Cara Membuat Kue Sus Kering Yang Gurih Dan Renyah

kue sus enak

Kue sus merupakan kue kering yang banyak digemari orang dan sering ditemukan di berbagai acara. Pasalnya, kue renyah dan gurih ini ternyata mempunyai bahan utama berupa keju. Tak heran rasanya yang gurih ternyata tidak berasal dari garam. Cara membuat kue sus kering ini terbilang susah-susah gampang.

Lihat Produk : Jual Kue Kering

Hal ini karena, butuh kesabaran ekstra untuk membuat kue ini kering merata. Tidak hanya itu, kue sus yang kering merata ini tentunya akan lebih awet jika disimpan. Tidak hanya itu,  kerenyahannya juga akan tahan lama. Berikut adalah cara pembuatan kue sus keju kering yang gurih dan renyah :

1. Persiapkan Bahan Kue Sus

Kue sus mempunyai bahan-bahan yang terbilang dapat dengan mudah ditemukan. Tidak berbeda dengan kue kering lainnya, salah satu bahan kue sus ini adalah tepung terigu. Hal yang dipersiapkan pertama adalah 125 g tepung terigu, air matang 0,25 liter dan garam dapur.

Kemudian, ada pula tiga butir telur, keju cheddar 60 g, baking powder dan margarin 100 g. Untuk baking powder sendiri yang dapat digunakan yaitu cukup setengah sendok teh.

2. Campurkan Air, Margarin Dan Gula

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kini saatnya untuk mencampurkan air, gula dan mentega. Pertama-tama, siapkan wadah yang akan digunakan untuk merebus air. Kemudian, rebus air hingga mendidih lalu masukkan garam dapur dan margarin. Aduklah semua bahan sampai merata sempurna. Pastikan jika margarin menjadi cair dan tidak menggumpal.

Margarin akan memberikan warna lebih kuning ke kue kering ketika matang. Margarin disini sendiri, lebih baik menggunakan margarin yang telah dicarikan. Setelah margarin itu dicairkan, baru kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih.

3. Masukkan Tepung Terigu

Setelah campuran air, gula dan margarin tercampur rata, kecilkan api. Kemudian, sedikit demi sedikit masukkan 125 g tepung terigu ke dalam campuran tersebut. Aduklah merata hingga tepung terigu menjadi satu dengan adonan lainnya. Ulangilah langkah tersebut sampai adonan benar-benar kalis.

Apabila menemui adonan yang belum kalis, tambahkanlah tepung terigu lagi dan lagi. Aduklah adonan tersebut hingga seluruh bahan tercampur dan kalis. Cara membuat kue sus kering ini belum selesai disini. Adonan yang kalis akan membuat adonan tersebut tidak lengket. Akibatnya, adonan dapat dibentuk sempurna nantinya.

4. Masukkan Telur, Keju Dan Baking Soda

Masih pada api yang kecil, masukkan telur dan keju pada adonan yang telah kalis. Caranya adalah dengan memecahkan telur satu per satu. Kemudian, setelah satu telur dipecahkan ke atas adonan, telur itu dikocok hingga merata. Pastikan semua adonan yang ada tercampur telur.

Lalu, masukkan lagi telur lainnya dan kocok lagi telur tersebut dengan adonan. Lakukan proses tersebut ke semua telur yang ada. Aduk merata dan pastikan bahwa adonannya tercampur telur semua. Setelah itu, parut keju cheddar 60 g yang telah disiapkan. Masukkan parutan keju tersebut ke dalam adonan. Kemudian, aduk lagi merata.

Alangkah baiknya jika keju cheddar diparut sebelumnya, sehingga ketika telah menuangkan telur, langsung menuangkan keju parut. Lalu siapkan baking powder dan masukkan setengah sendok saja. Tujuannya adalah agar kue kering ini mengembang. Aduk lagi semua adonan hingga rata dan tercampur sempurna.

5. Cetak Adonan Di Atas Loyang

Kini tiba saatnya untuk membentuk adonan di atas loyang. Sebelumnya, pastikan bahwa seluruh cara membuat kue sus kering di atas telah dilakukan dengan benar. Pada tahap ini, ambillah loyang untuk memanggang sus ke dalam oven untuk kemudian diolesi dengan margarin. Pastikan seluruh permukaan loyang tertutup margarin.

Setelah itu, siapkan piping bag atau dapat juga dengan menggunakan plastik. Masukkan adonan kue sus ke dalam piping bag. Kemudian, semprotkan adonan tersebut kecil-kecil di atas loyang yang telah diolesi margarin. Antara satu adonan dengan lainnya wajib diberi spasi atau jarak.

Hal ini bertujuan untuk tidak menutupi roti sus satu sama lain ketika mengembang. Kue sus akan mengembang nantinya sehingga ukurannya akan lebih besar dari ukuran yang dicetak. Oleh karena itu, pemberian jarak ini sangat berpengaruh pada kue sus.

6. Masukkan Loyang Ke Oven

Memanggang kue sus tentunya berbeda dengan kue lainnya. Pasalnya, kue sus kering ini mempunyai tekstur yang kering dan renyah. Oleh karena itu, sebelum dimasukkan ke oven, panaskan oven dahulu dengan suhu kira-kira 185-190 derajat celcius. Setiap oven berbeda-beda sehingga suhu dapat disesuaikan dengan oven masing-masing.

Setelah oven sudah benar-benar panas, masukkanlah loyang adonan kue sus kering. Masaklah adonan selama 15 menit di dalam oven. Agar tidak gosong dan mengering sempurna, kecilkan suhu pada oven di angka 130 derajat celcius atau kecilkan api. Masak adonan kembali hingga matang dan warna yang dihasilkan yaitu kuning kecoklatan.

Setelah matang, keluarkan loyang dari dalam oven dan tunggulah dingin. Kemudian, kue sus kering kini siap disantap dan dimasukkan ke dalam toples.

Cara membuat kue sus kering sangat berbeda dengan membuat roti kering lainnya. Proses masak roti sus ini harus lebih hati-hati agar dihasilkan roti sus yang kering dan renyah. Apabila ingin membuatnya lebih gurih, dapat pula ditambahkan keju lebih banyak ke dalam adonannya.

Resep Kue Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu