Cara Mengatasi Keputihan secara Alami

menstuasi

Apakah Anda sedang mencari cara mengatasi keputihan secara alami? Para wanita, dari mulai remaja sampai wanita dewasa, pastinya pernah mengalami keputihan bahkan anak-anak ada yang mengalami keputihan. Keputihan selama masih dalam tahap kewajaran tidak akan berbahaya bagi kesehatan kita.

Tanda-tanda keputihan yang wajar terjadi biasanya memiliki warna bening atau putih susu, agak kental ketika menempel pada celana dalam, tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, tidak berwarna keruh, tidak menimbulkan rasa gatal, dan juga tidak menimbulkan rasa perih pada vagina.

Baca juga : Mengobati Keputihan dengan Obat Herbal

Biasanya para wanita akan mengalami keputihan di setiap bulan ketika hormon sedang meningkat atau ketika akan atau sesudah menstruasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi keputihan?

Cara Mengatasi Keputihan secara Alami

Jika para wanita enggan mengalami keputihan atau tidak ingin muncul keputihan karena ketika kita keputihan akan muncul rasa tidak nyaman untuk beraktivitas, maka berikut sedikit tips cara mengatasi keputihan secara alami.

Kita bisa saja mendatangi dokter kandungan jika ingin berkonsultasi tentang masalah keputihan ini agar dicarikan obat yang tepat untuk mengatasi keputihan. Namun kita juga bisa mencoba mengatasi keputihan secara alami menggunakan bahan-bahan alami atau bahan-bahan tradisional dari tanaman obat.

Daun Sirih untuk Mengobati Keputihan

Cara mengatasi keputihan secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk mengobati keputihan misalnya daun sirih, daun sambiloto, rumput mutiara, kulit delima, dan bisa juga dengan menggunakan lidah buaya.

Penggunaan daun sirih sebagai cara mengatasi keputihan secara alami pastinya sudah banyak diketahui oleh para wanita karena banyak sekali sabun pembersih kewaniaan dengan ekstrak daun sirih.

Daun sirih memang memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menghilangkan kuman dan bakteri. Selain itu, daun sirih memiliki kandungan antijamur dan antioksidan.

Cara penggunaan daun sirih sebagai penghilang keputihan dengan merebus daun sirih yang telah dicuci bersih sebanyak 10 lembar yang direbus dengan dua liter air sampai air tersisa setengahnya.

Setelah tersisa setengahnya, biarkan sampai hangat-hangat kuku kemudian pakai air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh daerah vagina kita.

Daun Sambiloto Untuk Obati Keputihan

Penggunaan daun sambiloto sama dengan daun sirih dengan cara direbus kemudian dibasuhkan pada daerah vagina. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan dapur seperti kunyit atau temulawak dan temukunci.

Demikian beberapa cara mengatasi keputihan secara alami. Selain mengatasi dengan cara alami, bisa juga mengatasi keputihan dengan obat. Banyak obat penghilang keputihan yang dijual. Namun inti dari obat keputihan tersebut adalah untuk menghilangkan jamur penyebab keputihan agar keputihan berhenti.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu