Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi yang dapat Kita Kenali

Gejala penyakit kolesterol biasanya muncul ketika kadar kolesterol di dalam tubuh kita melebihi batas normal. Sebenarnya, kolesterol atau komponen lemak yang terkandung di dalam pembuluh darah ini dibutuhkan oleh tubuh. Dengan catatan, keberadaannya tidak melebihi jumlah yang dibutuhkan. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat di dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Kolesterol baik berfungsi untuk mengangkut kembali kolesterol jahat dan fosolipidia yang biasanya mengendap pada dinding darah. Pada umumnya, penderita yang mengalami penyakit ini akan mengalami dua atau lebih gejala-gejala umum dari penyakit kolesterol.

Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi yang dapat Kita Kenali

Penderita kolesterol tinggi, pada awalnya akan mengalami beberapa gejala seperti rasa berat dan pegal di bagian tengkuk serta pundak. Hal ini terjadi karena penumpukan plak pada pembuluh darah menyebabkan suplai oksigen dan darah menjadi terhambat. Selain itu, terhambatnya suplai oksigen dan darah juga akan membuat penderita sering merasa sakit kepala. Rasa cepat dan mudah lelah juga akan dirasakan, karena lambatnya oksigen yang sampai ke otak kita.

Sedangkan tanda-tanda awal paling umum lainnya yang akan dialami oleh penderita kolesterol tinggi adalah rasa kesemutan. Pada orang normal, gejala kesemutan biasanya terjadi hanya jika kita berdiam dan menekuk bagian tubuh pada posisi yang tetap dan dalam waktu yang lama. Namun, jika kesemutan sering terjadi meskipun kita tidak menekuk salah satu bagian tubuh dalam waktu yang lama, maka ini adalah gejala penyakit kolesterol. Kesemutan terjadi karena darah di dalam tubuh kita menggumpal sehingga tidak dapat diedarkan dengan lancar.

Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi Secara Umum

Gejala-gejala yang telah disebutkan di atas biasanya juga akan diikuti dengan beberapa gejala lain. Misalnya, diare, perut kembung, penurunan kemampuan memori serta emosi berlebihan, kelebihan berat badan dan sebagainya. Dari sekian banyak gejala yang ada, kelebihan berat badan merupakan tanda-tanda yang paling sering dijumpai. Metabolisme lemak yang tidak seimbang membuat lemak bertumpuk pada daerah-daerah seperti perut dan paha sehingga mengakibatkan kegemukan bahkan obesitas.

Kegemukan kemudian akan diikuti dengan munculnya benjolan-benjolan pada tubuh. Hal ini disebabkan karena deposit lemak yang terletak diantara kulit dan otot mengalami absorpsi lemak hingga akhirnya membentuk lipoma. Lipoma yang memiliki bentuk kecil dan lembut ini kemudian akan membuat munculnya benjolan seperti tahi lalat di atas kulit kita. Jika anda mendapati banyak benjolan baru yang muncul pada permukaan kulit anda, ada kemungkinan itu merupakan gejala penyakit kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu