Cara Membuat Kue Kering Bagea Yang Mudah dan Enak

kue bagea

Ingin membuat kue bagea tapi tidak tahu caranya? Tidak tahu juga bahannya? Mudah apa sulit ya membuat kue ini? Tidak perlu khawatir lagi, karena artikel ini akan membahas rasa penasaran mengenai kue kering bagea mulai dari asalnya, bahan dasar dan bahan pendukung lainnya serta prosedur atau cara membuat kue kering bagea. Yuk ikuti artikel ini untuk mengetahui apa itu kue kering bagea, apa saja bahannya, bagaimana cara membuat kue tersebut, serta tips dan trik membuat kue kering bagea.

Apa itu kue kering bagea? Bagaimana cara membuat kue kering  bagea ? Sebelum membahas lebih lanjut cara buat kue kering bagea, akan di bahas apa itu kue kering bagea.  Kue kering bagea merupakan kue kering atau camilan yang berasal dari Maluku Utara yaitu Ternate. Kue ini memiliki nama lain kue bagelen atau bageak gula merah wijen. Camilan ini banyak di sukai masyarakat Ternate terutama anak-anak. Selanjutnya langsung saja simak cara buat ku kering bagea. Berikut adalah cara buat kue kering dengan bahan utama tepung sagu atau biasa di sebut kue kering bagea.

Bahan-Bahan Membuat Kue Kering Bagea 

Adapun bahan-bahan yang di perlukan antara lain:

  1. Tepung sagu  kurang lebih 390 gram (sagu basah di jemur terlebih dahulu sampai kering. Kemudian sagu di ayak. Lebih praktis menggunakan sagu tani).
  2. Kacang tanah kurang lebih 95 gram
  3. Gula halus kurang lebih 200 gram
  4. Minyak sayur kurang lebih 90 ml
  5. Kacang kenari kurang lebih 95 gram
  6. Soda kue kurang lebih ¼ sendok teh
  7. Telur ayam kurang lebih 2 butir
  8. Kayu manis bubuk kurang lebih ½ sendok teh
  9. Kelapa sangrai kurang lebih 1 liter (2 kelapa setengah tua di parut kemudian di sangrai hingga warna kecoklatan. Lalu haluskan dengan menggunakan blender).
  10. Kenari cincang kurang lebih 200 gram
  11. Minyak goreng kurang lebih dua gelas

Langkah-langkah Membuat Kue Kering Bagea 

Setelah semua bahan sudah siap, berikut adalah cara buat kue kering bagea:

  1. Langkah pertama yaitu mengupas kacang tanah sampai bersih. Kemudian di sangrai dan di haluskan. Selanjutnya, sisihkan kacang tanah yang sudah di haluskan.
  2. Langkah kedua mengambil wadah yang yang lain untuk menghaluskan kacang kenari. Setelah itu, sisihkan kacang kenari yang telah halus.
  3. Langkah ketiga mengambil wadah dan masukkan telur ayam serta gula pasir. Campur kedua bahan tersebut sampai halus menggunakan mixer atau bisa juga memakai alternatif lain jika tidak ada mixer.
  4. Langkah ke empat menambahkan soda kue, minyak sayur, kayu manis dan tepung terigu sedikit demi sedikit. Lalu, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Langkah ke lima yaitu memasukkan kacang tanah dan kacang kenari yang telah halus. Aduk kedua bahan sampai kalis atau tercampur rata.
  6. Langkah ke enam membentuk adonan menjadi pipih menggunakan sendok makan dengan agak di tekan. Kemudian tata rapi di atas loyang. Sebelumnya loyang harus dialasi dengan kertas roti dan di olesi margarin. Bentuk adonan sampai adonan habis.
  7. Langkah ke tujuh memanaskan oven terlebih dahulu dengan suhu kurang lebih 160 derajat.
  8. Langkah ke delapan memasukkan loyang yang berisi adonan yang telah di bentuk ke dalam oven. Panggang kurang lebih 30 menit atau panggang sampai matang.
  9. Langkah ke sembilan mengangkat adonan yang telah di oven. Kemudian dinginkan secara alami.
  10. Jika adonan masih terasa lengket di kulit bisa di tambahkan tepung sagu sampai adonan kalis atau bisa juga di letakkan di kulkas kurang lebih 30 menit.
  11. Terakhir yaitu kue kering bagea mudah dan enak siap di santap bersama orang-orang tercinta.

Tips Membuat Kue Kering Bagea 

Adapun tips dan trik buat kue kering bagea mudah dan enak:

  1. Jika tidak ada gula pasir bisa di ganti dengan gula merah.
  2. Sagu tani bisa di gunakan jika tidak ada sagu asli.
  3. Sebelum dihaluskan, sagu kering harus dijemur hingga kering terlebih dahulu.
  4. Suguhkan kue sagu ini dengan minuman hangat supaya lebih mantap.
  5. Suguhkan kue kering spesial ini untuk orang-orang tercinta dan pada saat momen-momen berkumpul seperti lebaran, natal dan lain sebagainya.

Selayaknya kue salju, nastar dan kue kering lainnya, kue sagu ini juga kerap dicari pada saat acara besar seperti lebaran, natal dan lain sebagainya. Kue ini memiliki rasa yang nikmat dengan aroma kayu manis, teksturnya pun renyah. Adapun warna kecoklatan pada kue kering ini disebabkan karena tepung sagu asli.

Nah, itu lah cara membuat kue bagea mudah dan enak. Bagaimana? Mudah kan cara dan bahannya. Bahannya pun bisa di beli di supermarket maupun di pasar tradisional atau bisa juga di toko roti terdekat. Setelah mempraktekkan cara ini diharapkan pembaca dapat membuat kue bagea dengan mudah dan tidak ribet. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu