Faktor Penyebab Gatal di Payudara

kenapa payudara gatal

Kaum perempuan seringkali mengalami gangguan rasa gatal di payudara. Hal ini tak jarang membuat mereka merasa khawatir. Mengingat payudara adalah salah satu bagian penting yang sangat dijaga oleh kaum perempuan. Di sisi lain, rasa gatal di bagian tersebut, tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi perempuan. Dari sini muncul pertanyaan, sebenarnya apa saja yang membuat payudara perempuan sering merasa gatal?

Baca juga : Mengurangi rasa sakit saat haid

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang hanya dimiliki pada kaum perempuan. Di dalamnya terdapat jaringan kelenjar yang sangat khusus dan berfungsi sebagai pendukung laktasi. Di sekeliling jaringan ini, terdapat sel emak, pembuluh darah, saraf, kelenjar getah bening serta jaringan ikat lain yang ditutup oleh kulit. Dimana kulit tersebut terkandung kelenjar keringat serta folikel rambut.

Faktor Penyebab Gatal di Payudara

Rasa gatal di payudara perempuan ini, membuat para perempuan kurang nyaman. Secara umum, kondisi ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain :

1.  Penggunaan bra yang kurang tepat. Dimana bra yang digunakan, sebaiknya memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan pada payudara. Bra yang terlalu ketat dan tidak dicuci dengan baik, serta dibuat dengan bahan yang kurang cocok dengan kulit merupakan salah satu pemicu rasa gatal tersebut. Bra yang terlalu ketat, bisa menjadi media untuk merangsang munculnya rasa gatal di payudara tersebut.

2. Stres. Perasaan stres yang dialami kaum perempuan, merupakan media yang bisa menimbulkan rasa gatal. Sehingga bila rasa gatal ini muncul, membuat orang tersebut akan menggaruk dan menimbulkan enfeksi. Terlebih, apabila seseorang mengalami stres maka sistem kekebalan tubuh mereka akan melemah.

3. Alergi atau iritasi bagian kulit luar payudara. Biasanya hal ini terjadi karena terkena bahan kimia, atau sisa deterjen saat proses pencucian bra tersebut.

4. Infeksi. Gatal yang diakibatkan infeksi payudara ini dikenal dengan sebutan mastitis serta sering menimpa kaum perempuan yang tengah menyusui. Kondisi ini terjadi, karena ketika menyusui, kulit yang ada di seputar puting menjadi lebih kering. Akibatnya, bakteri dan virus lebih mudah masuk ke dalam payudara dan menimbulkan infeksi.

Itulah ulasan terkait faktor penyebab gatal di payudara, kiranya dapat memberikan informasi dan wawasan yang berguna untuk para pembaca. Selamat membaca !

Informasi lain tentang kesehatan wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu