Faktor Penyebab Siklus Haid Berantakan Setelah Menikah dan Solusinya

siklus haid berantakan

Bagi pasangan suami istri, telat datang bulan merupakan momen menantikan kabar gembira. Sebab banyak orang yang mengatakan jika telat haid itu adalah tanda kehamilan. Perlu disadari bahwa telatnya datang bulan tidak selamanya menunjukkan tanda kehamilan. Telat datang bulan atau siklus haid berantakan setelah menikah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut kami sajikan informasi mengenai faktor telatnya datang bulan.

Faktor Penyebab Siklus Haid Berantakan Setelah Menikahdan Solusinya

Haid atau menstruasi melibatkan banyak hormon dalam tubuh sehingga ketika Anda beraktivitas fisik juga dapat memengaruhi aktivitas hormon. Bahkan aktivitas secara psikis pun dapat memengaruhi hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan haid. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus dan hipofisis. Jika keseimbangan hormon yang dihasilkan terganggu maka akan mengganggu siklus haid.

Untuk menerima benda asing yang asuk ke dalam tubuh tentu saja tubuh akan beradaptasi. Sperma kali pertama masuk ke dalam tubuh akan dianggap sebagai benda asing oleh tubuh sehingga hormon pun beradaptasi dengan kedatangan sperma.

Selain mitos tanda kehamilan, siklus berantakan adalah sebab dari stress berlebih, kekurangan vitamin terutama vitamin K, adanya gangguan hormon tiroid, serta efek menggunakan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu kenali terlebih dahulu penyebab haid berantakan sebelum menyimpulkan kabar gembira yang ingin Anda dengar.

Mengatasi Haid Berantakan

Mengatasi haid berantakan setelah menikah sebenarnya mudah untuk dilakukan, salah satu cara paling ampuh adalah berolahraga. Kegiatan olahraga ringan setiap hari selama minimal 15 menit akan membuat tubuh memproduksi hormon positif lebih banyak.

Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan misalnya jogging, jalan cepat, lompat tali, bersepeda, dan push up. Sebelum dan setelah berolahraga sebaiknya minumlah segelas air putih untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat secara maksimal.

Selain itu Anda juga harus pandai mengendalikan emosi untuk menekan hormon negatif dalam tubuh. Imbangi usaha olahraga dengan perbanyak mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, serta protein. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin jika diperlukan. Kegiatan rekreasi bersama keluarga dan pasangan juga dapat membantu Anda mengatasi siklus haid yang berantakan sebab endorfin dalam tubuh akan merangsang hormon lainnya agar meningkatkan kualitas.

Jika telatnya datang bulan yang Anda alami menimbulkan nyeri pada ulu hati jangan atasi dengan minum pereda nyeri. Minumlah susu putih untuk membantu menormalkan kembali keadaan perut Anda. Hal tersebut juga dapat diatasi dengan tidur telentang dan jangan menekan pada bagian yang sakit. Nyeri yang berlebihan ketika haid telat secara berkala dan terlalu sering terjadi mewajibkan Anda untuk segera periksa ke dokter atau bidan agar segera ditindaklanjuti.

Demikian artikel singkat mengenai siklus haid berantakan setelah menikah dan upaya mengatasinya. Semoga menambah wawasan Anda.

Baca Juga Informasi Tentang Haid :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu