Gejala Dan Obat Herbal Kista Yang Ampuh Menghilangkan Kista Secara Alami

Kista merupakan penyakit berupa benjolan yang berisi cairan di daerah yang terinfeksi seperti jaringan payudara, kulit, dan ovarium. Jika tidak diobati segera mungkin, ukuran kista akan membesar dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati kista salah satunya yaitu dengan obat herbal kista yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Kista Dan Gejalanya

Kista merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Munculnya kista ditandai dengan munculnya benjolan berisi cairan yang muncul pada salah satu bagian tubuh. Meskipun dikategorikan sebagai tumor jinak yang tidak berbahaya namun jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan kista akan membesar. Pembesaran kista dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan tentunya berbahaya bagi kesehatan.

Ada beberapa jenis kista yang kerap muncul seperti kista di payudara, kulit, dan ovarium. Umumnya penderita tidak akan merasakan gejala apapun ketika kista baru muncul pertama kali. Namun ketika ukurannya membesar, penderita akan merasakan gejala terkait dengan pembesarannya. Gejala umum yang akan dirasakan oleh penderita yaitu munculnya benjolan yang terasa nyeri di area sekitar kista.

Bila ukuran kista semakin membesar maka akan menimbulkan rasa nyeri baik di area payudara, kulit, maupun ovarium yang terinfeksi. Ada beberapa faktor yang dapat memperparah kista seperti usia, sindrom ovarium polikistik, endometriosis, jenis kelamin, dan penggunaan obat penyubur kandungan. Segera mungkin lakukan pengobatan sebelum kista semakin membesar. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan obat herbal.

Obat Herbal Kista

Obat herbal merupakan obat alami yang didapatkan dari mengkonsumsi tanaman yang mengandung zat aktif yang dapat membantu proses pengobatan. Kista dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal secara rutin. Berikut beberapa obat herbal yang dapat membantu pengobatan kista :

1. Teh Herbal Chamomile

Dengan mengkonsumsi teh herbal seperti chamomile peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan dapat meredakan rasa nyeri di area sekitar kista. Masukkan 2 sendok makan chamomile kering ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama ±5 menit lalu saring teh chamomile dan tambahkan 1 sendok teh madu untuk memberikan rasa manis. Disarankan untuk meminum teh herbal ini 2 – 3 cangkir setiap harinya hingga kista sembuh.

2. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu obat herbal yang dapat mengecilkan dan melenyapkan kista khususnya kista ovarium. Untuk mengkonsumsinya, penderita cukup menuang 1 sendok makan cuka apel ke dalam air hangat yang ditambahkan dengan 1 sendok makan blackstrap molasses. Minumlah obat herbal ini 1 – 2 gelas setiap harinya hingga kista hilang.

3. Jus Akar Bit

Karena komponen betasianin yang terkandung di dalamnya, akar bit dapat digunakan untuk mengobati kista. Cukup dengan ½ cangkir jus akar bit segar yang dicampurkan dengan 1 sendok makan aloe vera gel dan blackstrap molasses. Konsumsi jus akar bit ini sekali sehari sebelum sarapan hingga gejala kista berkurang.

4. Rebusan Benalu Teh

Kandungan antioksidan berupa golongan flavonoid yang terkandung dalam benalu teh dapat digunakan untuk mengobati kista. Untuk menggunakannya, cukup rebus 30 gram benalu teh dengan 20 gram rumput mutiara dalam 400 cc air. Benalu teh direbus hingga air rebusan bersisa 200 cc. Saring air rebusan dan minumlah secara rutin dan teratur hingga kista menghilang.

5. Rebusan Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya yaitu kista. Kandungan zat aktif berupa flavonoid, polifenol, alkaloid, dan juga saponin dapat menaikkan daya tahan tubuh dan meringankan rasa nyeri yang disebabkan oleh pembengkakan kista. Hal ini juga membuat mahkota dewa dapat menghambat pertumbuhan kista.

Cara menggunakannya cukup mengkonsumsi rebusan mahkota dewa secara rutin dan teratur hingga kista hilang. Rebusan dibuat dengan merebus 20 gram daun mahkota dewa, 3 gram buah mahkota dewa kering, dan 20 gram temu mangga yang telah dicuci bersih dan dipotong kecil. Semua bahan direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum air rebusan mahkota dewa 2 kali sehari hingga kista hilang.

6. Rebusan Kunyit Putih

Kunyit putih yang digunakan sebagai anti tumor dan anti kanker pastinya telah dikenal oleh masyarakat luas. Karena kandungan antioksidan dan anti inflamasi di dalamnya, kunyit putih efektif untuk mencegah pertumbuhan penyakit kista. Penggunaannya cukup dengan meminum rebusan kunyit putih secara rutin dan teratur.

Rebus 10 gram kunyit kering yang dicampur dengan temu putih, 30 gram tanaman cakar ayam, dan 10 gram tapak liman kering dan pegagalan. Semua bahan direbus dalam 1 liter air hingga air rebusan tersisa setengahnya. Sebelum diminum, air rebusan disaring terlebih dahulu. Minum rebusan kunyit putih 3 kali sehari hingga kista hilang.

Demikianlah informasi mengenai obat herbal kista. Kista merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan berbentuk kapsul atau kantung berisi cairan yang dapat berbahaya jika ukurannya terus membesar. Pengobatan kista dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal hingga gejala kista berkurang hingga akhirnya sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu