan dengan takaran resep serta digunakan dengan benar. Gunakan kurang lebih setengah kilo mentega atau margarine untuk satu resep kue nastar.

3. Telur dan Kuning Telur
Siapkan beberapa butir telur sesuai dengan resep kue nastar. Biasnya untuk satu resep bisa menggunakan 4 butir telur dan 2 butir kuning telur sebagai olesan. Olesan ini untuk kue nastar ketika setengah matang agar warna bagian atasnya kuning mengkilat. Sedangkan untuk telur yang akan dicampurkan ke dalam adonan gunakan semua bagiannya baik kuning telur maupun putih telurnya.

4. Gula Halus
Bahan kue nastar berikutnya yakni gula halus yang bisa dibuat sendiri. Gunakan gula pasir yang ada di dapur sesuai dengan takaran resep kemudian gunakan blender kering untuk membuat gua halus. Mengapa harus gula halus? Hal ini karena, gula halus lebih mudah larut saat proses pembuatan adonan kue nastar. Selain itu, hasilnya juga lebih baik dibandingkan dengan menggunakan gula pasir biasa.

5. Pilih Susu Bubuk Berkualitas
Bahan kue nastar yang tidak kalah penting adalah susu bubuk. Pemilihan susu bubuk untuk kue kering ternyata juga berpengaruh pada kualitas kue yang dihasilkan. Pilih jenis fullcream dengan kualitas prima yang akan menjadikan kue lebih lembut dan nikmat. Selain itu, susu jenis ini akan membuat kue semakin harum saat dioven.

Pemilihan jenis susu yang tepat sebaiknya tidak mengandung campuran bahan lain seperti pewarna makanan dan perasa. Susu bubuk tanpa kedua bahan tersebut akan membuat aroma susu lebih tahan lama ketika dipanaskan dalam oven.

6. Gula Pasir
Gula pasir ini sebenarnya bisa ada bisa tidak tergantung akan membuat nastar jenis apa. Jika akan membuat kue nastar nanas maka diperlukan gula pasir untuk campuran selai nanas. Cukup menggunakan 300 gram gula pasir untuk membuat satu resep kue nastar nanas. Nastar nanas dengan selai yang dibuat sendiri hasilnya bisa lebih baik dibandingkan menggunakan selai kemasan di pasaran.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat selai nanas sendiri adalah harus dibuat dengan takaran gula yang pas. Jika gulanya berlebihan maka akan membuat isian nastar menjadi keras saat digigit.

7. Pilih Vanilli Bubuk
Vanilli merupakan bahan yang akan memberikan aroma khas dalam kue nastar. Persiapkan satu bungkus vanilli untuk satu resep bahan kue nastar. Pilih jenis vanilli bubuk yang khusus untuk kue. Bahan ini sangat mudah dijumpai di toko kue terdekat. Campurkan vanili bersama dengan mencampurkan tepung terigu ke dalam adonan kue nastar.

8. Pilih Keju Berkualitas
Keju hanya diperlukan jika ingin membuat kue nastar keju. Pilih keju yang berkualitas tinggi agar rasanya lebih nikmat. Keju yang dipilih adalah jenis keju cheddar yang nantinnya akan dijadikan parutan keju.

Parutan keju tersebut  dijadikan campuran adonan kue nastar dan juga menjadi topping di atas kue. Oleh karena itu, pemilihan jenis keju menjadi sangat penting karena juga berpengaruh pada tingkat keberhasilan pembuatan nastar keju.

9. Bisa Gunakan Selai Kemasan Pilihan
Jika ingin membuat nastar dengan isian selai, tetapi tidak bisa membuat selainya sendiri bisa juga membeli selai kemasan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih selai kemasan yang ada di toko-toko.

Pilih selai yang tidak terlalu encer sehingga mudah diaplikasikan pada kue nastar dan tidak mempengaruhi adonannya. Pastikan memilih selai kemasan yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi atau sebaiknya pilih selai kemasan yang home made.

Itulah 9 tips dalam memilih bahan kue nastar yang perlu diperhatikan. Membuat kue nastar memerlukan proses serta bahan yang cukup banyak. Maka dari itu, dalam membuatnya memang gampang-gampang susah.

Oleh karena itu, pemilihan bahan yang tepat akan membuat tingkat keberhasilan pembuatan kue nastar semakin tinggi. Tidak hanya persiapan bahan, tetapi juga harus diperhatikan proses pengolahan bahan tersebut agar dihasilkan kue yang nikmat.

 

Baca Artikel Lain Tentang Kue Kering

Bahan Membuat Kue Lapis Legit Yang Enak Dan Nikmat

Obat Herbal Asam Urat Alami Yang Direkomendasikan

 

 

12 Model Kue Kering yang Populer Saat Lebaran

kue idul fitri

Kue kering merupakan kudapan yang selalu ada di setiap momen penting. Salah satunya yang tidak ketinggalan adalah pada saat merayakan lebaran. Kue kering hampir tak pernah ketinggalan memenuhi meja ruang keluarga. Tidak hanya rasanya yang nikmat, tetapi kue kering juga memiliki beragam model yang cantik sehingga semakin menggugah selera.

Berikut model kue kering yang populer saat lebaran :

1. Nastar Gulung
Nastar merupakan kue yang selalu populer saat lebaran. Kini kue nastar hadir dengan berbagai varian dan salah satunya yang banyak digemari yakni nastar gulung dengan isi selai nanas. Nastar dengan isi kue nanas sebenarnya sudah banyak dikenal sejak lama. Jika biasanya nastar berbentuk bulat dengan isian nanas, kini nastar memiliki bentuk baru yang lebih menggugah selera. Nastar gulung dengan selai nanas di tengahnya menjadi varian baru dari kue nanas yang tidak kalah nikmat.

2. Nastar Keju
Salah satu kue kering yang banyak digemari saat lebaran yakni kue nastar keju. Model kue kering yang satu ini masih menggunakan bentuk lama dari kue nastar. Namun, ditambahkan bahan keju sebagai isiannya dan juga topping di atasnya. Rasanya tidak kalah nikmat, gurihnya keju dan lembutnya nastar menjadi perpaduan yang sempurna.

3. Kastengel
Kue berbahan dasar utama keju ini merupakan kue yang tidak ketinggalan di setiap momen lebaran. Model kue kering yang gurih ini selalu menggugah selera terutama bagi pecinta keju. Selain bahan utama yang menggunakan keju dalam adonannya, terdapat topping keju yang membuatnya semakin terasa kejunya. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuatnya pas di mulut.

4. Kue Kering Lollipop
Pernah melihat bentuk permen lollipop? Kini model kue kering juga mengadopsi bentuk lollipop yang berwarna-warni. Kue kering yang satu ini menggunakan beberapa bagian adonan yang diberi warna berbeda. Kemudian dibentuk menyerupai permen lollipop dengan rasa khas kue kering yang manis dan gurih.

5. Kue Puteri Salju
Puteri Salju identik dengan salju yang berwarna putih. Inilah yang juga menjadi ide pembuatan model kue kering dengan mengaplikasikan putih salju pada kue. Salju yang dihasilkan dari gula halus yang menjadi taburan kue sehingga memunculkan sensasi dingin di mulut saat dimakan. Oleh karena itu, kue kering ini memiliki cita rasa yang tidak kalah nikmat dengan kue lainnya.

6. Kue Kering Monde
Pernah melihat cookies kemasan yang dijual di pasaran? Kini kue kering ini bisa dibuat sendiri di rumah. Kue kering ini banyak disebut dengan monde dengan rasa yang tidak kalah nikmat dengan aslinya yang banyak dijual di pasaran. Bahan utamanya yang dominan adalah susu dengan perpaduan bahan lainnya. Bentuk dan modelnya, masih mengadopsi bentuk aslinya dan berbagai kreasi lainnya sesuai dengan kreatifitas pembuatnya.

7. Kue Kering Ala Good Time
Biskuit good time merupakan salah satu biskuit yang banyak digemari. Bentuk dari biskuit tersebut juga menjadi inspirasi model kue yang banyak digemari. Masih dengan bentuk asli dari biskuit tersebut yakni bentuk bulat kemudian diberi coco chips sehingga semakin mirip. Tidak hanya mirip, tetapi rasanya juga nikmat.

8. Lidah Kucing Rainbow
Seperti namanya, kue ini memilih bentuk seperti lidah dengan warna pelangi. Rasanya cenderung manis dengan warna-warna pelangi yang cerah yang semakin menggugah selera. Bentuknya yang tipis menjadikannya pas saat digigit dan dinikmati saat bercengkerama saat lebaran. Kue lidah kucing ini juga memiliki beragam varian lainnya yang juga tidak kalah nikmat.

9. Kue Sus Kering Isi Cokelat
Kue sus kering ini sebenarnya terinspirasi dari bentuk kue sus basah dengan isian di tengahnya. Namun, pada awalnya kue sus kering dibuat tanpa isi sehingga benar-benar kering dan rasanya cenderung gurih. Kini, kue sus kering kembali dikreasikan dengan mengisikan cokelat lumer di tengahnya.

10. Kue Kering Ulat
Jika dilihat dari bentuknya mungkin akan terasa geli ketika akan mencicipinya. Kue ini berbentuk mirip seperti ulat dengan warnanya yang hijau lengkap dengan mata dengan memasangkan coco chips di ujungnya. Bentuknya yang unik tidak mengalahkan rasanya yang nikmat sehingga akan tampak menarik ketika disajikan di meja.

11. Pastel Kering
Bosan dengan yang manis-manis, model kue kering yang satu ini bisa menjadi pilihan. Pastel kering sebenarnya kue yang sudah lama digemari saat lebaran. Namun, hingga kini kue tersebut selalu populer dan tidak sepi peminat. Seiring berjalannya waktu kue ini memiliki bentuk yang beragam sehingga para konsumen tidak bosan.

12. Kue Kacang Almond
Kue yang satu ini merupakan perpaduan antara manis dan gurihnya kacang. Kini bentuk dari kue lebaran yang satu ini juga semakin banyak dikreasikan. Salah satunya dengan menempelkan irisan kacang almond di atasnya menjadikannya semakin gurih. Selain itu, gurihnya kacang tanah yang menjadi bahan utama adonan membuat para pecinta kacang memiliki sensasi baru dalam menikmati kacang.

Itulah 12 model kue kering yang populer saat lebaran. Kue kering sudah seperti sesuatu yang wajib ada saat lebaran. Beragam model dan rasanya selalu bermunculan beragam varian dari waktu ke waktu.  Pilihlah kue kering sesuai dengan selera dengan rasa yang nikmat sehingga membuat suasana lebaran lebih menyenangkan.

 

Baca Juga info Lainnya Tentang Kue Kering

Cara Membuat Kue Nastar Dan Bahan-Bahan Yang Harus Dipersiapkan

Cara Membuat Muffin Yang Mudah Serta Bahan Dan Alatnya

 

Pengertian Tentang Apa Itu Buttercream, Macam Jenis Dan Trik Menyimpannya

apa itu buttercream

Buttercream adalah salah satu bahan yang selalu digunakan dalam membuat berbagai macam kue atau cake. Namun masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami dan mengetahui apa itu buttercream. Untuk menambah wawasan tentang buttercream ulasan berikut akan sangat membantu.

Buttercream adalah salah satu topping yang paling banyak dipilih untuk menghiasi kue atau cake. Hal ini disebabkan karena buttercream sangat mudah dibuat dan rasanya juga lezat. Secara umum buttercream terbuat dari margarin dan gula namun ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang buttercream.

Apa Itu ButterCream?

Buttercream jenis krim yang selalu digunakan untuk menghias kue. Jenis krim yang satu ini itu berasal dari olahan mentega dan gula yang di kocok dan dicampur hingga mengembang dan lembut. Waktu untuk mencampurkannya sekitar 15 menit sampai benar-benar krim tidak menggumpal atau tidak sempurna pencampurannya.

Sudah dipastikan buttercream itu memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat cocok untuk dasar olesan dalam menghias kue. Untuk rasanya adalah manis tidak tawar atau getir. Sehingga apabila digunakan pada kue jenis sponge menjadi paduan kue menjadi sempurna. Selain rasa ada warna yang putih atau sedikit kuning ini digunakan sebagian orang untuk ornamen pada kue atau bahan penutup agar kue terlihat sempurna rasa dan penampilannya.

Ragam Jenis Buttercream

Selain bahan dasar buttercream memiliki jenis-jenis yang sama namun berbeda. Perbedaannya berasal dari teknik pembuatan maupun negara asal yang berbeda.  Apa saja jenis-jenisnya simak penjelasan berikut ini:

1. Flour Buttercream
Jenis buttercream ini memiliki tekstur lebih lembut dan karena pembuatannya diawali dengan membuat puding membuat teksturnya lengket, dan padat hampir seperti lem. Dibuat dengan membuat puding dengan bahan susu, dan gula serta ditambahkan tepung.

2. Americcan Buttercream
Jenis kedua adalah jenis yang sangat creamy dan manis. Menggunakan bahan vanilla, krim, sugar powder, dan butter. Karena jenis ini mudah meleleh diupayakan untuk disimpan di dalam lemari pendingin.

3. German Buttercream
Terbuat dari 2 butir kuning telur dan butter, tekstur dan rasanya tetap ringan seperti butter pada umumnya. Namun german buttercream tidak akan tahan lama berada dalam suhu hangat.

4. French Buttercream
Terbayang super cream pada jenis ini karena terbuat dari busa kuning telur, selain warnanya yang kuning namun hati hati karena cream yang satu ini mengandung lemak yang tinggi. Bentuk dan teksturnya yang menggoda ingin selalu menelan dengan cepat setiap creamnya

5. Itallian Buttercream
Nah untuk jenis buttercream yang satu ini lebih tahan lama pada suhu yang hangat. Terbuat dari sirup gula dan putih telur. Dan untuk warnanya lebih terang mendekati warna putih.

6. Swiss Buttercream
Jenis cream ini adalah salah satu cream yang paling sering digunakan untuk membuat kue atau cake. Sedikit berbeda karena menggunakan hot sugar syrup melainkan egg dan foam based buttercream.

Trik Agar Buttercream Lebih Tahan Lama
Penjelasan tentang apa itu buttercream tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan penjelasan buttercream lainnya. Karena berbagai alasan ketika membuat kue buttercream menjadi lebih dan bersisa. Untuk lebih hemat ada perlunya menjalankan trik ini sehingga buttercream yang bersisa dapat bisa digunakan lagi di waktu yang berbeda. Berikut ini beberapa triknya :

1. Simpan Menggunakan Wadah Kedap Udara
Buttercream yang disimpan tanpa menggunakan tutup akan membuat buttercream mengering dan mengeras sehingga tidak akan bisa digunakan untuk topping kue. Oleh sebab itu gunakan wadah kedap udara dan simpanlah kedalam lemari pendingin yang biasa agar buttercream tahan selama dua minggu.

2.Untuk Disimpan dalam Frezzer
Jika memang buttercream dibuat untuk ketahanan 6 bulan dan menyimpannya dalam frezzer maka tetap harus dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat hal ini disebabkan karena buttercream dapat menyerap aroma dan bau apa saja yang ada dalam lemari pendingin. Dan jika ingin digunakan kembali biarkan buttercream kembali pada suhu normal.

3.Tempat Harus Bersih dan Tidak Bau
Terakhir sebelum menempatkan buttercream pada ke lemari pendingin pastikan wadah yang digunakan bersih, kering dan tidak menimbulkan bau. Karena untuk menjaga kualitas rasa dan bau pada buttercream

Ragam Kreatif Cupcake Dari Buttercream

Semakin banyak pengetahuan jenis dan varian buttercream tentunya akan menambah kreasi membuat cake tentunya. Ragam jenis dapat di sanding kan dengan ragam kreasi cake, maupun cupcake. Selain menambah kelezatan namun buttercream dapat menjadikan sajian kue menjadi sempurna. Pembahasan tentang apa itu buttercream tidak saja memberikan ilmu namun memberikan motivasi berkreasi.

Untuk hasil yang maksimal tentunya tidak saja karena cara membuatnya namun kualitas bahan untuk menghasilkan buttercream juga penting diperhatikan. Jangan malu untuk mencoba dan terus kreatif untuk hasil yang optimal. Tunggu apalagi bersiap untuk aksi menakjubkan membuat kue dan cupcake dengan menggunakan buttercream yang lembut, manis dan lezat.

 

Baca juga informasi lain tentang kue kering

Cara Membuat Muffin Yang Mudah Serta Bahan Dan Alatnya

Cara Membuat Kue Nastar Dan Bahan-Bahan Yang Harus Dipersiapkan

 

 

Pengertian, Cara Membuat Meringue Serta Aneka Topping Yang Cocok

buat kue meringue

Bagi pecinta kuliner jajanan  pasti pernah merasakan nikmatnya kue meringue. Ya tidak salah lagi kue meringue adalah salah satu makanan penutup atau sering disebut dessert tradisional yang berasal dari Perancis. Atau ingin tahu bagaimana cara membuat meringue? Simak terus ulasan berikut ini.

Walaupun dessert tradisional yang satu ini berasal dari negara lain, namun kue meringue tetap bisa dinikmati. meringue juga salah satu yang paling banyak dipilih sebagai camilan. Selain lezat teksturnya yang lembut selalu nikmat untuk dinikmati saat waktu bersantai.

Apa Itu  Meringue?

Meringue merupakan kue yang terbuat dari telur kocok  dengan gula. Untuk suasana dan keinginan tertentu terkadang kue ditambahkan dengan cuka atau perasan lemon atau juga cream of tartar. Sedangkan untuk perekat kue tersebut biasanya adonan ditambah degan sedikit garam, atau gelatin dan tepung meizena.

Dan untuk tekstur kue meringue yang mungil ini sedikit kenyal dan ringan di mulut, serta terasa lembut dan sedikit gurih pada bagian luarnya. Meringue tidak dipanggang degan waktu yang lama, dan si kue lembut meringue juga dapat disimpan selama 1 minggu  sehingga bisa awet.

Bahan Dan Cara Membuat Meringue
Bagi kaum ibu-ibu yang ingin mencoba membuat kue meringue dapat menyiapkan bahan-bahan dan menjadikan panduan cara membuat meringue seperti berikut ini :
Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Untuk bisa menghasilkan si kue meringue ini hanya menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana dan tidak terlalu banyak.  Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah :
Putih telur dari 4 butir telur.
Gula pasir 150 gram
Maizena 2 sendok makan.

Cara Membuat Kue Meringue

Setelah bahan-bahan disiapkan maka kue dapat langsung dibuat dengan langkah-langkah :
Kocok putih telur di dalam wadah bersama dengan gula pasir yang telah disiapkan sebelumnya

Lalu tambahkan bubuk maizena ke dalam adonan putih telur dan pasir tadi, dan terus di kocok hingga terlihat mengembang.

Berikutnya bahan yang telah di kocok di pindahkan ke dalam loyang dan tambahkan topping di atasnya sesuai keinginan  dan untuk selanjutnya dipanggang dengan menggunakan oven dengan durasi 10 menit.

Berbagai Pilihan Topping Cantik Untuk Kue Meringue

Agar kue meringue terlihat menarik dan menawan dapat ditambahkan topping menarik yang akan menjadi meringue semakin lezat. Adapun beberapa pilihan topping yang dapat dijadikan pilihan adalah :
1. Serpihan Dark Coklat
Salah satu yang dapat dijadikan pilihan untuk menghiasi kue meringue adalah topping dengan taburan dan serpihan dark coklat potong dark coklat menjadi serpihan halus sedikit kasar. Dipastikan kue meringue akan menjadi sangat lezat dalam rasa dan menarik dalam tampilan
2. White Coklat
Selain dark coklat, topping bisa diganti dan ditukar dengan white coklat atau coklat putih tetap sama dengan membuatnya menjadi serpihan seperti pasir yang bertabur di atasnya. Dan jika menggunakan white coklat upayakan kue meringue diberi warna yang kontras agar terlihat indah misal warna merah atau warna gelap lainnya.
3. Almond
Dan yang telah bosan dengan topping coklat almond paling tepat untuk dijadikan topping si kue cantik meringue. Taburkan diatas nya dengan tatanan suka suka atau dengan sesuai keinginan tetap akan menambah kelezatan.
4. Caramelizet Huzzelnut
Dan pilihan berikut ini dijamin akan menjadikan kue meringue akan menjadi dessert berkelas dan mewah dengan topping caramelizet huzzelnut. kue meringue tidak saja hanya dijadikan camilan di rumah namun dengan topping yang satu ini dapat dijadikan ladang bisnis.
5. Buah Ceri atau Potongan Strawberi
Dan bagi yang menyukai buah-buahan buah ceri, strawberi atau lemon bisa di jadikan topping dijamin ekspektasi rasa tetap akan lezat dan tentunya memberi kenikmatan dalam setiap potongannya.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan
Walaupun cara membuat meringue terkesan mudah dan gampang  namun dessert yang satu ini merupakan salah satu kue yang gampang-gampang susah untuk mendapatkan hasil maksimal. Bisa saja kurang kenyal dan teksturnya tidak lembut. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kue cantik yang satu ini :

Jangan sampai ada tumpahan kuning telur atau cangkang telur ke dalam adonan putih telur pada saat pemisahan.

Agar puncak atau ujung kue meringue terlihat kaku jangan menuangkan gula pasir keseluruhan pada saat yang sama lakukan perlahan akan benar-benar tercampur pada saat di kocok.

Dan pastikan suhu oven tidak terlalu panas sehingga puncak atau muncung meringue tetap dalam tekstur lembab.

Meringue Dessert Sederhana Dan Lezat

Ternyata kue meringue adalah kue yang sangat mudah dibuat dan bahannya juga sangat mudah di cari. Informasi diatas sangat membantu para ibu rumah tangga untuk mengganti menu makanan bagi keluarga. Selain mudah kue meringue juga camilan sehat karena mengandung protein sangat cocok untuk asupan anak-anak yang aktif.

Cara membuat meringue di atas sangat lengkap dan tentunya akan memberikan informasi yang berbeda tentang kue meringue. Selamat mencoba dan berkreasi membuat kue meringue dessert sederhana dan juga lezat.

 

Cara Membuat Muffin Yang Mudah Serta Bahan Dan Alatnya

Cara Membuat Muffin Yang Mudah Serta Bahan Dan Alatnya

kue muffin bahan membuat

Cemilan yang itu-itu saja tentunya akan membuat bosan, maka dari itu saat ini toko kue menyediakan cukup banyak macam jenis kue salah satunya adalah Muffin. Kue ini populer karena terkenal dengan rasanya yang enak, banyak variasinya dan juga mengenyangkan. Namun harga yang dibandrol untuk kue ini tidaklah murah, sehingga jika keseringan membelinya tentu akan membuat kantong menjerit. Untuk itu tidak ada salahnya mencari tahu cara membuat Muffin sehingga bisa dibuat sendiri.

Bahan Membuat Muffin
Untuk membuat Muffin yang enak dan lezat tentunya memerlukan beberapa bahan yang wajib ada. Dimana bahan-bahan ini menunjang untuk rasa Muffin jika telah matang. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk mempraktekkan cara membuat Muffin yang enak:

1. Bahan Utama Membuat Kue Muffin

Dalam membuat Muffin tentunya memerlukan beberapa bahan yang harus ada, yang pertama dan sangat menunjang rasa Muffin adalah bahan utama ini. Berikut bahan utama pembuatan Muffin yang wajib ada:
Tepung terigu cakra sebanyak 160 gram
Susu bubuk sekitar 2 sdm
Lalu coklat bubuk sebanyak 50 gram
Soda kue sebanyak setengah sdt
Lalu terakhir susu bubuk 2 sdm

2. Bahan Lainnya
Selain bahan utama ada juga beberapa bahan lainnya yang tentu juga harus ada dalam pembuatan Muffin. Dimana bahan-bahan ini tidaklah sulit untuk ditemui karena di jual pada pasar baik tradisional dan modern. Berikut bahan lainnya yang harus dipersiapkan:
Telur 3 butir
Gula palem sebanyak 125 gram
Lalu susu cair sebanyak 300 ml (dingin)
Air jeruk lemon sebanyak 1 sdm
Garam halus sebanyak setengah sdt
Terakhir minyak sayur sebanyak 100 ml

3. Topping Pelengkap
Selain bahan utama dan bahan lainnya yang telah diterangkan di atas tentunya untuk membuat Muffin semakin lezat serta nikmat juga memerlukan beberapa bahan untuk dijadikan topping. Berikut topping pelengkap untuk membuat Muffin:
Choco Chips
Kacang almon (Iris Tipis)
Serta bahan lainnya sesuai selera

Alat-Alat Untuk Membuat Kue Muffin

Selain bahan diperlukan juga beberapa alat untuk membuat Muffin, perlu diketahui Muffin sendiri tidak seperti bolu atau kue pada umumnya. Untuk itu diperlukan beberapa alat mulai dari yang standar digunakan untuk membuat kue dan ada juga khusus untuk Muffin.

Berikut alat-alat untuk membuat Muffin yang harus dipersiapkan :

Kocokan Atau Mixer. Ini merupakan alat yang wajib ada untuk membuat Muffin atau membuat kue lainnya. Untuk pembuatan Muffin tidak perlu mixer khusus, masih bisa dibuat dari kocokan biasa saja. Kocokan berguna mencegah matangnya bahan sebelum dipanggang. Untuk itu pastikan saat mengocok telur jangan terlalu over.

Loyang Muffin. Untuk membuat Muffin tentunya loyang yang dibutuhkan adalah loyang khusus. Dimana loyang Muffin standarnya memiliki 12 lubang. Untuk itu jika tidak memiliki loyang, tidak akan bisa membuat Muffin yang sempurna. Bahan yang sempurna untuk loyang adalah yang terbuat dari tembaga, baja, kuningan dan besi cor dan yang terburuk berbahan alumunium.

Alat Ukur. Dalam pembuatan kue baik itu Muffin atau kue lainnya tentu memerlukan takaran yang baku untuk semua bahan, karenanya alat ukur sangatlah diperlukan. Sehingga pembuatan Muffin akan sesuai dengan takaran bahan yang dijelaskan di atas.

Oven. Oven adalah alat yang wajibada dalam pembuatan berbagai macam kue kecuali jenis kue kukus. Untuk pembuatan kue Muffin tidak memerlukan oven khusus, oven biasa sajapun dapat digunakan.

Cara Membuat Muffin Yang Baik Dan Benar

Setelah semua bahan dan alat telah disiapkan barulah saatnya mempraktekkan cara membuat Muffin. Dimana setiap langkahnya harus dipahami dengan benar sehingga Muffin yang dihasilkan akan memuaskan. Berikut langkah membuat muffin yang baik dan benar:

1. Pencampuran Bahan Utama
Langkah awal pembuatan Muffin adalah dengan mencampurkan seluruh bahan utama yang telah disiapkan. Lalu ayak semua bahan yang ada, proses pengayakan ini bertujuan agar tidak ada bahan-bahan yang menggumpal dan tentu akan mempengaruhi rasa Muffin. Setelah ayakan selesai masukanlah toping seperti choco chips, almond yang telah diiris tipis dan bahan toping lainnya. Bahan topping ini nantinya akan memberikan sensasi renyah saat Muffin dimakan.

2. Pencampuran Bahan Lainnya
Setelah bahan utama telah selesai diolah barulah siapkan kembali susu beserta gula palem dan aduk hingga larut. Setelah tidak ada yang menggumpal dan telah larut sempurna, masukan bahan ini ke wadah dan mix sebentar bersama telur. Baru setelah itu masukan adonan utama dan aduk hingga semua merata. Barulah terakhir masukan minyak sayur (bisa diganti mentega), perasan jeruk lemon dan juga garam, aduk.

3. Pencetakan Adonan Pada Loyang
Setelah semua bahan siap barulah siapkan loyang Muffin yang telah disediakan. Siapkan kertas Cup Cake untuk ditaruh di atas loyang. lalu masukan perlahan adonan pada loyang. Untuk adonan yang dimasukkan pada loyang pastikan tidak terlalu penuh, cukup tigaperempat loyang saja, karena nantinya adonan akan mengembang.

4. Pemanggangan
Setelah semua Muffin telah dimasukkan pada loyang barulah siap ke tahap terakhir yaitu pemanggangan. Atur oven dengan suhu sekitar 180° c, lalu masukan loyang yang berisi adonan dan panggang. Untuk waktu pemanggangan sekitar 30 menit saja hingga Muffin berubah warna menjadi coklat pekat.

Itulah hal yang harus dipersiapkan untuk mempraktekkan cara membuat Muffin di rumah. Dengan membuat Muffin sendiri di rumah selain menghemat tentu juga mampu menjamin kualitas semua bahan. Selain itu dapat makan sepuasnya Muffin yang tentu mengenyangkan.

Baca Juga Informasi Lainnya Tentang Kue Kering

Peralatan Membuat Kue Bolu Keju Beserta Bahan Dan Caranya

Cara Membuat Kue Nastar Dan Bahan-Bahan Yang Harus Dipersiapkan

Peralatan Membuat Kue Bolu Keju Beserta Bahan Dan Caranya

 

Cara Membuat Kue Nastar Dan Bahan-Bahan Yang Harus Dipersiapkan

kue kering nastar

Harga kue kering seperti nastar saat ini harganya cukup mahal per toplesnya. Hal itu tentunya jika tidak diakali akan membuat pengeluaran membengkak. Untuk itu cara mudah mengatasinya yaitu dengan tahu cara membuat kue nastar. Sehingga hanya perlu membeli bahan dan mempersiapkan alat dan kue kering dapat dibuat sendiri di rumah. Dengan membuat kue nastar sendiri tentunya selain hemat bahan juga terjamin kualitasnya.

Bahan Membuat Kue Nastar

Kue kering memang memiliki begitu banyak macamnya, namun kue kering yang menjadi favorit adalah kue nastar. Dimana kue ini memang memiliki rasa khasnya sehingga digemari oleh berbagai macam orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah bahan.

Untuk membuat kue nastar diperlukan beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Berikut bahan-bahannya:

1. Bahan Dasar
Untuk mempraktekan cara membuat kue nastar ada beberapa macam bahan yang harus dipersiapkan. Dimana bahan pertama menyiapkan bahan dasar yang menjadi pokok membuat kue nastar. Berikut bahan dasar yang wajib ada dalam membuat kue nastar hingga kue nakstar menjadi nikmat:
Tepung terigu protein rendah sebanyak 300 gram
Lalu maizena sebanyak 5 sdm
Telur 2 butir diambil kuningnya saja
Susu bubuk sebanyak 1 sachet
Gula halus sebanyak 4 sdm
Margarin sebanyak 250 gram
Terakhir garam sebanyak seperempat sdt

2. Bahan Untuk Selainnya
Nastar terkenal akan isian selainnya yang enak, khas dan berbeda dari jenis kue kering lainnya, dimana tentunya pembuatannya tidak bisa asal-asalan. selain ini nantinya sangatlah berpengaruh untuk rasa nikmat pada kue nastar. Berikut bahan untuk membuat selai isian nastar:
Siapkan sekitar 4 buah nanas madu yang telah matang (haluskan)
Lalu siapkan gula pasir (sesuai selera hanya untuk menambah rasa manis saja)
Kayu manis 2 ruas
Cengkeh sebanyak 5 buah
Terakhir garam sesuai selera

3. Bahan Olesan
Selain bahan dasar dan bahan selai, dalam membuat kue nastar juga diperlukan bahan olesan sehingga membuat kue nastar menjadi lebih menarik. Dimana dengan menggunakan bahan olesan ini bagian atas kue nastar akan terlihat hidup. Berikut bahan olesan dalam membuat kue nastar:
1 buah telur ambil kuningnya saja
Susu cair 1 sdm
Terakhir madu 1 sdm

Cara Membuat Kue Nastar

Setelah semua bahan telah siap, barulah ke langkah terakhir yaitu cara membuat kue nastarnya. Semua langkah pada cara ini harus diikuti dengan baik sehingga hasil yang didapat tidak akan mengecewakan dan sesuai dengan harapan. Berikut ini langkah yang harus dipahami untuk membuat kue nastar yang enak:

1. Pembuatan Selai Untuk Isian
Jika membeli nanas yang telah dihaluskan di pasar tentu akan lebih mempermudah, namun menghaluskannya sendiri pun tidaklah sulit. Pertama nanas yang telah dikupas dan dibuang matanya lalu dicuci bersih. Untuk menghaluskan nanas dapat menggunakan 2 cara, yaitu jika ingin halus sekali dapat menggunakan blender namun jika ingin yang sedikit berserat dapat menggunakan serutan keju saja.

Nanas yang telah dihaluskan diletakkan di wadah dan biarkan sebentar hingga mengental, lalu setelah itu masukan kayu manis gula, cengkeh dan garam secukupnya. Masak nanas hingga mengental dan berwarna coklat. Terakhir nanas yang telah dingin dapat dibentuk bulat (ukuran dapat disesuaikan dengan selera).

2. Pembuatan Adonan Awal
Untuk langkah pertama pembuatan adonan kue nastar cukuplah mudah, yaitu dengan mencampurkan margarin dan gula halus terlebih dahulu, aduk selama kurang lebih 3 menit. Lalu barulah masukan kuning telur secara perlahan-lahan dan aduk kembali semua bahan hingga rata.

3. Pembuatan Adonan Akhir
Setelah adonan awal telah tercampur rata barulah menuju cara membuat kue nastar selanjutnya. Pertama tepung terigu, maizena dan susu bubuk diayak, barulah setelah itu masukan ke dalam adonan awal. Pencampuran tepung yang telah diayak harus dilakukan perlahan dan sedikit demi sedikit. Jika adonan terasa telah berat, aduk dengan menggunakan tangan hingga semua benar-benar tercampur.

4. Tahap Pengisian Dan Pengolesan
Setelah pembuatan adonan telah selesai barulah ke tahap selanjutnya yaitu pengisian selai nastar. Ambil sedikit adonan nastar sesuai selera (tetapi jangan terlalu banyak) sedikit pipihkan adonan lalu isikan dengan selai nanas yang telah dibentuk bulat. Lakukan hingga semua bahan telah habis. Tearkhir bahan olesan dicampur pada wadah dan siapkan kuas untuk mengoles pada permukaan nastar yang telah selesai dibentuk.

5. Tahap Pemanggangan Adonan Kue Nastar
Tahap akhir dalam pembuatan kue nastar adalah dengan memanggang adonan yang telah diisi, dibentuk dan dioles tadi. Atur suhu panggangan sekitar 160° c, panggang hingga kue nastar berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Barulah setelah itu angkat kue nastar dan dinginkan. Kue nastar enak siap menjadi cemilan.

Itulah cara membuat kue nastar yang enak dan nikmat. Dimana bahan dan cara membuat harus benar-benar diperhatikan sehingga hasil akan memuaskan. Untuk membuat kue nastar awet dan tidak bulukan (berjamur), usahakan setelah kue dingin simpan di dalam wadah yang kedap udara dan tidak lembab. Sehingga kue akan tahan dalam waktu yang cukup lama.

 

Baca Info Lainnya Tentang Kue Kering

Peralatan Membuat Kue Bolu Keju Beserta Bahan Dan Caranya

Penyebab Dan Obat Herbal Alergi Dingin Yang Dapat Dijadikan Referensi

alergi dingin

Alergi memang dapat disebabkan oleh apa saja, mulai dari makanan, virus bahkan cuaca. Salah satu yang sedang banyak menimpa saat ini adalah alergi dingin yang dapat memberikan rasa gatal dan juga ruam pada kulit. Terkadang untuk ke dokter rasa malas sering muncul karena menganggap enteng alergi ini. Untuk itu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan obat herbal alergi dingin yang sudah banyak tersedia saat ini.

Penyebab Alergi Dingin Muncul

Terkadang banyak orang tidak sadar akibat dari ruam dan rasa gatal pada tubuh, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa itu adalah alergi akibat dingin. Penyebab alergi saat dingin  terjadi karena virus dan juga penyakit keturunan bukan karena makanan. Dimana tubuh penderita alergi ini memiliki sel kulit yang sensitif sehingga alergi pun muncul hanya karena dingin. Jika dibiarkan rasa gatal, ruam dan juga panas akan semakin meningkat.

Obat Herbal Alergi Dingin Yang Dapat Dicoba

Alergi dingin memang memiliki efek yang tidak terlalu parah dan memang sering disepelekan namun jika didiamkan terkadang akan parah dampaknya. Jika cuaca dingin atau keadaan sekitar memiliki suhu dingin yang berlebih tentu saja dampaknya akan lebih besar. Untuk itu jika tidak sempat ke dokter ada baiknya mencoba membuat sendiri obat herbal. Berikut obat herbal alergi dingin yang dapat dicoba dan dijadikan referensi:

1. Obat Herbal Dari Air Kelapa Muda

Air pada kelapa muda memang terkenal mampu membersihkan racun yang berkadar ringan, salah satunya adalah alergi dingin. Dengan mengonsumsi air kelapa muda akan membuat toksin keluar dari tubuh sehingga gejala alergi seperti ruam, panas dan juga gatal akan berkurang.

2. Obat Herbal Alergi Dingin Dari Madu

Madu dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit pada tubuh, dimana sistem kekebalan tubuh akan lebih meningkat jika mengonsumsi madu. Perlu diingat bahwa madu tidak perlu dimasak dan dapat dikonsumsi langsung. Semua itu agar khasiat yang terkandung tidak berkurang. Bisa dengan mencampur madu dengan air hangat saja, obat herbal alergi dingin ini terpercaya ampuh.

Namun dapat juga langsung mengonsumsi madu tanpa air hangat setiap hari sebanyak 1 hingga 2 sdm saja sebanyak 2 hingga 3 kali. Tidak akan ada masalah jika mengonsumsi madu lebih banyak lagi karena itu justru akan membuat daya tahan tubuh meningkat. Dimana tentunya akan membuat dampak dari alergi berkurang.

3. Obat Herbal Dari Jeruk Nipis

Biasanya jeruk nipis digunakan sebagai obat batuk namun sebenarnya dapat juga mengatasi alergi dingin yang terjadi. Obat herbal alergi dingin ini tidak boleh dikonsumsi untuk penderita asam lambung karena akan membuat asam lambung meningkat. Namun untuk yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut tidak ada salahnya mencoba. Dimana cara membuatnya mudah, hanya perlu mencampurkan air hangat dengan air perasan jeruk nipis. Cukup diminum setiap hari hingga beberapa bulan secara rutin akan membuat alergi semakin berkurang.

4. Obat Herbal Dari Bawang Merah

Dalam bawang merah terdapat kandungan Quercetin yang mampu meminimalisir akibat dari alergi dingin. Alergi dingin yang dibiarkan terkadang akan membuat penderita sulit bernafas. Selain itu ada kandungan lain yaitu antihistamin yang dapat membuat pernafasan menjadi lebih lega.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan cara mengiris bawang merah dan memasukannya pada air lalu diamkan air tersebut selama setengah hari. Untuk membuat rasa lebih enak akan lebih baik jika ditambahkan dengan madu juga. Air bawang merah ini dapat bertahan selama 4 hari jika disimpan pada lemari es.

5. Obat Herbal Dari Cuka Sari Apel

Sejak dahulu cuka sari apel dikenal mampu menurunkan kolestrol namun ternyata bukan hanya itu saja khasiatnya. Dimana cuka sari apel juga dapat menurunkan gejala alergi dingin. Cara untuk menggunakan cuka sari apel cukup mudah, hanya perlu menambahkan dengan air baru setelah itu baluri pada tubuh yang beruam. Bahkan untuk hasil yang lebih baik, cuka sari apel dapat dicampur pada air saat mandi.

6. Obat Herbal Dari Uap Air Garam

Tidak semua garam dapat digunakan sebagai obat herbal alergi dingin yang berkhasiat dan ampuh, haruslah dengan garam yang tidak bersodium. Dimana caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan air panas yang telah dimasukkan garam. Lalu biarkan uap keluar, lalu hirup uap yang muncul yang akan membuat dampak alergi berkurang.

7. Obat Herbal Dari Jahe

Jahe memang terkenal akan keampuhannya mengatasi berbagai jenis penyakit, namun perlu diketahui bahwa mengonsumsi jahe tidak boleh berlebihan. Jika takaran sesuai makan alergi mulai dari makanan hingga karena dingin pun dapat terobati.

Cara membuatnya cukup mudah, dimana hanya perlu menyiapkan seruas jahe lalu jangan lupa dikupas dan dibersihkan. Lalu letakkan jahe pada sebuah wadah dan siram air panas di dalamnya. Setelah 10 menit obat herbal dari jahe sudah dapat dikonsumsi. Jika merasa hambar dan ingin ditambahkan pemanis ada baiknya tambahkan saja madu. Jangan menggunakan gula apa lagi pemanis buatan, cukup minum secara teratur hingga alergi menghilang.

Itulah hal mengenai obat herbal alergi dingin yang dapat dijadikan referensi. Dengan mengetahui beberapa hal diatas tentu akan membantu mengatasi masalah akibat alergi. Dimana alergi dingin atau penyakit lainnya tidaklah boleh disepelekan mau sekecil apapun dampaknya.

Baca Informasi Lainnya Tentang Obat Herbal

Macam Macam Obat Herbal Ambeien yang Bisa Dicoba Di Rumah

 

Jenis Teh Diet Yang Alami Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Aman Dikonsumsi

 

Inilah 7 Cara Minum Teh Hijau Agar Cepat kurus Yang Patut Dicoba

teh hijau untuk membakar lemak

Banyak yang tidak tahu bahwa teh hijau dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, bagi yang sedang menjalani program diet teh hijau ini sangat cocok sekali dikonsumsi secara rutin. Namun agar teh hijau ini benar-benar manjur membuat tubuh cepat kurus, ada caranya tersendiri. Adapun 7 cara minum teh hijau agar cepat kurus yang bisa dicoba adalah sebagai berikut :

  1. Minum Teh Hijau Dalam Keadaan Hangat           
    Cara minum teh hijau agar cepat kurus yang pertama adalah minum teh hijau dalam keadaan hangat. Meminum teh hijau dalam keadaan hangat dipercaya dapat mempercepat kurus lebih cepat. Dengan begitu, maka proses diet pun akan lebih cepat dibanding dengan meminumnya dalam keadaan dingin.

    Jika ingin meminum teh hijau dalam keadaan hangat, maka usahakan menyeduhnya dengan suhu sebesar 80 sampai 90 derajat. Tunggulah beberapa menit lalu minum teh hijau sampai habis. Usahakan menghindari campuran teh hijau dengan menggunakan es batu. Karena mencampur teh hijau dengan es batu akan mengurangi khasiat dari teh hijau itu sendiri.

  2. Minum Teh Hijau Secara Rutin 3 Sampai 4 Kali Sehari
    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan teh hijau diminum secara rutin 3 sampai 4 kali sehari. Sedangkan teh hijau sendiri sangat baik diminum setelah selesai sarapan. Karena jika teh hijau diminum dalam perut kosong dapat merangsang produksi asam yang ada di dalam lambung.

    Selain itu, minumlah teh hijau saat siang hari. Karena jika teh hijau diminum saat siang hari dapat menyegarkan tubuh serta pikiran setelah menjalankan aktivitas seharian penuh. Dan waktu terakhir yang bagus untuk minum teh hijau adalah saat selesai makan malam. Dengan minum teh hijau secara rutin di waktu tersebut, maka program diet pun akan berjalan lancar.

  3. Setelah Selesai Olahraga
    Selain ke dua cara di atas, cara yang baik minum teh hijau untuk program diet adalah setelah selesai olahraga.  Karena lemak yang ada di dalam tubuh dapat dihancurkan oleh senyawa aktif yang ada di dalam teh hijau.

    Selain itu teh hijau ini pun mengandung senyawa epigalokatekin galat, yakni senyawa anti oksidan yang mampu menghambat enzim yang memecahkan hormon norepinefrin. Hormon norepinefrin  sendiri merupakan salah satu hormon yang mampu mengirim sinyal untuk menghancurkan lemak yang akan dipindahkan ke dalam darah.

    Minum teh hijau saat sedang berolahraga pun dapat membantu proses hidrasi di dalam tubuh. Saat berolahraga sendiri, tubuh mengalami ancaman dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Dengan adanya teh hijau, maka dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

  4. Tidak Mencampurkan Apapun Pada Teh Hijau
    Apabila sedang menjalankan program diet, maka sebaiknya tidak menambahkan campuran apapun pada teh hijau tersebut. Karena teh hijau yang dicampurkan dengan susu, jeruk nipis, atau madu sangat tidak disarankan sekali bagi yang sedang menjalankan program diet. Penambahan beberapa bahan tadi bisa meningkatkan kandungan kalori yang ada di dalam teh itu sendiri. Jadi ada baiknya jika tidak dicampur dengan bahan lainnya.

  5. Mengonsumsinya Sebagai Penahan Lapar
    Cara minum teh hijau agar cepat kurus selanjutnya adalah mengonsumsinya sebagai penahan lapar. Jika mempunyai kebiasaan snacking sebelumnya saat program diet, maka dari sekarang hindarilah. Cara ini sendiri sangat bagus sekali bagi yang ingin menjalankan program diet. Jika dirasa sudah mulai terasa lapar sebelum jam makan siang atau jam makan malam, maka segeralah minumlah secangkir teh hijau untuk sekedar mengganjal perut saja.

    Teh hijau sendiri mampu menunda lapar meskipun tidak terlalu mengenyangkan seperti minum susu dan lain sebagainya. Namun diet menggunakan teh hijau sebagai penahan lapar ini memang sangat ampuh dan sudah terbukti. Jadi menahan lapar menggunakan cara ini sangat dianjurkan sekali.

  6. Hindari Minum Teh Hijau Sebelum Tidur
    Meskipun teh hijau mengandung kafein namun tidak sebanyak kandungan di dalam kopi, tetap saja kandungan kafein tersebut membuat susah untuk tidur. Jadi jika usahakan jangan meminum teh hijau jika hendak tidur, usahakan minum teh hijau kurang dari 2 jam sebelum tidur. Maka dari itu, hindarilah minum teh hijau sebelum tidur agah terhindar dari insomnia.

    Jika tubuh kurang tidur, maka justru akan menghambat proses metabolisme di dalam tubuh sehingga pembakaran lemak pun tidak akan berjalan optimal. Maka dari itu, yang baik minum teh hijau adalah setelah makan bukan sebelum tidur. Dengan begitu, program diet pun akan berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

  7. Jadikan Kebiasaan Sehari-Hari
    Cara minum teh hijau agar cepat kurus yang terakhir adalah jadikan minum teh hijau menjadi kebiasaan sehari-hari. Meskipun cara ini akan sulit untuk dilakukan, namun jika dilakukan secara terus menerus program diet pun akan berhasil dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

    Bagi yang ingin menjalankan program diet dengan hasil yang maksimal, maka tidak ada salahnya mencoba cara minum teh hijau agar cepat kurus seperti di atas. Dengan melakukan cara tersebut, program diet pun akan berhasil dan mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.
  8.  

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Herbal dan Diet

Penyebab Dan Obat Herbal Alergi Dingin Yang Dapat Dijadikan Referensi