Cara Membuat Kue Nastar Dan Bahan-Bahan Yang Harus Dipersiapkan

cara membuat kue nastar

Harga kue kering seperti nastar saat ini harganya cukup mahal per toplesnya. Hal itu tentunya jika tidak diakali akan membuat pengeluaran membengkak. Untuk itu cara mudah mengatasinya yaitu dengan tahu cara membuat kue nastar. Sehingga hanya perlu membeli bahan dan mempersiapkan alat dan kue kering dapat dibuat sendiri di rumah. Dengan membuat kue nastar sendiri tentunya selain hemat bahan juga terjamin kualitasnya.

Bahan Membuat Kue Nastar

Kue kering memang memiliki begitu banyak macamnya, namun kue kering yang menjadi favorit adalah kue nastar. Dimana kue ini memang memiliki rasa khasnya sehingga digemari oleh berbagai macam orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah bahan. Untuk membuat kue nastar diperlukan beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Berikut bahan-bahannya:

1. Bahan Dasar

Untuk mempraktekan cara membuat kue nastar ada beberapa macam bahan yang harus dipersiapkan. Dimana bahan pertama menyiapkan bahan dasar yang menjadi pokok membuat kue nastar. Berikut bahan dasar yang wajib ada dalam membuat kue nastar hingga kue nakstar menjadi nikmat:

  • Tepung terigu protein rendah sebanyak 300 gram
  • Lalu maizena sebanyak 5 sdm
  • Telur 2 butir diambil kuningnya saja
  • Susu bubuk sebanyak 1 sachet
  • Gula halus sebanyak 4 sdm
  • Margarin sebanyak 250 gram
  • Terakhir garam sebanyak seperempat sdt

2. Bahan Untuk Selainnya

Nastar terkenal akan isian selainnya yang enak, khas dan berbeda dari jenis kue kering lainnya, dimana tentunya pembuatannya tidak bisa asal-asalan. selain ini nantinya sangatlah berpengaruh untuk rasa nikmat pada kue nastar. Berikut bahan untuk membuat selai isian nastar:

  • Siapkan sekitar 4 buah nanas madu yang telah matang (haluskan)
  • Lalu siapkan gula pasir (sesuai selera hanya untuk menambah rasa manis saja)
  • Kayu manis 2 ruas
  • Cengkeh sebanyak 5 buah
  • Terakhir garam sesuai selera

3. Bahan Olesan

Selain bahan dasar dan bahan selai, dalam membuat kue nastar juga diperlukan bahan olesan sehingga membuat kue nastar menjadi lebih menarik. Dimana dengan menggunakan bahan olesan ini bagian atas kue nastar akan terlihat hidup. Berikut bahan olesan dalam membuat kue nastar:

  • 1 buah telur ambil kuningnya saja
  • Susu cair 1 sdm
  • Terakhir madu 1 sdm

Cara Membuat Kue Nastar

Setelah semua bahan telah siap, barulah ke langkah terakhir yaitu cara membuat kue nastarnya. Semua langkah pada cara ini harus diikuti dengan baik sehingga hasil yang didapat tidak akan mengecewakan dan sesuai dengan harapan. Berikut ini langkah yang harus dipahami untuk membuat kue nastar yang enak:

1. Pembuatan Selai Untuk Isian

Jika membeli nanas yang telah dihaluskan di pasar tentu akan lebih mempermudah, namun menghaluskannya sendiri pun tidaklah sulit. Pertama nanas yang telah dikupas dan dibuang matanya lalu dicuci bersih. Untuk menghaluskan nanas dapat menggunakan 2 cara, yaitu jika ingin halus sekali dapat menggunakan blender namun jika ingin yang sedikit berserat dapat menggunakan serutan keju saja.

Nanas yang telah dihaluskan diletakkan di wadah dan biarkan sebentar hingga mengental, lalu setelah itu masukan kayu manis gula, cengkeh dan garam secukupnya. Masak nanas hingga mengental dan berwarna coklat. Terakhir nanas yang telah dingin dapat dibentuk bulat (ukuran dapat disesuaikan dengan selera).

2. Pembuatan Adonan Awal

Untuk langkah pertama pembuatan adonan kue nastar cukuplah mudah, yaitu dengan mencampurkan margarin dan gula halus terlebih dahulu, aduk selama kurang lebih 3 menit. Lalu barulah masukan kuning telur secara perlahan-lahan dan aduk kembali semua bahan hingga rata.

3. Pembuatan Adonan Akhir

Setelah adonan awal telah tercampur rata barulah menuju cara membuat kue nastar selanjutnya. Pertama tepung terigu, maizena dan susu bubuk diayak, barulah setelah itu masukan ke dalam adonan awal. Pencampuran tepung yang telah diayak harus dilakukan perlahan dan sedikit demi sedikit. Jika adonan terasa telah berat, aduk dengan menggunakan tangan hingga semua benar-benar tercampur.

4. Tahap Pengisian Dan Pengolesan

Setelah pembuatan adonan telah selesai barulah ke tahap selanjutnya yaitu pengisian selai nastar. Ambil sedikit adonan nastar sesuai selera (tetapi jangan terlalu banyak) sedikit pipihkan adonan lalu isikan dengan selai nanas yang telah dibentuk bulat. Lakukan hingga semua bahan telah habis. Tearkhir bahan olesan dicampur pada wadah dan siapkan kuas untuk mengoles pada permukaan nastar yang telah selesai dibentuk.

5. Tahap Pemanggangan Adonan Kue Nastar

Tahap akhir dalam pembuatan kue nastar adalah dengan memanggang adonan yang telah diisi, dibentuk dan dioles tadi. Atur suhu panggangan sekitar 160° c, panggang hingga kue nastar berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Barulah setelah itu angkat kue nastar dan dinginkan. Kue nastar enak siap menjadi cemilan.

Itulah cara membuat kue nastar yang enak dan nikmat. Dimana bahan dan cara membuat harus benar-benar diperhatikan sehingga hasil akan memuaskan. Untuk membuat kue nastar awet dan tidak bulukan (berjamur), usahakan setelah kue dingin simpan di dalam wadah yang kedap udara dan tidak lembab. Sehingga kue akan tahan dalam waktu yang cukup lama.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu