Dari Kista Hingga Sarkoma, Diagnosa Sementara Benjolan di Bibir Vagina!

sakit kista

Vagina merupakan organ reproduksi wanita luar. Vagina terdiri dari bagian bibir yaitu labia mayora dan minora, klitoris dan liang vagina. Sebagai daerah saluran sekresi dan organ reproduksi, vagina rawan menderita gangguan kesehatan. Munculnya benjolan di bibir vagina sering dikeluhkan dan menjadi sumber kekhawatiran.

Penyebab Benjolan di Bibir Vagina

Benjolan pada vagina bervariasi bentuk anatomi dan keluhan yang ditimbulkannya. Ada benjolan yang awalnya kecil dan tidak menyebabkan sakit kemudian membesar dan sakit jika ditekan.

Sebagian wanita menderita benjolan yang sejak awal menimbulkan rasa sakit dan tak kunjung hilang. Benjolan berbentuk lunak dan terasa mengganggu di daerah bibir vagina juga menjadi salah satu keluhan yang sering dikonsultasikan pada spesialis ginekologi.

Benjolan di bibir vagina dapat disebabkan beberapa faktor. Benjolan bisa tumbuh karena pengaruh pembengkakan kelenjar tertentu, infeksi oleh bakteri karena kurang menjaga kebersihan atau sel-sel yang tumbuh abnormal.

Beberapa kemungkinan terjadinya benjolan tersebut adalah:

  1. Kutil kelamin. Benjolannya berbentuk kecil mirip kembang kol yang bergerombol. Selain tumbuh di bibir vagina bisa tumbuh di bagian bawah vagina berbatasan dengan anus dan di area vulva.
  2. Kista bartholin. Disebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar bartholin. Jika pada kondisi tertentu kelenjar yang terdapat di bagian kiri dan kanan bibir vagina tersumbat dan terinfeksi akan menimbulkan benjolan merah disertai rasa nyeri dan hangat.
  3. Merupakan tumor jinak yang tumbuh dari abnormalitas jaringan ikat pada bibir vagina.
  4. Merupakan tumor jinak yang dibentuk oleh jaringan lemak.
  5. Berupa tumor ganas yang terbentuk oleh jaringan ikat.
  6. Adenocarcinoma bartholin. Adalah tumor ganas yang tumbuh di kelenjar bartholin.

Membedakan Kista, Tumor Jinak, dan Tumor Ganas

Kista dan tumor merupakan dua hal yang berbeda. Pembengkakan yang disebabkan oleh kista dan tumor memiliki ciri khas yang tidak sama. Kista merupakan rongga patologis yang biasanya memiliki dinding.

Di dalam rongga yang terbentuk berisi cairan kental dan sebagian besar berupa darah yang keluar akibat perlukaan pembuluh darah.

Tumor adalah benjolan abnormal yang tumbuh pada seluruh bagian tubuh. Tumor tumbuh karena sel-sel tumbuh secara abnormal. Benjolan akibat tumor jinak tidak menyebar tetapi biasanya membesar. Tumor ganas tumbuh dengan cepat dan tak terkendali dan bisa merusak jaringan lain.

Untuk memastikan penyebab benjol di bibir vagina harus dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter ahli obstetric dan ginekologi. Pemeriksaan sampel jaringan dari benjolan dapat dilakukan di laboratorium histopatologi.

Informasi kesehatan wanita lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu