Faktor Penyebab Bau Menyengat pada Vagina

kenapa vagina bau

Bau menyengat pada vagina seringkali membuat kaum perempuan merasa resah dan tidak percaya diri. Masalah ini seringkali dialami kaum perempuan, meski sebenarnya mereka sudah melakukan perawatan pada organ vital mereka. misalnya dengan membersihkan secara rutin untuk mencegah masuknya kuman dan penyakit.

Faktor Penyebab Bau Menyengat pada Vagina

Perawatan pada vagina ini perlu dilakukan karena organ tubuh yang satu ini memiliki sifat terbuka. Sehingga bila tidak dilakukan perawatan dengan baik, maka vagina bisa rentan ancaman serangan penyakit. Akibatnya, bahaya keputihan dan munculnya bau menyengat pada vagina sering kali terjadi, meski vagina sudah sering dibersihkan.

Penyebab

Secara umum, bau menyengat pada vagina, bisa diakibatkan adanya kombinasi sekresi vagina, aprocrine, keringat. Namun ada pula yang berasal dari faktor eksternal seperti urine atau feses. Namun demikian, aroma tak sedap yang muncul dari bagian vagina perempuan biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, seperti :

1. Pola hidup yang kurang baik dan tidak menjaga kebersihan.
2. Pemakaian pembalut yang terlalu lama
3. Pemakaian sabun pembersih vagina yang terlalu sering
4. Pemakaian celana dalam yang terbuat dari bahan yang kurang mampu menyerap keringat.

Mengatasi

Untuk mengatasi gangguan bau menyengat pada vagina perempuan, ada beberapa cara yang bias dilakukan. Misalnya saja dengan cara :

1. Menggunakan Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan euganol yang bermanfaat membunuh kuman serta jamur yang menimbulkan bau tidak sedap. Minyak atsiri yang terkandung dalam daun kemangi juga bermafaat untuk membuat vagina lebih harum. Penggunaan daun kemangi ini tidak dilakukan dengan cara mengusap ke bagian vagina karena bisa membuat vagina kering.

Sebaiknya daun kemangi dikonsumsi sebagai lalapan atau juga diolah dalam bentuk minuman. Untuk pengobatan, daun kemangi bisa ditumbuk dan air yang dihasilkan bisa diminum setiap hari. Bila vagina tidak lagi berbau, air sari kemangi bisa dikonsumsi dua minggu sekali. Bagi penderita asam urat, sebaiknya tidak mengkonsumsi daun kemangi.

2. Daun Sirih

Daun sirih juga memiliki kandungan euganol dan antiseptik. Sehingga daun sirih bisa dimanfaatkan untuk membunuh kuman yang menimbulkan bau menyengat pada vagina. Cara pengolahan cukup mudah, yaitu dengan merebus 5-10 lembar daun sirih yang dicampur 350 cc air hingga mendidih. Bila sudah mendidih, dinginkan dan setelah air tersebut dingin, gunakan untuk membasuh bagian vagina. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan vagina harum dan kesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu