Cara Mengatasi Bau Ketiak Saat Menstruasi

bau ketiak saat menstruasi

Jika Anda mengetahui cara mengatasi bau ketiak saat menstruasi, Anda tidak perlu takut bau badan Anda akan mengganggu orang-orang di sekitar. Percaya atau tidak, wanita yang mengalami menstruasi memiliki bau badan yang lebih tajam daripada biasanya. Hal ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan Charles University, Praha.

Hasil penelitian tersebut mengemukakan, sebagian besar jumlah responden laki-laki mengakui bahwa bau ketiak wanita saat menstruasi tidak sama seperti hari-hari biasa. Dalam hal ini, reponden mengatakan keringat wanita jadi berbau amis.

Baca juga : Menghilangkan Komedo dan Kulit Belang

Hasil penelitian tersebut kemudian dikembangkan dengan mencari tahu apa penyebab wanita mengalami perubahaan bau badan saat menstruasi. Ternyata, penyebab utamanya berada pada hormon tubuh wanita itu sendiri. Sama seperti wanita hamil, hormon wanita menstruasi mengalami ketidakstabilan.

Cara Mengatasi Bau Ketiak Saat Menstruasi

Saat menstruasi, wanita juga lebih gampang berkeringat. Sehingga disinilah kemudian bakteri-bakteri berkembang biak.  Oleh sebab itu, wanita harus pandai-pandai mencari cara mengatasi bau ketiak saat menstruasi datang.

Sebagai bahan informasi untuk Anda, berikut dipaparkan beberapa cara mengatasi bau ketiak bagi Anda yang sedang datang bulan.

Tingkatkan Frekuensi Mandi

Bila biasanya Anda mandi 2x sehari, saat menstruasi tingkatkan menjadi 3x sehari. Ini memang tidak suatu keharusan, tapi memberi manfaat lebih untuk Anda jika mau melakukannya. Inilah cara mengatasi bau ketiak yang pertama.

Gantilah Pembalut Sesering Mungkin

Pakar kesehatan menganjurkan wanita perlu mengganti pembalut sekitar 3-4 jam sekali. Bahkan, jika Anda termasuk wanita yang mengalami menstruasi berat, mengganti pembalut lebih sering dari yang dianjurkan akan lebih baik lagi.

Tidak ada alasan menunda mengganti pembalut karena belum penuh. Darah kotor yang melekat pada permukaan pembalut, apabila dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan bau yang sangat tak sedap. Bakteri pun senang berkumpul di pembalut dan kemaluan Anda.

Rajin Mengganti Pakaian

Usahakan mengganti pakaian luar dan dalam sesering mungkin di masa mesntruasi. Jangan biarkan keringat menempel lama pada kulit. Tidak ada salahnya membawa pakaian ganti saat Anda berpergian.

Gunakan Parfum

Netralisir bau badan Anda dengan beberapa kali semprotan parfum atau cologne. Jika Anda bukan termasuk penggemar parfum atau cologne, bagaimanapun Anda tetap harus menggunakannya saat menstruasi.

Minum Jamu

Jamu kunyit asam, jamu temulawak, atau rebusan air sirih, berkhasiat mengharumkan badan Anda secara keseluruhan dari dalam. Minumlah sehari sekali supaya badan tetap segar dan wangi.

Demikian beberapa cara mengatasi bau ketiak saat menstruasi. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan bagi seluruh wanita.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu