Gejala Penyakit Limpa dan Pembengkakannya

Gejala penyakit limpa biasanya terjadi karena pembengkakan pada organ limpa manusia. Limpa menjalankan peran yang amat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Meskipun seseorang masih dapat hidup tanpa limpa, namun daya tahan tubuh orang tersebut akan sangat terganggu sehingga rentan terjadi infeksi. Fungsi utama organ ini adalah menyaring darah, menghancurkan sel darah tua, dan menyimpan sel-sel darah. Masalah yang umum terjadi pada limpa adalah pembengkakan limpa yang akan sangat mengganggu sistem kerja dari limpa itu sendiri. Komplikasi dengan penyakit lain juga dapat menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan manusia.

Gejala Penyakit Limpa dan Pembengkakannya

Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan limpa adalah splenomegali, yaitu kondisi pembesaran limpa yang menjadi masalah yang paling umum mengganggu fungsi limpa. Pemesaran pada limpa ini akan sangat meningkatkan resiko infeksi pada penderitanya. Organ limpa ini cenderung akan menyimpan sel darah merah dan putih dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah maupun sel darah putih yang berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi. Proses ini dapat menciptakan siklus yang tidak normal dalam limpa. Semakin banyak limpa menyimpan sel-sel darah, maka kondisi limpa akan semakin besar sehingga akan membahayakan tubuh manusia.

Penyebab dari pembesaran limpa ini pada umumnya adalah infeksi bakteri, virus, atau parasite tertentu. Bisa juga disebabkan oleh penyakit leukemia (kanker jaringan tubuh yang bertanggung jawab untuk membentuk sel darah), limfomia (kanker pada sistem limfatik, gangguan autoimun seperti oleh rheumatoid arthritis. Penyebab gejala penyakit limpa yang lain adalah karena penyakit kanker yang telah menyebar ke dalam tubuh, penyakit gaucher, sirosis hati, dan bekuan darah. Jika anda memiliki salah satu dari penyakit yang telah disebutkan di atas, ada baiknya anda juga melakukan perawatan pada limpa anda agar limpa masih dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa Gejala Penyakit Pembengkakan Limpa

Gejala atau tanda-tanda yang disebabkan oleh pembengkakan limpa ini adalah rasa nyeri atau sakit di bagian perut kiri atas yang kemudian bisa pula menyebar ke bagian bahu kiri. Seseorang yang menderita pembengkakan limpa juga akan sering mengalami anemia karena sistem peredaran darah terganggu. Lalu penderita juga akan sering dalam kondisi mudah lelah dan mudah mengalami pendarahan.

Perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit pembengkakan limpa ini adalah dengan melakukan radiasi untuk mengecilkan limpa. Tetapi jika kondisi limpa sudah berada dalam tahap yang serius, maka akan dilaksanakan operasi pengangkatan limpa. Sebelum terjadi masalah yang serius pada limpa anda, sebaiknya anda melakukan penanganan yang benar ketika telah merasakan gejala penyakit limpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu