Gejala Penyakit Leukemia dan Pencegahannya

Gejala penyakit leukemia umumnya banyak tidak disadari oleh para penderitanya. Seseorang lebih sering didiagnosis menderita penyakit ini ketika telah berada pada stadium lanjut yang memuat penderita banyak yang tidak tertolong. Penyakit leukemia ini merupakan penyakit kanker darah yang telah menyerang beberapa penduduk di dunia yang juga digolongkan sebagai salah satu penyakit mematikan, penyakit leukemia mengacu pada ketidakmampuan sum-sum tulang dalam rangka memproduksi sel darah dalam tubuh yang mengakibatkan kelebihan sel darah putih sehingga membahayakan tubuh.

Gejala Penyakit Leukemia dan Pencegahannya

Penyebab penyakit leukemia akut belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Beberapa kemungkinan penyebab penyakit leukemia ini adalah kombinasi virus genetic, ketidaktahanan tubuh dalam rangka menghalau sebuah radiasi, pengaruh beberapa zat kimia, serta faktor imunologik. Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja tanpa batasan usia yang bisa jadi disebabkan oleh kondisi lingkungan yang buruk.

Ciri-ciri penderita leukemia secara umum adalah kondisi tubuh yang mudah sekali lelah, berat badan yang menurun drastis, sering terjadi pendarahan, pembengkakan pada area tubuh tertentu, lebih sering berkeringat, serta control otot berkurang. Mudah lelah ini disebabkan oleh meningkatnya produksi sel darah putih yang menyebabkan tubuh kehabisan energi.

Gejala penyakit leukemia juga menyebabkan seseorang kehilangan berat badan secara drastis karena umumnya penderita akan kehilangan nafsu makan. Penderita juga sering mengalami pendarahan hanya karena luka kecil maupun memar. Berikutnya adalah terjadinya pembengkakan pada area internal tubuh tertentu. Pembengkakan ini terjadi karena kelenjar getah bening yang tiba-tiba mengalami pembengkakan.

Penyakit leukemia sebagai salah satu penyakit yang mematikan ini dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal, seperti menghindari makanan yang telah tercemar oleh bahan-bahan kimia, jangan mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga jangan merokok terutama untuk ibu hamil. Anda juga harus menghindari radiasi sinar matahari apalagi ketika matahari sedang terik. Melakukan pengobatan yang tepat guna menyembuhkan penyakit leukemia ini. Sebelum anda terkena penyakit mematikan ini, ada baiknya anda menghindarinya dengan melakukan beberapa pencegahan di atas.

Salah satu penyebab penyakit leukemia ini adalah radiasi sinar X yang berlebihan pada tubuh anda. penyakit ini juga dapat disebabkan oleh faktor genetis yang mempengaruhi sistem kerja sum-sum tulang belakang anda. Memilih sistem pengobatan yang tepat merupakan salah satu cara dalam upaya mengobati penyakit mematikan ini. Anda juga dituntut harus tanggap menghadapi gejala penyakit leukemia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu