Efek KB Suntik 3 Bulan, Baik dan Buruknya

suntik pil kb

Efek KB suntik 3 bulan sangat bisa dilihat dari perubahan siklus menstruasi wanita. Biasanya, wanita yang menggunakan KB suntik ini akan mengalami menopause atau tidak menstruasi selama menggunakan KB suntik ini. KB merupakan program pemerintah yang menganjurkan pasangan suami istri untuk memiliki 2 anak saja.

Editorial Picks

Cara Menghilangkan Perut Buncit Pada Wanita

Menyembuhkan Keputihan Secara Alami

Program ini dibuat untuk mengendalikan lonjakan penduduk di Indonesia. Untuk melaksanakan program ini, sekarang sudah ada alat KB yang bisa digunakan oleh para wanita yang ingin menunda kehamilannya. Ada beberapa macam alat KB yang tersedia di bidan dan dokter kandungan yang bisa dipilih sesuai dengan jangka waktu perkiraan anda ingin memiliki anak. Yang paling populer adalah program KB dengan menggunakan pil dan suntik. KB dengan pil bersifat lebih ringan, sedangkan KB suntik lebih manjur tetapi memiliki efek tertentu.

Efek KB Suntik 3 Bulan, Baik dan Buruknya

Sekilas mengenai suntik KB, program KB berupa suntik merupakan merupakan alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Dengan menggunakan KB suntik, pasangan suami istri tidak perlu bingung lagi untuk memikirkan kontrasepsi untuk jangka waktu tiga bulan kedepan. Selain KB suntik dengan jangka waktu tiga bulan, ada juga KB suntik dengan jangka waktu satu bulan.

Kedua KB suntik ini merupakan alat yang efektif untuk pasangan suami istri yang sudah punya rencana kapan sebaiknya mempunyai anak. Efek KB suntik 3 bulan ini bisa membuat pasangan suami istri bisa merencanakan kapan waktu yang tepat untuk mempunyai anak, sehingga nantinya mereka tidak akan kerepotan mengurus anak. Tetapi obat yang manjur pasti ada efek sampingnya. Selain memiliki kelebihan, program KB suntik ini juga memiliki kekurangan.

Efek KB Suntik 3 Bulan yang Buruk

KB suntik memang sangat efektif untuk menunda kehamilan pada wanita. Tetapi KB ini juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan. Efek yang paling bisa dirasakan adalah berubahnya siklus haid menjadi tidak lancar. Wanita yang menggunakan KB suntik akan sering mengalami datang bulan atau tidak haid sama sekali selama jangka waktu pemakaian KB suntik tersebut.

Karena tidak mengalami menstruasi, berat badan wanita akan menjadi naik, jadi tak heran jika ada kasus wanita yang menjalani program KB akan menjadi gemuk seketika dengan perubahan yang sangat mencolok. Beberapa wanita juga banyak yang mengeluhkan timbulnya jerawat, rasa nyeri di payudara, dan perut kembung setelah menggunakan KB suntik. Ketiga hal itu merupakan efek samping yang sering dialami wanita yang baru pertama kali menggunakan KB suntik. Efek KB suntik 3 bulan yang paling harus diwaspadai adalah kemungkinan osteoporosis di hari tua bagi para pengguna KB suntik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu