Efek KB Suntik Yang dilakukan Oleh Para Perempuan

efek KB suntik

Efek KB suntik memang akan berbeda dirasakan oleh setiap wanita yang memakainya. KB suntik sendiri merupakan salah satu cara untuk mencegah kehamilan dengan alat yang cukup dipercaya. KB suntik memang sering dipergunakan oleh wanita yang berada dinegara berkembang seperti Indonesia.

Kita sendiri tahu bahwa jumlah populasi di Indonesia selalu bertambah dari tahun ketahun. Pemerintah memberikan solusi yang mudah dengan melakukan KB. KB yang dilakukan pada bidan memang sangat terjangkau sehingga orang yang memiliki pendapatan sedikit dapat menggunakannya.

Efek KB Suntik Yang dilakukan Oleh Para Perempuan

Jenis-jenis suntik KB memang ada dan yang paling sering dilakukan adalah KB suntik 3 bulan. KB seperti ini akan diberikan kepada kita setiap 3 bulan sekali. Memang cara ini cukup efektif karena jangka waktunya cukup panjang dan termasuk aman pada tubuh kita.

efek KB suntik ini juga mengandung hormon medroxyprogesterone acetate atau hormon progestin dengan takaran 150 mg. Cara pemakaian suntik KB memang dilakukan oleh para ahli sebab tahunya jumlah pemberian jika dilakukan oleh kita terlalu banyak. KB ini juga diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi kita.

Ada beberapa efek KB suntik yang positif bagi tubuh kita. Seperti menjadi alat pencegah kehamilan yang akurat hingga 99%. Kita juga tidak akan khawatir jika melakukan hubungan intim. Hubungan intim yang kita lakukan menjadi terasa nyaman sebab tidak perlu meminum atau menggunakan alat yang aneh.

Baca juga : Efek samping baik dan buruk KB Suntik

Dan juga yang paling penting bagi kita untuk ibu yang baru melahirkan dapat memberikan asinya dengan aman dan tanpa masalah. Selama ini bagi para ibu yang menggunakan KB suntik tidak komplain atau protes. Karena sebelumnya kita harus memberitahu seluk beluk KB suntik kepada orang yang akan memakai.

Kekurangan Efek KB Suntik Dan Biaya Yang Harus dikeluarkan

Dari segi kekurangan juga memang ada pada KB suntik ini. Seperti siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur. Biasanya kita haid tepat pada waktunya tetapi jika menggunakan KB ini terkadang terlambat atau terlalu cepat. Karena KB selalu menjamin pada pemakainya yang ingin membenahi waktu kehamilan.

Ada juga ibu yang menggunakan KB suntik berat badannya naik terus menerus. Tapi biasanya hal ini juga tergantung pada gen atau keturunan. Berapa memnag mengalami kegemukan tapi ada juga yang tidak mengalami kegemukan. Untuk para ibu biasnya juga akan merasakan jerawat, sakit kepala, nyeri payudara, dan perut kembung.

Efek KB suntik memang bermacam-macam bahkan ada yang membuat tubuh kita berubah. Pada dasarnya ibu yang sudah melahirkan pasti mendapatkan perubahan terhadap fisiknya. Contohnya seperti berat badan mudah sekali naik, nafsu makan yang sangat besar, hingga emosi yang tidak dapat dikendalikan. Tapi kita juga harus tahu biaya KB suntik terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Biaya KB suntik 3 bulan biasanya dikenakan tarif Rp 15.00,00 sampai Rp 25.000,00. Memang sangat terjangkau sebab hanya cairan yang disuntikkan kepada tubuh kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu