Cara Mudah Mengurangi Rasa Sakit Waktu Haid

menstuasi

Sakit waktu haid dirasakan hampir oleh semua wanita. Rasa sakit yang muncul biasanya berupa rasa nyeri yang disertai dengan kram di bagian perut. Rasa nyeri dan kram yang normal terjadi biasanya tidak sampai mengganggu aktivitas. Namun bila rasa sakit yang muncul begitu hebat sampai-sampai tidak bisa melakukan aktivitas-aktivitas seperti biasanya, kaum wanita perlu mewaspadainya.

Baca juga : Cara mengurangi bau ketiak saat menstuasi

Sebab keadaan ini bisa saja disebabkan karena adanya kista, infeksi organ reproduksi, miom atau fibroid yang tubuh di rahim.  Untuk itu segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar penyebab rasa sakit haid yang hebat bisa segera diketahui.

Cara Mudah Mengurangi Rasa Sakit Waktu Haid

Bila rasa sakit waktu haid masih tergolong normal, maka para wanita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi rasa sakit dan kram yang dirasakan.

• Air Hangat

Air hangat akan membantu kelancaran peredaran darah dan oksigen pada perut yang mengalami hambatan dan menjadi penyebab kram perut. Air hangat bisa dimasukkan ke dalam kantung untuk mengompress bagian perut. Atau air hangat juga bisa digunakan untuk mandi.

• Memperhatikan Makanan

Saat haid, kaum wanita juga perlu memperhatikan asupan makanannya. Terutama bagi wanita yang mempunyai tekanan darah rendah, rasa nyeri biasanya lebih sering dialami. Karena itu, wanita dengan tekanan darah rendah perlu mengkonsumsi banyak bahan makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, bayam dan juga ubi rambat yang berwarna merah.

• Ramuan Alami atasi Nyeri Haid

Beberapa ramuan alami telah dikenal sejak dahulu kala untuk mengatasi sakit waktu haid. Salah satunya adalah ramuan kunyit asam. Untuk membuatnya, siapkan setengah kilogram kunyit yang sudah dibersihkan, setengah kilogram asam jawa, gula jawa seperempat kilogram, garam secukupnya, dan air bersih sebanyak dua liter. Kemudian haluskan kunyit dengan cara diparut atau diblender. Lantas peras dan saring kunyit yang sudah dihaluskan tersebut dengan menggunakan dua liter air. Jika sudah masukkan bahan-bahan lainnya ke dalam air perasan kunyit dan rebus hingga mendidih. Ramuan ini bisa diminum selagi hangat atau bisa juga sewaktu sudah dingin.

Gerakan Yoga untuk Mengurangi Nyeri Haid

Selain menggunakan air hangat, memperhatikan asupan makanan, dan meminum ramuan alami, gerakan olahraga yang ringan juga bisa meringankan rasa nyeri haid. Olahraga ringan ini bisa berupa jalan kaki, lari dalam jarak pendek dan beberapa gerakan yoga. Khusus untuk yoga, berikut ini salah satu gerakan untuk mengurangi nyeri saat haid.

1. Pertama-tama rebahkan tubuh dengan nyaman dalam posisi terlentang.
2. Kemudian tariklah nafas dalam-dalam dan angkat paha kiri lalu letakkan di sebelah kanan.
3. Selanjutnya hadapkan wajah ke kiri sehingga berlawanan dengan posisi paha.
4. Tahan posisi ini selama beberapa waktu.
5. Lantas kembalilah ke posisi semua yaitu posisi terlentang.
6. Tarik nafas lagi dan posisikan paha di sebelah kiri dengan wajah menghadap ke kanan.
7. Tahan posisi ini selama beberapa saat.
8. Ulangi lagi langkah-langkah di atas secara bergantian ada paha kiri dan paha kanan.

Nah, dengan melakukan gerakan yoga ini paling tidak sebanyak tiga kali dalam seminggu, maka rasa sakit waktu haid bisa berkurang dan aktivitas pun tidak terganggu.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu