Ciri-ciri Keputihan pada Wanita dan Pengobatannya

sakit keputihan

Setiap wanita yang sudah dewasa pastinya pernah mendengar dengan namanya keputihan. Bahkan pernah mengalaminya, bukan? Bagaimana ciri-ciri keputihan tersebut? Keputihan merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada organ intim wanita. Penyakit ini memang sering terjadi pada wanita siapa saja, baik muda maupun tua. Akan tetapi gejala dan frekuensi keputihan tersebut dapat berbeda-beda setiap wanita.

Editorial picks : Mengobati Keputihan dengan Obat Herbal Secara Alami

Yang terjadi di masyarakat sekarang ini adalah keputihan yang sering dianggap enteng oleh sebagian wanita. Padahal keputihan tersebut merupakan suatu penyakit yang dapat berbahaya dan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Keputihan ini juga dapat terjadi pada wanita yang sedang hamil karena adanya perubahan hormonal yang terjadi ketika wanita hamil.

Ciri-ciri Keputihan pada Wanita dan Pengobatannya

Wanita yang mengalami keputihan dapat diketahui dengan ciri-ciri keputihan yang dialaminya. Keputihan dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu keputihan secara fisiologis dan keputihan secara patologis.

Ciri-ciri secara Fisiologis

Ciri-ciri keputihan secara fisiologis ditandai dengan adanya cairan yang encer pada keputihannya, cairan yang keluar jumlahnya tidak banyak, warna keputihan berupa bening dan tidak bau, serta keputihan pada fisiologis ini tidak mengakibatkan gatal-gatal.

Ciri-ciri secara Patologis

Sementara itu, ciri-ciri secara patologis dapat dilihat dari cairan yang keluar berbentuk kental, jumlahnya sangat banyak melebihi dari yang biasa, terasa gatal pada organ intim wanita, berwarna putih atau putih kekuning-kuningan atau kehijauan, dan mempunyai bau yang tidak sedap.

Keputihan secara patologis ini memang sudah gejala penyakit keputihan yang tidak normal. Karena keputihan tidak normal, maka ini dapat mengakibatkan efek yang sangat menggangu kesehatan pada daerah organ intim wanita.

Pengobatan dan Pencegahan

Penyebab utama dari adanya keputihan ini adalah kurangnya kebersihan daerah organ intim wanita serta pemakaian obat-obatan pembersih organ intim yang berlebihan. Apabila seorang wanita mengalami ciri-ciri keputihan yang dimaksud, maka sebaiknya lakukanlah pengobatan dengan segera agar tidak berakibat yang lebih parah lagi.

Pengobatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan atau dengan melakukan pencegahan. Obat-obatan bisa kita dapatkan di apotek terdekat.

Sementara itu, pencegahan dapat dilakukan dengan tindakan terjadinya keputihan seperti ketika membersihkan organ intim dengan air yang bersih secukupnya dan menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat. Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara pada pakaian dalam tidak berjalan lancar.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi beban kerja supaya otak kita tidak mengalami tekanan atau stres berat.

Demikian sekilas tentang ciri-ciri keputihan yang dapat dibahas. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu