Cara Membuat Kue Kering Coklat Yang Mudah Tanpa Ribet

kue coklat kacang

Kue kering coklat seolah tak pernah absen baik di hari lebaran maupun di acara-acara tertentu. Warnanya yang menggoda membuat kue ini menjadi primadona baik di kalangan anak-anak maupun dewasa. Tak heran jika banyak yang mencari tahu cara membuat kue kering coklat ini. Terutama ibu-ibu yang ingin membuatkan camilan sehat untuk anaknya.

Baca juga : Jual Kue Kering Coklat

Pasalnya, membuat masakan sendiri terkesan lebih ekonomis dan higienis. Namun, jika membuat sendiri rasa dan takaran coklat dapat sesuai selera. Hasilnya, rasa kue tentunya pasti akan lebih enak. Berikut adalah cara pembuatan kue kering coklat spesial ini :

1. Persiapkan Alat Dan Bahan

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah alat dan bahan. Pertama-tama, siapkan 2 sdm mentega tawar dan 1 sdm gula pasir. Kemudian, siapkan juga 3 sdm gula palem, ¼ sdt ekstrak vanili dan 2 sdm coklat bubuk. Tidak lupa untuk menyiapkan 1 butir telur kocok.

Kemudian, siapkan juga 4 sdm tepung terigu, ¼ sdt soda kue dan coklat batangan. Khusus untuk coklat batangannya sendiri dapat pula dicincang, dipotong atau diparut sesuai selera. Ada dua tipe mangkok yang digunakan yakni mangkok untuk bahan kering dan mangkok untuk bahan basah. Mangkok basah lebih besar dari mangkok kering.

2. Campurkan Bahan Kering

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama tersebut, kini saatnya untuk mencampurkan bahan utamanya. Pertama, pisahkan wadah yang akan digunakan untuk bahan basah dan bahan kering. Kemudian, campurkan tepung terigu, coklat bubuk dan soda kue ke dalam wadah bahan kering. Lalu, aduk hingga merata dan pastikan bahwa semua bahan yang ada tercampur merata.

Jangan sampai ada satu bahan yang tidak tercampur sempurna. Hal ini akan sangat mempengaruhi rasa dan warna kue kering coklat nantinya. Cara membuat kue kering coklat ini memang harus hati-hati pengelompokan bahannya. Oleh karena itu, harus lebih jeli untuk memilih bahan apa saja yang merupakan bahan kering dan bahan basah.

3. Campurkan Bahan Basah

Setelah selesai mempersiapkan bahan kering, kini berpindah ke bahan basah. Siapkan satu buah mangkok atau wadah besar. Lalu, masukkan mentega tawar, gula palem dan gula pasir.

Kemudian, aduk semua bahan yang ada secara merata dengan menggunakan sendok atau spatula. Pastikan semua komponen yang ada tercampur sempurna dan merata.

4. Masukkan Telur Dan Vanili

Setelah semua bahan basah dimasukkan dan diaduk rata hingga menghasilkan tekstur yang creamy, kemudian masukkan telur. Kocok lepas telur dengan menggunakan sendok makan di mangkok besar. Kemudian, aduk merata hingga bercampur dan menyatu dengan semua bahan basah. Setelah itu, masukkan vanili agar bau kue itu sedap.

5. Campurkan Bahan Basah Dan Kering

Usai membuat bahan basah dan kering, kini campurkan bahan kering ke dalam bahan basah. Inilah alasan mengapa bahan basah menggunakan mangkok yang berukuran lebih besar. Aduk merata semua bahan kue kering coklat. Kemudian, masukkan coklat batang yang telah dipotong-potong atau dicincang. Aduk kembali semua bahan yang ada hingga merata.

Pastikan potongan coklat itu tersebar merata ke seluruh adonan kue. Meskipun semua bahan sudah dicampurkan, namun cara membuat kue kering coklat tidak berhenti sampai disini. Masih ada tahap cetak kue dengan bentuk sesuai dengan keinginan.

6. Bentuk Atau Cetak Adonan

Setelah semua bahan tercampur sempurna, kini tinggal mencetak adonan tersebut menjadi kue kering dengan bentuk lucu. Cara melakukannya yaitu dengan mengambil bagian dari adonan tersebut dengan menggunakan sendok teh. Namun, apabila ingin membuat kue dengan ukuran lebih besar, dapat pula menggunakan sendok makan.

Sebelum mulai mencetak dan meletakkan adonan kue ke atas loyang, berilah margarin ke atas loyang dahulu. Tujuannya adalah agar adonan tidak lengket dan melekat kuat pada loyang. Ulangi proses pencetakan yang sama dengan menggunakan sendok teh.

Lalu tata rapi semua adonan di atas loyang. Letakkan adonan di atas loyang secara bergantian dan berikan spasi. Hal ini bertujuan agar kue dapat mengembang sempurna nantinya.

7. Masukkan Ke Dalam Oven

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu kurang lebih 160 derajat Celcius. Kemudian, masukkan adonan di atas loyang ke dalam oven yang telah panas. Lalu, panggang adonan kue kering tersebut selama tiga puluh menit. Untuk membuat kue agar tidak gosong, jika menggunakan oven di atas kompor, kecilkan apinya.

Setelah menunggu tiga puluh menit dan kue telah matang, angkatlah kue kering coklat itu. Ciri kue yang matang yaitu bagian luar akan nampak kering. Namun, ketika kue itu dimakan, akan ada tekstur lembut dari dalam seperti biskuit.

Demikian cara membuat kue kering coklat spesial yang mudah dan tanpa ribet. Resep kue ini tentunya akan sangat membantu terlebih pada musim lebaran atau acara kumpul keluarga. Langkah-langkahnya sangat mudah untuk diikuti. Tak hanya itu, bahannya pun tidak terlalu banyak dan rumit.

Artikel Kue lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu