Cobalah 6 Obat Herbal Keputihan Yang Ampuh Dan Aman Digunakan

Keputihan biasa terjadi pada wanita baik muda maupun sudah berusia lanjut. Keputihan ternyata normal terjadi karena termasuk hal alami untuk menjaga kebersihannya. Namun, keputihan dapat mengganggu apabila terjadi terus menerus dan menimbulkan gatal serta bau. Oleh karena itu, untuk menyembuhkannya dapat mencoba obat herbal keputihan yang aman digunakan.
Keputihan pada umumnya tidaklah menimbulkan bau, tidak berwarna, dan tidak menyebabkan gatal. Hal ini juga kadang menimbulkan nyeri ketika buang air kecil. Jika sudah terjadi seperti itu, tentunya sangatlah mengganggu dan lebih baik diobati, baik secara alami maupun berkonsultasi dengan dokter.
Masalah keputihan tentunya sangat mengganggu bagi sebagian wanita. Untuk mengatasinya, dapat memeriksakan diri pada dokter spesialis ataupun mencoba mengobatinya dengan obat herbal. Tanaman yang berguna untuk mengatasi keputihan telah disediakan oleh alam, tinggal pintar-pintar untuk memanfaatkannya. Jika tertarik mencobanya, simak ulasan mengenai obat herbal keputihan yang aman dan ampuh digunakan:

  1. Bawang Putih sebagai obat herbal keputihan
    Tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang putih dikenal mengandung sifat antibiotik dan anti jamur. Jika keputihan terjadi karena bakteri, maka dapat mengonsumsi bawang putih secara teratur untuk mengatasinya. Bawang putih juga dapat menghilangkan bau serta menyeimbangkan pH daerah kewanitaan.
    Cara mengonsumsinya yakni ambillah bawang putih ataupun ekstrak bawang putih sebanyak 400 mg dan konsumsilah sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari. Dapat juga dengan memakan beberapa siung bawang putih di pagi hari ditemani dengan segelas air putih hangat. Gunakanlah cara ini sampai keputihan berkurang dan menghilang.
  2. Daun Sirih

    Sejak dahulu kala, daun sirih dipercaya untuk mengatasi penyakit kewanitaan, seperti keputihan. Daun sirih mengandung anti bakteri, antiseptik, dan zat eugenol. Zat eugenol berguna untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, baik untuk badan ataupun di daerah kewanitaan.
    Untuk mengobati keputihan dengan daun sirih, caranya sangatlah mudah. Ambillah beberapa lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Rebuslah daun sirih tersebut dengan dua gelas air. Tunggulah air rebusan tersebut sampai mendidih dan airnya bersisa satu gelas. Rajinlah meminum air rebusan tersebut setiap hari.
  3. Batang Dan Daun Sambiloto

    Obat herbal keputihan berikutnya yakni tanaman sambiloto. Untuk menghilangkan keputihan, dapat menggunakan batang maupun daunnya. Caranya yakni petiklah tiga batang sambiloto yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Setelah itu, rebuslah dengan empat gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sisa air hingga dua gelas air. Saring kemudian minumlah dalam tiga kali sehari.
    Cara kedua yakni dengan menggunakan daun sambiloto. Siapkan 10gr daun sambiloto kering, 20gr kunyit, dan 15gr kulit buah delima. Cuci bersih semua bahan yang akan direbus. Rebus semua bahan dengan 800cc air hingga mendidih dan tinggal 300cc. Minumlah saat sudah dingin dan dapat mencampurkan madu untuk rasa yang lebih enak.
  4. Kunyit sebagai obat keputihan

    Sama seperti daun sirih, kunyit juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang tentunya berguna untuk mengatasi keputihan. Caranya, yakni siapkanlah dua rimpang kunyit, dua sendok makan madu, dan satu gelas air. Parutlah halus kunyit yang sudah disiapkan dan rebus dengan air hingga mendidih dan matang. Saringlah air tersebut ke dalam gelas dan tambahkan madu sebelum dikonsumsi.
    Kunyit tidak hanya sebagai obat herbal keputihan, namun bisa juga sebagai pencegahan nyeri saat menstruasi. Selain itu, dapat melancarkan menstruasi dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Tidak hanya menyehatkan tubuh, kunyit juga dapat mempercantik kulit.
  5. Lidah Buaya

    Tanaman alami dipercaya dapat menyembuhkan keputihan, termasuk tanaman lidah buaya. Selain sebagai campuran dalam produk kecantikan, lidah buaya juga ternyata dapat mengatasi masalah keputihan pada perempuan. Tanaman ini juga dinilai dapat menghasilkan antiseptik yang dapat membunuh jamur, virus, maupun bakteri.

    Cara menggunakan lidah buaya sebagai solusi keputihan yakni dengan memetik langsung lidah buaya. Kemudian cuci bersih dan ambillah dagingnya. Hancurkan daging lidah buaya dan kemudian balurkan ke daerah kewanitaan yang mengalami keputihan. Diamkan kurang lebih selama sepuluh menit lalu bilas bersih dengan handuk basah. Lakukanlah rutin dalam satu hari sekali.
  6. Daun Jambu Biji

    Keputihan dapat mengganggu dan membuat tidak nyaman di daerah kewanitaan. Oleh karena itu, lekaslah diatasi dengan tepat. Salah satu caranya yakni dengan obat herbal keputihan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji dinilai mengandung zat astringent yang dapat memulihkan daerah kewanitaan karena keputihan.
    Caranya sangatlah sederhana, ambil beberapa buah daun jambu biji dan cuci dengan bersih. Rebus hingga mendidih dan saring dahulu sebelum meminumnya. Air rebusan daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai air untuk membersihkan daerah kewanitaan. Lakukanlah rutin setiap hari sehabis mandi agar hasilnya terbaik.

    Keputihan sangatlah mengganggu karena menjadi tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Belum lagi dapat menjadi stress karena penyakit kewanitaan yang satu ini. Cobalah menggunakan obat herbal keputihan untuk mengatasinya. Pilihlah yang sekiranya mudah didapat dan dibuat. Tidak lupa dengan rajin mengonsumsi atau menggunakannya setiap hari agar hasilnya optimal dan bebas dari keputihan.

Info lainnya tentang obat herbal :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu