Cara Alami Menghilangkan Keputihan dengan Obat Herbal

Bagaimana cara alami menghilangkan keputihan? Bagi sebagian wanita, membicarakan tentang keputihan ini justru menjadi hal yang tabu dan memalukan. Itu memanglah wajar adanya karena tidak semua wanita dapat menceritakan keluhannya pada orang lain.

Namun perlu Anda ketahui bahwa keputihan dapat dikenali dengan mengetahui ciri-cirinya dengan benar. Bagaimana ciri dan cara mengatasi keputihan?

Cara Alami Menghilangkan Keputihan dengan Obat Herbal

Pengobatan keputihan ada yang menggunakan obat-obatan atau dengan cara alami menghilangkan keputihan. Cara inilah yang banyak diambil oleh para wanita karena cara ini tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Memang, dengan mengobati keputihan juga ada yang menggunakan obat-obatan sesuai dengan dokter, tetapi selagi bisa diobati dengan cara alami, mengapa tidak dicoba.

Gejala Keputihan

Keputihan pada wanita dapat menyerang siapa saja, mulai dari remaja sampai dengan wanita hamil, bahkan wanita yang sudah menopouse juga dapat terserang keputihan.

Keputihan dapat dikenali dengan gejala yang ditimbulkan oleh keputihan seperti cairan keluar berning dan tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak gatal.

Gejala ini merupakan gejala yang normal terjadi. Akan tetapi, jika gejala tersebut berbeda sebaliknya, maka itu pertanda keputihan yang berbahaya seperti cairan banyak dan berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, dan terasa gatal di sekitar organ intim wanita.

Gejala keputihan harus ditangani dengan segera agar tidak bertambah parah. Apabila gejala masih normal dapat dilakukan dengan cara alami menghilangkan keputihan, tetapi jika sudah parah, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter Anda.

Pengobatan Herbal

Pengobatan herbal atau alami dalam menghilangkan keputihan ini ada banyak sekali. Selain dapat dilakukan oleh sendiri, pengobatan alami ini juga mudah dan harganya cukup terjangkau karena berbahan alami dan mudah didapatkan oleh siapa saja.

Berikut ini adalah cara alami menghilangkan keputihan yang dapat dilakukan oleh wanita yang mengalami keputihan.

  1. Daun sirih merupakan obat tradisional yang paling ampun dan banyak digunakan oleh penderita keputihan karena daun sirih dapat menghilangkan gatal-gatal,infeksi, dan radang. Selain daun sirih, ada juga daun beluntas, daun ini adalah daun herbal yang dapat mengobati keputihan.
  2. Lidah buaya merupakan obat alami yang cukup manjur mengatasi keputihan karena mengandung vitamin C dan E serta memiliki antioksidan alami. Lidah buaya juga mengandung antijamur, antibakteri, dan antivirus.
  3. Daun sambiloto. Daun ini mengandung laktone, keton, alkane, flavonoid asam kesik, dan damar. Zat yang terkandung dalam daun sambiloto ini dapat mengurangi rasa sakit dan mengobati ketika keputihan terjadi.
  4. Kunyit dan temulawak juga dapat mengobati keputihan dengan alami dan aman.

Demikian sekilas tentang cara alami menghilangkan keputihan yang dapat dibahas dan semoga bermanfaat.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu