Cara Menggunakan Bawang Merah Sebagai Obat Herbal Abses Serta Jenis Dan Cara Merawat Abses

Apa itu abses? Abses adalah suatu penyakit  munculnya benjolan yang diakibatkan penumpukan kotoran dan nanah di bagian bahwa kulit. Abses juga dapat muncul pada bagian tertentu seperti di ketiak, vagina, bagian tulang belakang di sekitar dan juga pangkalan paha. Tentunya abses dapat diatasi dan dirawat dengan obat herbal abses. 

Baca juga : Obat herbal diabetes yang ada di dapur

Walaupun abses terjadi secara umum namun jika dibiarkan abses dapat menyerang ke dalam seluruh jaringan tubuh. Benjolan abses memang sedikit lunak namun benjolan sangat sakit dan nyeri bila disentuh. Abses memang dapat diakibatkan karena adanya penyakit tertentu. Dan adanya pengumpulan darah kotor menjadi pemicu utama yang harus segera di sembuhkan.

Cara Menggunakan Bawang Merah Sebagai Obat Herbal Abses

Biasanya abses dapat disembuhkan dengan obat oles minyak gamat. Namun bisul atau benjolan nyeri abses seperti bisul dapat di sembuhkan dengan menggunakan bahan alami yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Meski tidak banyak namun ada satu bahan alami yang terbukti ampuh menyembuhkan abses atau benjolan merah seperti bisul yaitu bawang merah. Adapun cara menggunakannya adalah seperti di bawah ini:

  1. Mengoleskan Tapal Bawang Merah dan Menutup bagian Abses
    Bawang merah dapat dijadikan tapal abses. Bawang merah diiris namun tidak terlalu tipis. Tutuplah bagian abses atau bisul selama satu malam. Tapal bawang merah ini sangat membantu meringankan abses dan mencegahnya dari efek bisul yang membesar dan parah.
  2. Mengoleskan Air Irisan Bawang
    Berikutnya bawang merah yang telah dicincang dan mencampurkan air segelas pada panci yang sudah disiapkan. rebus irisan bawang ke dalamnya. Lalu pisahkan  rebusan nya dan dingin kan sebelum dioleskan pada abses dengan menggunakan kain katun.
    3.  Dicampurkan dengan Bawang Putih
    Bawang Merah juga dapat dicampurkan dengan bawang putih secukupnya di blender  dan dioleskan pada bagian yang terkena abses. Lalu bersihkan kembali dan lakukan berulang hingga sembuh. Untuk bawang putih cukup 4 siung saja.
    Beberapa Jenis Abses
    Abses memang terlihat tidak begitu membahayakan. Namun jika tidak dicegah dan disembuhkan bakteri akan menyebar ke dalam jaringan tubuh lainnya yang dapat membahayakan. Selain obat herbal abses juga biasanya diobati dengan antibiotik yang diberikan dokter. Abses memiliki 3 jenis yang wajib diketahui. Adapun jenis-jenis abses adalah
  3. Abses Gigi
    Abses pada gigi biasanya terjadi pada anak-anak. Berbentuk kantung atau benjolan berisi nanah  yang terdapat pada akar gigi. Nyeri yang disebabkan juga dapat menyebabkan demam pada penderita abses ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses pada bagian ini juga menjadi beberapa jenis yaitu abses periodontal, periapikal, dan gingival.
  4. Abses Perianal
    Jenis abses berikutnya adalah abses perianal. Abses jenis ini merupakan adanya rongga rektum yang muncul di sekitar anus yang berisi nanah. Biasanya terjadi karena infeksi dan pada umumnya penyakit ini dipicu akibat radang usus, diabetes dan menurunnya sistem kekebalan pada tubuh. Abses perianal memiliki rasa yang sama yaitu nyeri yang sangat mengganggu dan sakit di area yang terkena abses.
  5. Abses Payudara
    Jenis abses yang ketiga adalah abses payudara dengan benjolan yang sama. Penyakit ini biasa terjadi pada usia 18 dan 50 tahun. Jika dibiarkan abses perianal di bagian ini sangat berbahaya dan tentunya menjadi peradangan yang sangat menyakitkan bagi penderitanya.

    Merawat Abses Agar Tidak Parah

    Selain obat herbal abses diatas, abses juga harus dipantau selama masa pengobatan. Karena biasanya abses akan mereda ketika nanah dan cairan kotor yang terdapat pada abses telah keluar. Namun selama cairan nanah belum dapat dikeluarkan maka penderita akan merasakan nyeri dan peradangan pada area abses. Ada beberapa tips mudah merawat abses di rumah.

    Melakukan Kompres Hangat. Kompres adalah cara tradisional yang dapat meringankan abses. Jika penderita tidak dirawat di rumah sakit maka perawatan sederhana di rumah adalah dengan memberi kompres hangat selama waktu 30 menit. Kompres hangat akan mempercepat keluarnya nanah dan cairan kotor pada abses. Jangan menekan area abses dan tempelkan kain kompres yang telah direndam air hangat.

    Bersihkan bekas abses atau setelah lelehan nanah abses dengan sabun dan air yang bersih secara perlahan dan pastikan tangan juga dalam kondisi bersih. Dan tetap menjaga agar tidak infeksi pastikan untuk tidak menusuk atau memecah abses.

    Itulah cara menggunakan bahan alami sebagai obat herbal abses. Selain itu penjelasan diatas juga memaparkan tentang perawatan abses di rumah agar tidak menyebar atau tertular pada orang lain di sekitar.  Walau bisa dirawat sendiri di rumah namun pastikan untuk menghubungi tenaga medis atau dokter jika benjolan berukuran besar

    Obat herbal Abses  hanya dapat memulihkan dan meringankan rasa nyeri pada abses. Perilaku hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi akan menghindari terkena dampak penyakit abses ini. Dan jika sudah terserah abses lakukanlah hal diatas agar dapat membantu meringankan dan menyembuhkan abses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu