Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

menstuasi

Haid tidak teratur sering jadi masalah tersendiri bagi sebagian wanita. Keluhan ini sering juga disertai dengan munculnya keluhan lain seperti tidak lancer, sakit di bagian perut atau kram, dan sebagainya. Banyak wanita yang bertanya, apakah hal ini berbahaya atau tidak?

Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

Dalam artikel ini, penulis akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah haid tidak teratur. Haid tidak teratur merupakan sebuah kondisi ketika siklus haid tidak menentu setiap bulannya. Ada yang baru haid 2 hari, sudah berhent, tapi 2 hari berikutnya haid lagi. Ada juga yang terlambat haia hingga hampir dua minggu lamanya.

Sebenarnya, apa pemicu terjadinya haid tidak teratur ini? Pemicu haid tidak teratur bisa datang dari berbagai faktor seperti kelelahan, stress, pengaruh obat-obatan, kurang istirahat, menopause, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur ini?

Berikut ini beberapa ramuan yang bisa Anda buat untuk melancarkan haid yang tidak teratur.

• Wijen dan gula palem

Cara membuatnya, sangria wijen, lalu haluskan. Masukkan ke dalam gelas dan tambahkan gula palem secukupnya. Seduh dengan air hangat. Lalu minum.

• Pepaya

Cara meancarkan hadi tidak teratur dengan menggunakan papaya ini terbilng sangat mudah. Caranya, makanlah buah papaya setiap pagi atau sebelum tidur sebanyak 250 gram. Lakukan hingga haid datang.

• Jinten dan gula palem untuk melancarkan haid

Cara membuat ramuan ini yaitu dengan mendidihkan jinten bersama gula palem. Minum airnya jika sudah dingin. Anda juga bisa menggunakan minyak jinten yang dicampur dengan gula palem.

• Olahraga

Cara selanjutnya untuk mengatasi haid tidak teratur yaitu dengan berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin minimal 20 menit sehari. Anda bisa melakukan jogging, senam, yoga, dan sebagainya.

• Konsumsi omega 3 juga bisa membantu memperlancar datang bulan

Kandungan omega 3 juga ternyata dapat melancarkan siklus haid. Makanlah makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti salmon. Selain itu, lakukan diet menu sehat dan perbanyak makan makanan yang mengandung antioksidan.

• Pare

Bagi Anda yang suka makan sayur atau tumis pare, ini bisa menjaid cara untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Meskipun pahit, pare ternyata mmeiliki banyak manfaat untuk tubuh.

• Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga bisa membantu melancarkan haid tidak teratur. Hindari tidur terlalu larut yang bisa mengganggu kesehatan.

Itulah informasi tentang cara melancarkan haid tidak teratur. Semoga bermanfaat.

Informasi lainnya tentang menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu