Bunda, Yuk Simak Tips Menyusui Bayi Kembar Berikut Ini!

tips menyusui

Melahirkan satu anak saja sudah menjadi sebuah anugerah, lebih-lebih jika melahirkan dua bayi sekaligus, alias kembar. Tentunya, setiap anak harus mendapatkan ASI ekslusif demi pertumbuhan mereka. Tapi, bagaimana cara menyusui dua bayi sekaligus? Supaya tidak bingung lagi, yuk simak tips menyusui berikut ini!

  1. Anda bisa menyusui sambil menggendong bayi. Peluk salah satu bayi dengan menempatkan kepalanya di siku tangan, lalu condongkan kepalanya ke payudara sebelah kanan. Tahan bokong bayi dengan telapak tangan. Lakukan hal yang sama pada bayi yang lain dengan menempatkannya di payudara kiri.
  2. Anda bisa menyusuinya  dengan posisi menyangga. Tempatkan tangan di atas bantal atau pangkuan Anda. Sangga kepala bayi, leher, dan bahunya dengan telapak tangan, sembari mencondongkan mulutnya ke payudara. Biarkan kakinya berselonjor ke arah belakang.
  3. Menyusui dua bayi sekaligus? Kenapa tidak? Justru lebih menghemat waktu. Sanggalah kedua tubuh mereka dan condongkan ke masing-masing payudara. Sesekali, Anda bisa menukar posisinya agar memberi suasana baru bagi bayi.
  4. Amati, kira-kira posisi mana yang paling nyaman untuk Anda? Lalu, apakah bayi mau menyusu secara bersamaan atau individual? Kadang, setiap bayi ingin menyusu dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang 3 jam sekali, atau 2 jam sekali.
  5. Ada baiknya membeli bantal khusus untuk menyusui bayi kembar. Selain dapat menyokong tubuh bayi, Anda pun tidak terlalu pegal. Selain itu, bantal tersebut membantu memvariasikan posisi menyusui.

Setelah melahirkan, Anda harus langsung memberi mereka ASI. Paling tidak, lakukan 8-12 kali setiap hari selama 24 jam. Tujuannya agar produksi ASI menjadi stabil.  Semakin sering bunda menyusui, produksi ASI akan semakin meningkat.

Baca juga : 4 Hal yang Biasa Dilakukan Bayi Usia 2 Bulan

Bunda juga perlu memeras ASI sebagai cadangan apabila sewaktu-waktu harus meninggalkan rumah, bekerja kantoran misalnya. Penghuni rumah lainnya yang bertugas memberikan ASI tersebut pada bayi.

Sebaiknya peras ASI dari kedua payudara sekaligus sehingga merangsang kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak ASI. Anda dapat membeli benda tersebut atau sekadar menyewanya saja.

Selain memberikan ASI, sebaiknya kombinasikan juga dengan susu formula. Tapi, jangan sembarangan membeli, ya! Konsultasikan dulu dengan dokter untuk memilih susu formula yang paling cocok untuk bayi kembar Anda.

Jika Anda ragu apakah bayi meminum cukup ASI atau justru kurang, Anda bisa berkonsultasi pada laktasi atau dokter spesialis anak. Mereka bisa mengetahuinya dengan menimbang berat badan bayi. Biasanya, bayi yang baru lahir kehilangan 5-9 persen dari berat badan mereka. Tapi, berat badan akan kembali normal di usia dua minggu.

Semoga tips menyusui bayi kembar pada artikel ini dapat bermanfaat. Anak adalah anugerah yang tidak ternilai harganya. Jadi, nikmati semua proses menjadi seorang ibu. Mulai dari mengandung, melahirkan, menyusui, sampai merawat mereka hingga dewasa.

Info lain tentang merawat bayi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu