Gejala Penyakit Liver Atau Penyakit Hati yang Harus Diwaspadai

Gejala penyakit liver bisa bermacam-macam dan harus selalu diwaspadai. Penyakit liver atau yang sering juga disebut dengan penyakit hati adalah penyakit yang menyerang organ hati, dimana terjadi suatu infeksi yang menyebabkan organ hati tidak berfungsi dengan baik.

Hati merupakan organ tubuh yang sangat vital dan memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Agar fungsi hati dapat berjalan dengan baik dan tidak terkena penyakit liver, maka sangat baik jika mengenal gejala awalnya terlebih dahulu supaya tidak terjadi akibat yang tidak diinginkan.

Gejala Penyakit Liver Awal

Untuk dapat melakukan pengobatan yang baik dan cepat, sangat penting untuk mengetahui gejala dari penyakit liver. Hati adalah organ tubuh yang sangat penting. Hati berfungsi untuk menghasilkan zat amonia, asam urat, dan juga urea, dengan cara memanfaatkan asam amino serta nitrogen.

Hati juga berfungsi membantu ginjal untuk memecah senyawa beracun yang masuk ke dalam tubuh. Semua tahapan pemecahan senyawa beracun itu kemudian dikeluarkan melalui organ empedu beserta feses, proses ini disebut sebagai detoksifikasi. Ketika proses ini tidak berjalan dengan baik, tentu keseimbangan tubuh akan terganggu.

Gejala penyakit liver awal dapat terjadi dalam beberapa macam. Pertama, pada orang yang mengalami gangguan hati perutnya bisa saja terlihat buncit. Hal tersebut terjadi karena adanya pembengkakan yang terjadi di bagian bawah tulang rusuk  (kanan bawah). Kedua, adanya perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuning-kuningan, sehingga banyak juga orang yang menyebutnya dengan penyakit kuning.

Ketiga, berat badan yang berkurang karena kurangnya nafsu makan. Keempat, air seni yang dikeluarkan berwarna gelap. Dan beberapa gejala lain seperti, tubuh cepat memar, sakit kepala, lesu, lemas, sering buang air kecil, rasa dahaga atau haus yang berlebihan.

Penyakit Liver Yang Berbahaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi ada beberapa gejala penyakit liver yang harus diwaspadai. Jangan mengabaikan gejala tersebut karena dapat menimbulkan hal yang lebih serius dan parah, yaitu gejala gagal hati. Gejala gagal hati ini bisa berupa Aplastic Anemia dan Ascites.

Aplastic Anemia adalah suatu keadaan dimana tulang tidak dapat lagi menghasilkan sel-sel darah. Sedangkan Ascites adalah suatu keadaan berkumpulnya cairan di daerah perut. Sering ditemui pada penderita penyakit liver yang mengalami perut membesar atau bengkak seperti berisi tumor ganas yang diakibatkan liver terluka.

Pada tahap ini fungsi hati tidak dapat berjalan normal. Dengan mengetahui gejala penyakit liver tadi, seharusnya kita dapat lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi serta menjaga pola hidup sehat dengan cara olahraga dan makan makanan yang sehat bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu