Cara Menghilangkan Selulit secara Alami

menghilangkan selulit

Selulit merupakan gurat-gurat berwarna putih pada permukaan kulit yang merupakan deposit atau timbunan lemak. Selulit sangat mengganggu penampilan dan mengurangi kecantikan tubuh. Selulit sering hadir pada wanita dengan obesitas, namun tak jarang hadir pada wanita yang telah melahirkan. Berbagai macam cara digunakan oleh wanita untuk menghilangkan selulit.

Secara fisioliogi, selulit sendiri terbentuk akibat terjadinya hiperestrogenisme atau kelebihan hormon estrogen. Selain itu, adanya peradangan serta penumpukan cairan disertai adanya timbunan lemak juga berpengaruh terhadap pembentukan selulit.

Cara Menghilangkan Selulit secara Alami

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan selulit

1. Mengonsumsi Bawang Merah

Selulit terbentuk oleh karena kelebihan cairan pada jaringan di bawah kulit. Bawang merah, terutama bawang Bombay mengandung unsur kalsium dan selenium yang dapat menyerap kelebihan air sehingga bermanfaat mengurangi hingga melenyapkan selulit. Selain itu, beberapa mineral yang terkandung pada bawang  merah dan bawang bombay juga berperan mengurangi pembentukan lemak sehingga dapat mengatasi masalah selulit dengan baik.

2. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih atau obesitas merupakan pemicu terbentuknya selulit. Oleh karena itu, menjaga kestabilan berat badan sangat disarankan untuk menghilangkan selulit ini.

3. Mandi Menggunakan Air Hangat

Air hangat bagus untuk peredaran darah. Peredaran darah yang lancar membantu mencegah terbentuknya selulit serta memecah lemah yang terdeposit di jaringan bawah kulit. Selain itu, mandi dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan senyawa racun yang juga dapat berperan di dalam proses terbentuknya selulit.

4. Menggunakan Pelembab Kulit

Pelembab dapat menjaga keseimbangan pH tubuh dan sangat bagus untuk menghaluskan kulit serta mencegah timbulnya selulit.

5. Melakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membakar lemak tubuh. Selain itu, juga akan membantu meningkatkan proses metabolisme membuang senyawa racun, meningkatkan keseimbangan cairan tubuh serta melancarkan peredaran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, deposit lemak yang menimbulkan selulut akan berkurang dan senyawa racun yang meningkatkan proses terbentuknya selulit juga akan berkurang.

6. Menjaga Asupan Gizi

Gizi sangat berpengaruh terhadap kualitas kulit seseorang. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan, senyawa serar dan kaya akan kandungan zat besi sangat bermanfaat untuk mencegah terbentuknya selulit atau mampu menghilangkan selulit.

7. Konsumsi Air Minum secara Cukup dan Teratur

Air minum, terutama air putih, sangat bagus untuk memperlancar proses metabolisme, mengeluarkan racun, dan membuang kelebihan lemak yang terdapat di dalam tubuh. Konsumsi air putih secara cukup dan teratur akan sangat membantu menghilangkan selulit secara alami.

Informasi kesehatan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu