Gejala Penyakit Kaki Gajah dan Cara Pencegahannya

Gejala penyakit kaki gajah yang disebabkan oleh cacing parasit nemtoda merupakan sebuah penyakit berbahaya yang dapat menular. Penularan penyakit kaki gajah atau penyakit yang biasa disebut filariasis ini dilakukan oleh nyamuk dan lalat pemakan darah. Akibat infeksi yang terjadi, penebalan kulit dan jaringan atau sel-sel di bawahnya akan terjadi. Setelah itu, penderita penyakit ini juga akan mengalami pembengkakan dan pembesaran pada bagian skrotum dan tungkai kaki. Sebelum penebalan kulit dan pembengkakan terjadi, ada beberapa gejala yang muncul terlebih dahulu.

Gejala Penyakit Kaki Gajah dan Cara Pencegahannya

Sebelum seseorang menunjukkan gejala berupa pembesaran dan pembengkakan, biasanya orang tersebut akan mengalami demam tinggi selama 3 sampai 5 hari. Demam hanya akan mereda jika digunakan untuk beristirahat. Jika digunakan untuk bekerja, maka demam akan kembali muncul. Kemudian, muncul benjolan tanpa sebab yang terasa nyeri di antara ketiak dan lipat paha. Selain itu, gejala penyakit ini juga akan menunjukan gejala awal berupa terabanya urat berwarna merah yang terasa sakit ketika di raba. Urat ini timbul pada sekitar pangkal paha dan lipatan ketiak.

Jika kondisi sudah kronis, pembengkakan akan hilang timbul pada kantong zakar, kaki, tangan, dan juga pada alat kelamin wanita. Bagian yang bengkak ini berisi kelenjar getah bening. Apabila pecah, maka nanah dan darah akan keluar. Gejala penyakit kaki gajah berupa pembengkakan yang awalnya hilang timbul tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi cacat tetap. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya pengobatan secepatnya.

Upaya Mencegah Dan Mengatasi Gejala Penyakit Kaki Gajah

Pertama adalah upaya penanganan penyakit ini. Upaya penanganan dilakukan dengan cara membasmi larva dan parasit yang terus berkembang di dalam tubuh penderita penyakit ini. Akan tetapi, pada penyakit kaki gajah yang parah, pembasmian dengan obat-obatan saja sepertinya tidak cukup, sehingga penaganan dilakukan dengan jalan operasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko penularan.

Sedangkan untuk cara mencegah timbulnya penyakit kaki gajah pada tubuh kita dilakukan dengan cara yang cuckup mudah, yaitu membiasakan diri hidup sehat dan menghindarkan diri dari gigitan nyamuk. Gunakanlah lotion anti nyamuk atau spray anti nyamuk atau serangga di rumah anda. Jangan lupa, bersihkan air yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk seperti, ember cucian, kolam ikan, bak penampungan air, dan genangan-genangan air yang lain yang ada di sekitar rumah anda demi mencegah munculnya nyamuk penyebab gejala penyakit kau gajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu