Efek Samping KB Suntik Terhadap Siklus Menstruasi

Efek samping KB suntik memang menjadi hal yang harus ditanggung wanita yang menggunakan alat kontrasepsi ini. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa KB merupakan metode kontrasepsi yang efektif untuk menunda kehamilan dan biasanya digunakan oleh pasangan suami istri untuk mengatur waktu lahirnya anak mereka beserta jumlahnya.

Pasangan yang menggunakan alat KB ini tak jarang mengalami efek samping yang sering kali membuat khawatir. Tetapi hal tersebut merupakan resiko yang perlu ditanggung untuk khasiat KB yang memang sangat efektif untuk menunda masa kehamilan. Efek samping yang sangat kuat dirasakan pada siklus menstruasi wanita.

Efek Samping KB Suntik Terhadap Siklus Menstruasi

Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi berupa KB suntik akan mengalami amenorrhea atau tidak datang bulan sama sekali selama jangka waktu pemakaian KB tersebut. bahkan setelah pemakaian dihentikan, wanita masih tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan. Hal ini disebabkan karena efek KB suntik yang mengganggu axis atau sumbu salah satu hormon yang memungkinkan seseorang untuk mengalami menstruasi.

Cara kerja KB untik adalah menghalangi masa subur wanita dengan mengubah lender serviks atau lendir vagina menjadi kental. Lender serviks yang mengental ini yang memicu efek samping KB suntik terhadap siklus menstruasi wanita. Suntik KB juga akan menghambat sperma yang akan mencegah terjadinya pertemuan antara sel telur dan sperma. KB suntik ini juga akan memperlambat transtortasi sel telur sehingga proses pembuahan tidak mudah terjadi.

Cara Mengatasi Efek Samping KB Suntik

Menggunakan obat yang manjur memang tidak terlepas dari efek sampingnya. Termasuk disini untuk penggunaan KB suntik. Efek samping yang biasa dirasakan oleh pengguna KB suntik ini adalah masalah pada siklus menstruasi mereka. Orang yang menggunakan KB suntik biasa mengalami pemberhentian masa haid atau tidak mengalami haid selama beberapa bulan. Untuk mengatasi efek samping ini, anda perlu berkonsultasi dengan bidan dan pakar kandungan yang anda percayai.

Sebenarnya efek samping dari penggunaan KB suntik ini akan hilang dengan sendirinya saat anda berhenti menggunakan KB suntik tersebut. anda hanya perlu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anda karena suntik KB merupakan proses dimana adanya obat tertentu yang masuk dalam tubuh anda. Untuk itu tubuh anda harus kuat agar efek negatif dari obat tersebut tidak bisa membahayakan anda. Rajinlah berkonsultasi dengan bidan anda dan jika anda masih khawatir dengan efek samping KB suntik, anda bisa beralih menggunakan pil KB.

Informasi lain tentang KB Suntik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu