Gejala Penyakit Lambung Maag dan Asam Lambung Berlebih

Gejala penyakit lambung maag akut dan asam lambung berlebih memiliki sedikit kemiripan. Keduanya sama-sama penyakit gangguan lambung atau pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, stress, makan pedas dan berasam, dan juga masuknya mokroorganisme yang menyebabkan munculnya penyakit lambung tersebut. Penyakit ini harus segera diatasi. Namun, karena gejalanya yang mirip maka anda perlu mengetahui gejala atau ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh penyakit maag dan asam lambung. Jangan sampai anda salah mengambil inisiatif pengobatan sebab anda salah mendiagnosis dan tidak mengerti tanda-tanda khusus dari ke dua penyakit ini.

Gejala Penyakit Lambung Maag dan Asam Lambung Berlebih

Jika ternyata penyakit lambung yang anda derita adalah penyakit maag akut atau maag kronis, maka gejala yang akan muncul bisa berupa perut kembung, mual, dan juga muntah. Perut kembung disebabkan karena lambung banyak terisi gas yang dihasilkan oleh lambung. Gas yang banyak dihasilkan oleh lambung juga akan membuat anda sering bersendawa. Gejala yang lain dari penyakit lambung berupa maag dapat ditandai dengan rasa lapar yang sering menghampiri. Ini disebabkan karena ketidakteraturan pola makan.

Selain itu rasa sakit di bagian dada dan rasa perih seperti ditusuk-tusuk jarum juga akan menghampiri perut kiri anda yaitu tepat pada bagian lambung. Gejala penyakit lambung berupa rasa perih dan mulas normal dirasakan bagi penderita maag karena lambung memang tengah mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Gejala-gejala tersebut dapat diatasi degan mengonsumsi obat maag.

Gejala Penyakit Lambung karena Asam Lambung Berlebih

Penyakit lambung yang disebabkan karena asam lambung berlebih memiliki gejala berupa rasa nyeri dan rasa terbakar pada daerah perut. Jika asam lambung sangat tinggi, rasa nyeri bahkan akan menetap di dalam perut anda sehingga membuat nafsu makan menjadi menurun karena perut akan terasa nyeri dan perih apabila dimasuki makanan. Selain itu sendawa, kembung, dan mual yang disertai muntah pun akan dialami penderita asam lambung berlebih.

Hilangnya nafsu makan dan seringnya muntah-muntah membuat berat badan menurun drastis. Gejala lain juga bisa terlihat saat buang air besar. Saat BAB, feses akan terlihat berdarah dan kehitaman. Sedangkan gejala atau tanda-tanda yang khas dari asam lambung adalah nyeri yang terasa pada ulu hati. Hal ini terjadi karena asam lambung berlebih naik hingga ke ulu hati hingga menyebabkan nyeri. Itulah beberapa gejala penyakit lambung yang dapat kami bagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu