Cara Menghias Kue Kering Yang Paling Sering Digunakan

menghias kue kering

Kue kering memang memiliki rasa yang enak meskipun tidak diberi tambahan lain. Namun akan lebih baik jika kue kering yang telah dibuat, diberikan hiasan yang cantik sehingga akan menarik perhatian orang untuk mencobanya. Cara menghias kue kering yang paling umum adalah dengan icing atau frosting dan juga dengan cara glazing.

Icing dan frosting adalah satu metode untuk menghias kue yang sama. Hanya saja beda penamaan yang oleh orang amerika biasanya menyebutnya dengan frosting sedangkan orang eropa menyebutnya dengan icing. Sedangkan glazing adalah metode menghiasi kue dengan lapisan cokelat.

Icing atau Frosting

Cara menghias kue kering yang biasa digunakan salah satunya adalah icing atau frosting. Icing atau frosting ini dibuat dengan bahan gula atau krim yang digunakan sebagai olesan pada roti ataupun kue. Fungsinya selain untuk menambah cita rasa kue, namun sebagai hiasan agar kue nampak lebih cantik dan menarik. Icing sendiri memiliki tiga jenis yang menggunakan bahan dan metode pembuatan yang berbeda. Yakni icing gula, icing krim mentega, dan icing krim keju. Berikut penjelasannya :

1. Menghias Kue Kering Dengan Icing Gula

Icing gula menggunakan gula halus, susu atau jus, dan ekstrak vanila atau almond sebagai bahan dasar pembuatannya. Untuk membuat icing gula yang sederhana ini sangatlah mudah. Icing ini akan menghasilkan pasta yang manis dan berkilau yang cocok untuk dijadikan sebagai hiasan kue dengan rasa buah. Tanpa menggunakan gelas ukurpun, pembuatan icing ini masih dapat dilakukan.

Yang pertama adalah siapkan mangkuk besar dan tuangkan gula halus ke dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Untuk menambahkan sedikit rasa, tambahkan jus , susu, atau air lemon. Tuangkan secara hati-hati dan usahakan untuk tidak menambahkannya terlalu banyak, sesuaikan dengan selera.

Kemudian aduk secara perlahan di awal agar gula dan bahan lainnya tidak keluar dari mangkuk. Setelah semua bahan tercampur aduk secara terus menerus sampai semua bahan membentuk pasta. Tambahkan bahan berbentuk cair seperti jus dan susu sambil diaduk agar tidak ada gula kering yang tersisa.

Jika adonan icing ini sudah terlihat merata maka adonannya sudah jadi. Namun jika adonan terasa encer bisa tambahkan gula dan aduk kembali sampai merata. Terakhir beri sedikit tetesan vanila atau almond. Akhirnya adonan ini siap untuk menghias kue yang biasanya dioleskan pada permukaan kue dengan menggunakan pisan atau sendok.

2. Icing Krim Mentega

Icing yang satu ini biasanya digunakan sebagai hiasan kue ulang tahun karena lebih banyak dan juga manis. Bahan yang diperlukan untuk membuat icing ini adalah mentega, gula halus, krim kocok, ektrak vanila atau almond, dan perasa tambahan jika perlu. Untuk membuatnya tidak akan memakan banyak waktu, yakni kurang dari dua puluh menit.

Caranya adalah melunakkan mentega bisa dengan menggunakan microwave atau cukup disimpan di suhu ruangan. Kemudian campurkan mentega dan gula didalam mangkuk besar agar mudah saat diaduk. Untuk mencampurnya sendiri boleh dengan tangan asalkan menteganya lunak, ataupun dengan mixer. Jika menggunakan mixer usahakan untuk tidak mengaduknya dalam kecepatan tinggi di awal.

Selanjutnya boleh memberikan sedikit perasa seperti rasa lemon, cokelat, dan kopi. Sesuaikan saja dengan jenis kue apa yang akan dibuat. Terakhir tinggal masukkan bahan yang tersisa yakni krim kocok dan ekstrak vanila atau almond. Kocok kembali semua bahan hingga adonan memiliki warna dan tekstur yang konsisten.

Jika terlalu encer masukkan kembali gula dan kocok hingga merata. Jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air sambil terus diaduk hingga cukup untuk dijadikan olesan. Icing ini dapat digunakan sebagai olesan kue pada setiap lapisan atau di sisinya.

3. Icing Krim Keju

Icing jenis ini cocok untuk dijadikan hiasan kue apapun seperti kue wortel, kue cokelat, kue red velvet, ataupun kue jahe. Karena rasanya kurang manis, maka fungsi dari icing ini adalah untuk menyeimbangkan rasa kue yang terlalu manis. Bahan untuk membuatnya adalah mentega, keju krim, gula halus, dan ekstrak vanila.

Untuk membuatnya adalah dengan melunakkan mentega dan krim keju bukan dengan cara melelehkannya. Setelah itu campurkan secara merata keju krim dan mentega bisa menggunakan tangan ataupun mixer. Sekali lagi, jika menggunakan mixer jangan gunakan kecepatan tinggi di awal karena akan membuat bahan berceceran.

Kemudian tambahkan gula halus dan aduk kembali hingga merata. Kocok hingga teksturnya menjadi ringan dan merata. Jika adonan sudah mengembang maka akhiri kocokan adonan tersebut karena jika terus dikocok maka adonan menjadi encer dan gagal. Namun jika sudah terlanjur encer tambahkan saja krim keju dan gula lagi kemudian aduk hingga mengembang.

Yang terakhir adalah mencampurkan ekstrak vanila atau almond ke dalam adonan tersebut dan kocok adonan hingga merata. Akhirnya icing krim keju ini sudah siap untuk dioleskan pada kue.

4. Glazing

Cara menghias kue kering selanjutnya adalah glazing yakni dengan cara menyiramkan adonannya di atas kue. Bisa menggunakan gula ataupun cokelat yang telah dilelehkan. Biasanya teknik ini digunakan untuk menghias kue namun sekarang sudah  banyak kue kering yang menggunakan teknik ini.

Caranya menghiasnya adalah membuat glaze sesuai dengan rasa dan selera pembuatnya. Bisa dengan rasa lemon, cokelat, atau kopi yang terpenting tekstur dari glaze ini menyerupai sirup. Dan sebelum menuangkan glaze tersebut, pastikan kue sudah dalam keadaan dingin.

Bisa menggunakan sendok atau whisk untuk menuangkan adonan glaze tersebut. Karena glaze akan cepat menyatu dengan kue, maka sebelum mengering pastikan seluruh lapisan kue sudah tertutupi oleh glaze tersebut. Terakhir boleh menambahkan garnish seperti potongan buah ceri atau strawberi untuk menambah keindahan kue.

Topik Kue Kering Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu