Buang Angin dari Vagina saat Berhubungan Intim

Pernahkah Anda mengalami buang angin dari vagina saat berhubungan intim dengan suami? Bagaimana reaksi Anda dan suami ketika mendengar hal itu? Dalam beberapa kasus, vagina sering mengeluarkan angin seperti kentut saat berhubungan intim. Namun, buang angin dalam hal ini tentu saja berbeda dengan buang angin melalui anus karena buang angin dari vagina tidak memiliki bau.

Buang Angin dari Vagina saat Berhubungan Intim

Sebenarnya, kasus buang angin dari vagina bukan masalah baru di dunia kedokteran. Keluarnya gas dari vagina dinamai dengan vaginal flatulence. Vaginal flatulence umumnya dialami seorang wanita saat melakukan aktivitas seksual. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bukan sesuatu yang membahayakan meskipun sedikit menurunkan hasrat seksual pasangan.

Apa Penyebab Buang Angin dari Vagina?

Buang angin dari vagina saat berhubungan intim umumnya dialami wanita yang sudah pernah melahirkan secara normal. Berikut ini merupakan beberapa penyebab buang angin dari vagina saat berhubungan intim.

  1. Setelah melahirkan otot-otot pada vagina akan mengalami pengenduran sehingga lubangnya akan lebih besar dan memicu masuknya udara saat proses penetrasi.
  2. Posisi bercinta tertentu akan memicu berkumpulnya udara pada rongga vagina akibat gerakan penetrasi yang sama seperti memompa.
  3. Ukuran penis yang tidak seimbang dengan rongga vagina sehingga memicu keluarnya udara melalui rongga sempit hingga terdengar seperti kentut.
  4. Berkurangnya kekencangan vagina sehingga menimbulkan bunyi seperti buang angin saat melakukan penetrasi.

Itulah beberapa penyebab terjadinya buang angin dari vagina. Hal ini sangat mungkin terjadi pada wanita yang sudah mengalami persalinan secara normal. Terlebih, jika otot-otot panggulnya sudah bebar-benar lemah. Semakin sering melahirkan, semakin berkurang pula kekencangan vagina. Jadi tidak perlu khawatir karena buang angin dari vagina merupakan proses normal.

Bagaimana Mengatasi Buang Angin dari Vagina?

Bagi Anda yang sering terganggu keintimannya akibat mengalami buang angin dari vagina, sebaiknya tidak perlu panik karena hal ini bisa diatasi. Pada dasarnya, otot vagina yang sudah mengendur akibat persalinan tidak bisa pulih seratus persen. Namun, ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk melatih otot panggul serta mengencangkan vagina.

Senam kegel merupakan salah satu jenis latihan yang dapat membantu mengencangkan otot vagina sehingga meminimalisasi buang angin dari vagina. Caranya, tahan atau cengkramkan otot vagina selama 7 hingga 10 hitungan, lalu lepaskan. Lakukan latihan ini secara rutin minimal 15 menit setiap bangun tidur untuk mengembalikan kekencangan otot vagina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu