Faktor Penyebab Mengapa Belum Haid Lagi?

kenapa belum menstruasi

Mengapa belum haid lagi? Banyak wanita yang bertanya-tanya setelah lama melahirkan tak kunjung tamu bulanannya tiba. Bahkan sampai beberapa bulan setelah nifas berakhir. Ada wanita yang tak mengalami hamil sampai 24 bulan bahkan lebih. Dengan kondisi seperti ini, sang wanita perlu pengetahuan apa yang sebenarnya terjadi supaya mudah membuat keputusan dalam menanganinya.

Tiap wanita setelah melahirkan bayi akan mengalami menstruasi dengan waktu yang berbeda-beda. Demikian pula menstruasi yang terjadi pada saat kelahiran bayi pertama hingga kelahiran bayi berikutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi waktu menstruasi terjadi setelah melahirkan. Pada umumnya, menstruasi akan terjadi lagi pada bulan ke-4 hingga ke-10. Namun, bisa juga lebih. Tergantung kondisi individu yang bersangkutan.

Faktor Penyebab Mengapa Belum Haid Lagi?

Kemudian mengapa belum haid lagi? Wanita setelah melahirkan akan memasuki masa laktasi. Selama kurang lebih 6 bulan, wanita yang memberi ASI eksklusif tidak mendapat haid sama sekali. Setelah pemberian ASI eksklusif biasanya haid bisa terjadi kembali. Namun, terkadang wanita juga mengalami amenorea laktasi. Suatu kondisi sang ibu tak mengalami haid selama berbulan-bulan.

Wanita yang mengalami amenorea laktasi di dalam tubuhnya adanya gangguan hormonal. Hormon prolaksin akan menekan kelenjar telur (ovarium). Akibatnya hormon estrogen dan progesterone tidak keluar sehingga tak ada perangsangan pembentukan sel telur.

Apa yang harus dilakukan jika belum haid lagi? Wanita yang memberi ASI ekslusif begitu intensif tanpa makanan pendamping ASI memang tidak akan mendapatkan menstruasi. Hal ini terjadi karena adanya hiperprolaktin. Oleh karena itu, pemberian ASI ekslusif bisa dijadikan sebagai KB alami. Secara alami, wanita menyusui juga bisa mengalami menstruasi lagi jika pada waktunya tiba. Hal ini tergantung pada kondisi fisiologis wanita tersebut.

Baca juga : Kenapa umur 20 belum dapat menstruasi

Semakin cepat penghentian pemberian ASI eksklusif pada bayi semakin relatif cepat wanita mendapat menstruasi kembali. Terlebih lagi jika ASI tak keluar dan bayi hanya mendapat susu formula, setelah masa nifas berakhir, si ibu bisa mendapat menstruasi kembali.

Kenapa setelah melahirkan wanita belum haid lagi? Hal ini bisa saja terjadi karena adanya sindrom baby blues, kelelahan atau tingkat kesimbangan hormonal di dalam tubuh wanita. Kalau menstruasi memang tak kunjung datang, sebaiknya konsultasi ke dokter dan cari tahu sumber penyebab sekaligus penanganannya.

Pemeriksaan kadar hormon seperti FSH, LH, prolaktin, TSH dan ekstradiol sangat membantu untuk mengetahui sumber penyebabnya dan cara penanganannya. Bahkan ada kasus seorang wanita baru mendapat menstruasi setelah 4 tahun sejak ia melahirkan bayinya dan masih kategori normal saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu