Bunda Bekerja? Ini Dia Tips dalam Mengasuh Bayi Kesayangan

Sang bunda merupakan wanita pekerja? Hampir semua wanita di zaman modern merupakan pekerja. Jadi jangan pernah meremehkan ketika ada wanita pekerja dan tetap bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya. Namun, tidak sedikit wanita yang bekerja tersebut memiliki rasa bersalah pada bayinya yang harus ia tinggalkan di rumah.

Tetapi, ketika bunda bisa melakukan sejumlah tips di bawah ini, maka hal yang bunda khawatirkan akan sedikit berkurang, apalagi rasa bersalah tidak bisa menjadi ibu yang baik bagi anak-anak di rumah. Ada sejumlah cara yang bisa dipilih untuk mampu membesarkan bayi dengan tepat dan benar, meski bunda tetap bekerja di kantor.
Bunda tak harus meninggalkan pekerjaan bahkan karier di kantor, hanya karena pikiran-pikiran yang negatif karena tak bisa menjadi ibu yang baik bagi si buah hati. Adapun tips yang bisa dilakukan oleh para bunda yang bekerja adalah sebagai berikut.

  1. Harus bisa mengatur waktunya
    Jika bunda yang bekerja, memang beda rasanya jika dibandingkan ketika hanya ayah yang bekerja. Namun karena kebutuhan keluarga yang terus meningkat diiringi dengan melonjaknya harga semua barang. Bahkan bukan itu saja, biaya pendidikan dan kesehatan juga tak mau kalah, terus saja mengalami peningkatan.

    Jadi jika sang bunda seorang pekerja kantoran, mau memiliki jabatan ataupun tidak, maka bunda harus belajar untuk mengatur waktu dengan sempurna. Waktu dimana keluarga yang akan menjadi prioritas dalam menjalani kehidupan.
  2. Harus membuat penyimpanan ASI
    Bunda yang tahu dirinya akan di kantor ketika jadwal makan sang bayi, maka hal yang harus dilakukan adalah membuat bank ASI di rumah. Caranya mudah, bunda cukup memiliki sejumlah botol kaca untuk memasukkan ASI dan menyimpannya. ASI yang disimpan di dalam lemari es, biasa dipanaskan terlebih dahulu ketika bayi bunda menangis mencari makan.
    Jadi meski bunda bekerja, bayi masih tetap bisa mendapatkan ASI ekslusif tanpa harus mengganggu jadwal pekerjaan bunda di kantor. Cobalah, karena sebaik-baiknya susu formula, lebih baik ASI untuk proses tumbuh kembang bayi secara maksimal.
  3. Selalu menjadikan waktu pertemuan dengan akan adalah momen yang istimewa
    Jika bunda pekerja, maka waktu untuk bertemu bayi sangatlah terbatas. Maka disarankan bagi bunda pekerja, untuk menjadikan setipa pertemuan dengan bayinya menjadi momen yang istimewa. Hal ini dapat membantu terbentuknya hubungan batin antara anak dan ibu, meski pertemuannya begitu singkat setiap harinya.
  4. Percayakan anak pada orang tua
    Sebaik-baiknya orang yang akan menjadi pengganti bunda merawat bayi di rumah, yakni lebih baik memilih orang tua untuk membantu untuk merawat dan menjaganya selama bunda berada di kantor. Orang tua biasanya akan dengan senang hati, menerima tawaran untuk menjaga cucu mereka.

    Zaman modern tidak lagi membiarkan perempuan untuk terus tinggal di rumah, kecuali ketika wanita tersebut sudah memiliki komitmen yang lebih kuat terhadap keluarganya. Memiliki karier dan bekerja mungkin cita-cita yang mulia bagi setiap wanita, namun membantu suami untuk menambah penghasilan menjadi tanggung jawab si istri, agar anak-anak mereka nantinya akan mendapatkan pendidikan dan jaminan kesehatan yang baik demi mewujudkan masa depan mereka yang cerah.

    Memiliki anak merupakan lading ibadah bagi seorang wanita. Maka dari itu, jangan biarkan lading tersebut menjadi kering dan tandus, karena bunda tidak tahu bagaimana cara mengambil sikap untuk merawat bayi, ketika cuti melahirkan di kantor sudah hampir berakhir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu