Cara, Teknik untuk Menghilangkan Rambut dan Bulu

Menghilangkan rambut dan bulu di wajah, kaki dan lengan sebaiknya dilakukan dalam keadaan rileks. Dikhawatirkan jika teknik pencabutan bulu dilakukan terburu-buru akan melukai jaringan epidermis kulit atau mengganggu syaraf yang terdapat di permukaan kulit, rambut atau bulu-bulu halus yang muncul di ketiak, kaki dan lengan sebenarnya memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari resiko iritasi.

Tanpa bulu-bulu halus kulit akan lebih sering tergores dan menderita iritasi akibat bersinggungan dengan benda asing, terkena debu bahkan udara panas.

Namun rambut halus yang tumbuh terlalu subur di wajah, lengan dan kaki dianggap sangat mengganggu penampilan terutama bagi para wanita. Jika sebagian besar pria merasa bangga dengan tumbuhnya kumis, jenggot, cambang sebagai tanda kejantanan. Tidak demikian halnya bagi para wanita.

Munculnya kumis karena rambut halus pada bagian wajah tumbuh subur dianggap dapat mengurangi kecantikan. Bulu halus di kaki yang tumbuh tebal juga dianggap merusak kecantikan tungkai yang jenjang. Kaki jenjang mulus tanpa bulu, wajah bersih bagi wanita adalah asset kecantikan yang berharga. Alasan ini menyebabkan banyak produk kosmetik dan teknik cabut bulu yang ditawarkan salon kecantikan untuk menghilangkan bulu halus dari kaki dan wajah.

Cara dan Teknik untuk Menghilangkan Rambut

Menghilangkan rambut di sekitar wajah dan kaki dapat dilakukan dengan bantuan produk tertentu maupun secara alami. Produk kecantikan penghilang bulu dapat ditemui dengan mudah di swalayan. Cukup dengan mengoleskannya pada bagian tertentu, diamkan masksimal lima menit lalu kerok krim tersebut menggunakan spatula kemudian bilas dengan air bersih. Jika bulu belum tercabut dapat dioleskan krim lebih banyak lagi.

Salon kecantikan biasa menggunakan teknik waxing untuk mencabut bulu halus dari permukaan kulit. Caranya dengan melumuri bagian yang akan dicabut bulunya menggunakan cairan lilin hangat, mendiamkannya sekitar limabelas menit kemudian mengerok dengan hati-hati.

Teknik alami untuk mencabut rambut dan bulu halus dapat dilakukan dengan cara alami. Bahan yang dibutuhkan untuk mengerok adalah gulali, ramuan kapur sirih dan kunyit serta adonan maizena, gula dan telur. Gulali dapat dibuat dengan cara emncampurkan madu, gula pasir dan perasan air jeruk nipis yang telah dididihkan.

Baik adonan gulali, sirih maupun maizena tersebut digunakan sebagai krim pengoles di bagian yang akan dicabut rambutnya. Mengoleskannya harus searah dan dilakukan secara merata, tutup bagian yang telah dioles dengan kain katun lalu tarik perlahan dari arah berlawanan dengan arah pengolesan.

Teknik menghilangkan rambut baik secara alami maupun bantuan alat kecantikan mungkin tidak menjamin hilangnya bulu secara permanen. Namun dapat digunakan sesuai kebutuhan dan dipilih yang menimbulkan rasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu