Dada Kendur Apakah Efek Memakai Bra Saat Tidur?

kenapa buah dada kendur

Pertengahan Oktober 2014 lalu, masyarakat ramai bersilang pendapat tentang “no bra day” dalam rangka memperingati bulan kesadaran kanker payudara. Sebagian orang berpendapat bahwa mengenakan bra bisa memicu kanker payudara, terutama saat tidur. Benarkah efek memakai bra saat tidur tersebut?

Fungsi Bra bagi Wanita

Ketika menginjak remaja, pertumbuhan tubuh pria dan wanita diikuti dengan perkembangan organ seks sekunder dan primer. Pertumbuhan payudara adalah salah satu perkembangan yang dialami remaja wanita. Saat payudara mulai tumbuh, lazimnya remaja wanita mulai dikenalkan pada pemakaian bra.

Bra adalah pakaian dalam yang berfungsi khusus menutup bagian dada, terutama payudara. Meski dikenakan di dalam dan tertutup, pakaian luar bra bisa dikategorikan sebagai bagian dari fashion. Berbagai model bra dalam aneka ukuran bisa dipilih tergantung selera dan lingkar dada.

Fungsi utama bra adalah untuk melindungi payudara, terutama bagian puting. Berkat bra, puting tidak mudah teriritasi oleh baju yang dikenakan,

Dengan bantuan bra, puting payudara tidak akan menonjol dari balik pakaian yang dikenakan sehingga wanita bisa tampil percaya diri. Pemakaian bra juga diyakini dapat menjaga elastisitas payudara dan menyangga payudara agar tetap pada tempatnya.

Memakai Bra Saat Tidur

Meski mampu melindungi payudara dan puting dari iritasi, mengenakan bra saat tidur tidak dianjurkan. Meski belum diperoleh fakta yang mengaitkan pemakaian bra dengan kanker payudara mengenakan bra dapat menyebabkan berbagai gangguan pada payudara dan bagian punggung.

Menurut penelitian, waktu ideal mengenakan bra adalah kurang dari 12 jam. Langkah ini dianggap penting untuk membantu payudara dan otot punggung merasa rileks.

Mengenakan bra sama halnya dengan memaksa otot penyangga payudara melawan gravitasi bumi. Akibatnya punggung dan otot di sekitar payudara sering merasa pegal.

Tidur adalah saat bagi tubuh beristirahat. Jika selama tidur masih mengenakan bra, ada kemungkinan menghambat peredaran darah di sekitar payudara.

Pemilihan model bra juga menentukan kenyamanan pemakainya. Bra yang terlalu sempit membuat payudara tertekan, sirkulasi udara di sekitar payudara terhambat sehingga menimbulkan biang keringat dan iritasi.

Sebuah riset mengungkapkan fakta bahwa mengenakan bra terlalu lama termasuk saat tidur dapat menyebabkan payudara mudah kendur. Namun penelitian ini tidak dilengkapi dengan data aktivitas wanita yang dijadikan sampling.

Pengenduran otot payudara pada dasarnya bukan dipengaruhi oleh pemakaian bra atau tidak, termasuk juga efek memakai bra saat tidur, namun dapat dipengaruhi berbagai faktor, antara lain usia, rutinitas berolahraga, postur tubuh, gaya hidup, dan perawatan payudara secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu